Program Hamil

13 Desember 2019

3 Kebiasaan Tidur Yang Memengaruhi Fertilitas

Memaksimalkan kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas akan meningkatkan peluang Moms untuk hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidur memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ada beberapa kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas.

Memaksimalkan tidur malam yang baik dapat membantu menyegarkan kembali otak dan sistem organ, serta mengatur hormon penting dalam tubuh. Salah satunya hormon yang berhubungan dengan kesuburan.

3 Kebiasaan Tidur yang Memengaruhi Fertilitas

Untuk itu, jika Moms berencana untuk hamil, hindari beberapa kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas berikut ini.

1. Lampu Menyala

kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas

Foto: uptobrain.com

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menyebutkan bahwa kegelapan, sangat penting bagi kesehatan reproduksi perempuan dan perkembangan janin pada wanita hamil.

Tidur dalam keadaan gelap merupakan kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas, karena berhubungan dengan melatonin. Ini merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal pada otak dan akan dilepaskan saat menanggapi kegelapan. Hormon ini bertanggung jawab mengatur siklus tidur atau bangun dan juga membantu melindungi telur dari stres oksidatif.

Baca Juga: 2 Kebiasaan Tidur Ini Ternyata Mempengaruhi Kesuburan!

“Setiap kali lampu dinyalakan pada malam hari, produksi melatonin akan menurun,” ungkap Russel J. Reiter, Profesor Biologi tentang sel-sel hidup di University of Texas Health Science Center, San Antonio, seperti dikutip dari thebump.com.

Profesor Russel juga menyarankan pada para wanita yang ingin hamil untuk mempertahankan setidaknya delapan jam berada dalam keadaan gelap.

Siklus terang ke gelap ini pun harus teratur dari satu hari ke hari selanjutnya, karena jika tidak, maka jam biologis tubuh akan dibuat berantakan dan bingung.

2. Paparan Cahaya Elektronik

kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas

Foto: healthline.com

Tidak hanya memastikan lampu kamar dalam keadaan mati saat tidur malam, kebiasaan bermain gadget sebelum tidur (dan dalam keadaan lampu mati), juga menjadi kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas.

Hal ini juga berlaku untuk pancaran cahaya TV, handphone, hingga laptop. Penyebabnya juga berhubungan dengan produksi melatonin yang memengaruhi dua hormon penting dalam fertilitas, yaitu estrogen dan progesteron.

Baca Juga: Kebiasaan Tidur yang Bisa Tingkatkan Penyakit Alzheimer

Gene Block, Ph.D., CEO University of California Los Angeles memberikan saran bagi para wanita yang ingin hamil bahwa mengembalikan ritme sirkadian tubuh dapat membantu fertilitas, seperti dikutip dari shape.com.

Ia menyarankan untuk mematikan seluruh alat elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur dan menghindari kerja di shift malam, karena kebiasaan tersebut dapat mengganggu jadwal rutin tidur.

3. Waktu Tidur

kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas

Foto: komando.com

Memastikan Moms mendapatkan waktu tidur yang cukup juga dapat menjadi kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas.

“Seseorang dengan kebiasaan tidur yang buruk, tidur sering terganggu, atau tidak mendapatkan tidur yang cukup, dapat memiliki masalah dengan ovulasi dan berdampak pada masalah kesuburan,” ungkap endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas di Neway Fertility, New York, Vitaly Kushnir, M.D, seperti dikutip dari doctoroz.com.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

Menurut American Society for Reproductive Medicine, wanita yang kekurangan waktu tidur berkualitas memiliki tingkat fertilitas rendah dibandingkan dengan wanita yang tidur selama tujuh sampai delapan jam setiap malam, seperti dikutip dari uncfertility.com.

Membangun kebiasaan tidur yang memengaruhi fertilitas akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan ovulasi secara lebih terarah. Untuk itu, pastikan Moms memaksimalkan waktu tidur malam dengan lebih baik, agar peluang kehamilan juga semakin bertambah.

GS

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait