Kesehatan

KESEHATAN
19 Desember 2020

7+ Kebiasaan yang Dapat Mengecilkan Payudara

Apakah Moms puas dengan ukuran payudara yang sekarang?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Intan Aprilia

Benarkah payudara besar adalah impian setiap wanita? Payudara besar memang terlihat seksi, namun tidak sedikit lho yang mengeluhkan efek samping dari payudara besar sehingga ingin payudara yang lebih kecil. Atau sebaliknya, Moms merasa puas dengan payudara yang sekarang dan tidak ingin ukurannya turun.

Coba simak kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara ini, bisa jadi Moms sudah melakukannya.

Kebiasaan yang Dapat Mengecilkan Payudara

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi ukuran payudara Moms, misalnya saja faktor genetik, kehamilan, obesitas, dan pengobatan tertentu.

Ukuran payudara yang besar sering dikaitkan dengan timbulnya gejala tidak nyaman pada fisik seperti rasa sakit atau kaku di leher, pundak, dan tulang belakang, serta memengaruhi postur tubuh secara keseluruhan.

Dalam survey penelitian Relationship Between Brassiere Cup Size and Shoulder-Neck Pain in Women, ditemukan hubungan langsung antara ukuran payudara dengan sakit leher dan pundak yang diderita sebagian perempuan dengan ukuran payudara di atas cup D akibat ukuran bra yang besar.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Tanpa Disadari Bikin Payudara Kendur

Ketika ukuran payudara dirasa terlalu besar dan mengganggu kesehatan, sebagian wanita memilih prosedur bedah untuk mengecilkan payudara. Namun, tidak semua orang dapat memilih opsi tersebut.

Dengan melakukan kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara secara rutin, Moms juga bisa mengurangi ukuran payudara.

1. Rutin Olahraga

Rutin berolahraga dapat mengecilkan payudara

Foto: freepik.com

Olahraga adalah kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara secara alami.

Berolahraga dapat membakar lemak, termasuk membakar lemak di area dada dan memperkuat otot di dada.

Payudara sebagian besarnya adalah lemak, sehingga melakukan olahraga yang fokus pada kardio dan latihan intensitas tinggi dapat mengurangi berat tubuh lebih cepat dengan membakar lemak di area tertentu.

Latihan kardio bertujuan meningkatkan detak jantung, sehingga efektif untuk membakar lemak tubuh.

Jenis latihan lain seperti aerobik, dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih merata di seluruh tubuh.

Contoh latihan aerobik adalah mendaki tangga, bersepeda, dan jalan cepat.

Olahraga yang melatih kekuatan seperti push up, dapat mengencangkan area dada dan mengubah bentuk penampilan payudara.

Dengan push up, otot di sekitar dada menjadi lebih kencang dan terbentuk dengan baik, sehingga dapat mengecilkan ukuran payudara secara keseluruhan.

Namun latihan kekuatan dan latihan target area dada saja tidak akan mengecilkan payudara, perlu dipadukan dengan latihan kardio dan olahraga seluruh tubuh.

Beberapa jenis latihan bahkan dapat memberikan efek sebaliknya, yaitu membuat payudara terlihat lebih besar.

2. Diet Rendah Lemak

Payudara Moms terdiri dari jaringan lemak, sehingga jika Moms sedang berusaha mengurangi lemak tubuh dengan diet rendah kalori, tanpa sadar ini adalah kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara.

Sebagian orang dapat mengurangi lemak tubuh dengan membakar atau menggunakan kalori lebih banyak daripada kalori yang masuk, disertai dengan diet yang sehat, rendah kalori, dan tinggi nutrisi.

Namun, seiring dengan turunnya lemak tubuh, lemak di sekitar dada dan payudara juga dapat ikut mengecil, sehingga berkontribusi terhadap turunnya ukuran payudara dan lingkar dada.

Menu makanan sehari-hari yang padat nutrisi dan rendah kalori seperti buah, sayur, ikan yang berlemak, dan daging rendah lemak seperti dada ayam, dapat mendukung turunnya kadar lemak tubuh.

Jika Moms masih menyusui, Moms dapat berkonsultasi dengan ahlinya untuk mendapatkan rekomendasi menu diet yang sehat tanpa harus mengorbankan ASI yang bernutrisi.

Baca Juga: Apakah Kebiasaan Tidur Miring Bikin Pipi dan Payudara Kendur?

3. Minum Air Jahe

Sering meminum air jahe dapat mengecilkan payudara

Foto: freepik.com

Apakah Moms suka minum teh jahe? Ternyata, rutin meminum teh jahe merupakan salah satu kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara.

Jahe memiliki kemampuan untuk membantu stimulasi metabolisme dan membakar lemak berlebih di tubuh.

Di Indonesia, jahe sudah dikenal sebagai salah satu rempah yang memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Bukan hal aneh jika jahe sering dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat.

Di samping sebagai bumbu masak, air jahe juga diminum untuk meredakan beberapa gejala penyakit atau sekadar untuk mengembalikan kesegaran tubuh.

Percobaan pada hewan dalam Journal of the science of food and agriculture menyimpulkan bahwa suplementasi jahe dapat membantu menurunkan berat badan yang disebabkan oleh diet tinggi lemak.

Jahe bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh membakar lebih banyak jaringan lemak secara alami.

Ketika tubuh membakar lebih banyak lemak, termasuk jaringan lemak di area payudara, maka ukuran payudara juga dapat mengecil.

Jika Moms ingin merasakan khasiat jahe ini, sebaiknya jahe dikonsumsi tiga kali sehari dalam bentuk minuman.

Jika tidak tahan dengan rasanya, Moms dapat menambahkan sedikit madu dan lemon agar terasa lebih segar dan nikmat.

4. Rutin Minum Teh Hijau

Selain air jahe, rutin meminum teh hijau juga merupakan kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara.

Teh hijau telah terkenal dengan manfaatnya untuk membantu menurunkan berat badan.

Teh hijau mengandung beberapa antioksidan dan mampu meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak dan kalori lebih banyak. Teh hijau juga dapat memberikan energi tambahan untuk Moms yang aktif.

Baca Juga: 4 Cara Mengencangkan Payudara Saat Aktif Menyusui

5. Mengonsumsi Asam Lemak Omega-3

Makanan omega-3 dapat mengecilkan payudara

Foto: freepik.com

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 secara rutin adalah salah satu kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara.

Omega-3 diperlukan tubuh untuk fungsi otak, menurunkan tekanan darah, dan membantu meregulasi hormon, termasuk hormon estrogen.

Peran omega-3 ini penting bagi Moms yang ingin mengecilkan payudara karena ketidakseimbangan hormon dapat memicu pertumbuhan payudara.

Omega-3 juga baik untuk sistem pencernaan sehingga membantu dalam proses penurunan berat badan.

Contoh beberapa makanan yang kaya akan omega-3 antara lain jenis ikan yang berlemak (salmon, tuna, atau ikan kembung), flaxseed, minyak ikan, atau produk yang telah diperkaya omega-3 seperti telur, susu, yogurt, dan lain-lain.

6. Memijat Area Dada

Salah satu kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara adalah dengan memijat area di sekitar payudara.

Cara ini telah dilakukan semenjak zaman dahulu untuk mengurangi lemak di area yang dipijat, termasuk daerah dada dan payudara.

Jika Moms berencana untuk menurunkan ukuran payudara, Moms dapat memijat daerah payudara dengan bantuan minyak pijat, contohnya minyak kelapa, minyak zaitun, dan lain sebagainya.

Tuangkan minyak di telapak tangan secukupnya, gosok-gosokkan tangan agar minyak menghangat.

Kemudian pijat area payudara dan sekitarnya dengan gerakan memutar dimulai dari bagian luar ke dalam.

Pijatan dan minyak akan membantu peredaran darah menjadi lebih lancar dan mengurangi peradangan, sehingga payudara akan terlihat lebih padat dan mengecil.

Baca Juga: Patut Dicoba, Ini 4 Pose Yoga yang Dapat Mengencangkan Payudara

Sebagai tambahan, pijatan akan membuat tubuh lebih santai dan mengurangi stres. Jadikan memijat payudara menjadi kebiasaan setiap hari selama beberapa bulan untuk melihat hasilnya.

7. Yoga

Melakukan yoga dapat mengecilkan payudara

Foto: freepik.com

Bagi Moms yang tidak berolahraga dengan intensitas berat maupun kardio dan merasa lebih cocok dengan yoga, ukuran payudara Moms juga bisa mengecil. Pasalnya, rutin melakukan yoga juga merupakan kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara.

Yoga melibatkan berbagai gerakan peregangan otot serta sinkronisasi napas. Beberapa pose yoga ternyata dapat mengecilkan payudara karena membantu membentuk dan mengencangkan otot.

Jika Moms juga menjalankan diet rendah lemak, maka ukuran payudara Moms kemungkinan besar akan mengecil.

Beberapa pose yoga yang dilakukan selama beberapa napas memang bertujuan untuk meregangkan area dada, bahu, dan punggung, sehingga postur tubuh lebih baik dan otot menjadi lebih kencang. Efeknya, payudara juga akan tampak lebih kecil.

Dikutip dari stylesatlife.com, pose yoga seperti bridge pose, headstand, atau warrior pose, dapat membantu mengecilkan payudara dengan mempertahankan setiap pose selama beberapa napas.

8. Mengontrol Level Estrogen

Hormon estrogen memainkan peran penting dalam memengaruhi ukuran payudara.

Hormon estrogen yang berlebihan dapat menaikkan ukuran payudara Moms, terutama jika Moms sedang memiliki kondisi ketidakseimbangan hormon.

Level hormon dalam tubuh Moms bisa dipengaruhi berbagai faktor, misalnya saja sedang dalam pengobatan tertentu, hamil, atau makanan sehari-hari.

Jika Moms dalam keadaan sehat dan tidak mengidap kondisi kesehatan tertentu, Moms dapat mencoba mengonsumsi dan menghindari makanan-makanan yang dapat membantu mengontrol kelebihan hormon estrogen dalam tubuh, antara lain:

  • Konsumsi buah jeruk, lemon, atau jeruk nipis yang mengandung zat d-limonene, berfungsi membantu mengurai dan mengeluarkan kelebihan estrogen dari tubuh.
  • Hindari produk susu, khususnya susu sapi dan susu kacang kedelai, karena tinggi estrogen.
  • Menambahkan konsumsi barley, nasi merah, oatmeal, sereal, atau makanan gandum utuh lainnya untuk meningkatkan asupan serat yang tidak mudah larut. Serat membantu mengikat kelebihan estrogen dan membawanya keluar tubuh.
  • Tingkatkan konsumsi sayur yang termasuk dalam klasifikasi Brassicaceae, karena kaya akan vitamin dan mineral, serta membantu metabolisme estrogen di dalam tubuh. Contoh sayur-sayuran yang termasuk adalah brokoli, kale, kubis, kembang kol, pakcoy, dan lain-lain.

Baca Juga: Kenali Kondisi Mastitis, Payudara Bengkak dan Sakit pada Ibu Menyusui

Mencoba melakukan berbagai kebiasaan yang dapat mengecilkan payudara dapat menjadi salah satu pilihan untuk Moms yang merasa tidak nyaman dengan ukuran payudara yang terlalu besar. Moms mau coba?

Artikel Terkait