Gaya Hidup

GAYA HIDUP
14 Mei 2020

5 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Cepat Tua, Mulai Kurangi!

Sering duduk bahkan bisa memicu penyakit mematikan lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Ternyata ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang bisa membuat orang cepat tua, Moms.

Semasa hidup, penting untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit berbahaya. Salah satunya dengan membentuk pola hidup dan kebiasaan yang sehat.

Setiap manusia akan terus bertambah tua. Namun, beberapa individu memilih gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari yang lebih sehat, dengan mengurangi penyebab cepat tua.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk Pagi Hari Yang Sering Dilakukan

Kebiasaan yang Jadi Penyebab Cepat Tua

Tanpa berlama-lama lagi, yuk mulai hindari kebiasaan berikut ini untuk wajah yang bebas keriput dan cepat menua, Moms!

1. Merokok

penyebab cepat tua-merokok

Foto: Orami Stock Photos

Merokok tidak hanya dapat memiliki dampak buruk bagi kesehatan, tetapi juga memperburuk penampilan lho, Moms.

Studi menunjukkan bahwa selain mempersingkat hidup dengan meningkatkan risiko penyakit jantung dan paru-paru, dampak merokok dapat mengaktifkan enzim yang memecah elastisitas kulit.

"Tembakau mengandung lebih dari 3.800 komponen kimia, yang dapat merusak jaringan kulit. Merokok juga memicu enzim yang memecah elastisitas kulit, menyebabkan garis-garis halus dan kerutan," kata Dr. Steiger, mengutip The Healthy.

Baca Juga: Stop Diet Jika Melakukan 4 Kebiasaan Buruk Berikut!

2. Tidak Cukup Tidur

penyebab cepat tua-kurang tidur

Foto: Orami Stock Photos

Tidak cukup tidur dan sering begadang tidak memberi kesempatan bagi tubuh untuk memperbaiki sel dan mengisi kembali tenaga yang hilang. Pastikan Moms tidur selama 7 jam setiap malamnya.

Tidak cukup tidur dapat membuat tubuh tidak berfungsi dengan baik di siang hari, menyebabkan kenaikan berat badan, dan kondisi kesehatan lain termasuk penyebab cepat tua.

"Tidur dalam rentang tujuh jam adalah optimal," kata Dr. Casciari, pendiri laboratorium tidur di Rumah Sakit St. Joseph, mengutip Health.com.

3. Kurang Konsumsi Buah dan Sayur

penyebab cepat tua-kurang makan sayur dan buah

Foto: Orami Stock Photos

Memang benar bahwa seiring bertambahnya usia, orang dewasa membutuhkan kalori lebih sedikit. Hal ini untuk mencegah kelebihan berat badan atau obesitas yang rentan menimbulkan penyakit.

Namun, jika Moms ingin memiliki kulit yang tetap bercahaya dan awet muda, maka sebaiknya mulai konsumsi buah dan sayur setiap hari untuk menghindari penyebab cepat tua.

"Mengonsumsi makanan yang kaya serat, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, seperti diet Mediterania, membantu tidur lebih baik dan melindungi dari stres, dua hal yang akan membantu Anda terlihat dan merasa lebih muda," kata Shawn M. Talbott, PhD, penulis dan ahli diet terdaftar.

Baca Juga: 6 Buah dan Sayur yang Dapat Membuat Kulit Lebih Cantik Terawat

4. Menahan Amarah dan Dendam Masa Lalu

penyebab cepat tua-menyimpan dendam

Foto: Orami Stock Photos

Setiap orang memiliki masa lalu yang tidak selalu indah. Tetapi, buat apa membuang-buang waktu dengan terus menerus menyimpan dendam masa lalu dengan seseorang?

Selain tidak memberikan ketenangan batin, memendam emosi dan terus memikirkan masalah di masa lalu bisa menjadi penyebab Moms cepat tua.

Dalam jurnal Public Library of Science (PLOS), disebutkan bahwa depresi jangka panjang dapat dikaitkan dengan kerusakan sel-sel dalam tubuh, dan ini dapat memengaruhi pasien mengalami penyakit fisik tertentu.

Moms mungkin tidak dapat menghindari stres atau kemarahan yang dirasakan, tetapi coba temukan cara-cara positif untuk melepaskannya. Bisa dengan olahraga, meditasi, atau keterlibatan secara sosial.

5. Sering Duduk dalam Waktu Lama

penyebab cepat tua-duduk terlalu lama

Foto: Orami Stock Photos

Sebagian besar orang cenderung menghabiskan waktunya dengan duduk, baik itu di tempat kerja, lalu duduk di depan televisi saat malam hari. Kegiatan duduk berlama-lama ini merupakan penyebab cepat tua, Moms.

Hasil penelitian yang diunggah di situs Science Daily, menyebutkan bahwa sel-sel akan lebih cepat menua pada orang yang jarang bergerak.

"Studi kami menemukan bahwa sel lebih cepat menua dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak," kata Aladdin Shadyab, PhD, penulis utama studi mengutip Science Daily.

Shadyab melanjutkan, wanita yang duduk lebih lama memiliki panjang telomer yang lebih pendek. Panjang telomer yang pendek ini berhubungan dengan penyakit yang menua seperti kanker, radang sendi dan penyakit jantung.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menyarankan agar masyarakat melakukan aktivitas fisik selama minimal 30 menit setiap harinya agar masyarakat hidup lebih sehat.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait