Pernikahan & Seks

11 Desember 2019

5 Kegiatan Me Time untuk Ibu, Sederhana Tapi Seru!

Kembali menggeluti hobi lama bisa jadi salah satu pilihan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kebanyakan wanita yang baru menjadi ibu, kewalahan dengan semua hal baru yang harus mereka lakukan setiap harinya. Seperti memasak dan menyuapi anak, mengganti popok, serta pekerjaan rumah tangga lainnya.

Waktu 24 jam sehari rasanya tidaklah cukup, bahkan nyaris tidak memiliki waktu untuk sekedar mandi. Apalagi untuk Moms yang harus bekerja dan mengurus urusan rumah tangga secara bersamaan.

“Banyak para ibu bekerja yang merasa bersalah tidak menemani anaknya. Makanya berpikir untuk harus bersama anak-anak saat tidak bekerja,” kata Lorraine Thomas, kepala eksekutif Parent Coaching Academy, sekaligus penulis The 7 Day Parent Coach.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Working Moms

Kegiatan Me Time untuk Ibu

“Padahal memiliki sedikit “me time” sangatlah penting untuk membantu membuat kita menjadi orang tua yang lebih baik,” ujar Kristy S. Rodriguez, ahli dan penasihat kesehatan sebelum dan sesudah kelahiran, sekaligus penulis.

Moms perlu menemukan cara untuk memasukkannya ke dalam rutinitas sehari-hari demi kepentingan diri. Jika bingung, mungkin beberapa ide kegiatan me time untuk ibu di bawah ini bisa membantu.

1. Menghabiskan Waktu dengan Teman

kegiatan me time yang seru untuk ibu

Kegiatan me time untuk ibu yang pertama adalah menghabiskan waktu dengan teman. Mengatur waktu untuk bertemu dengan teman lama bisa menjadi kegiatan me time seru untuk ibu. Bertukar cerita karena sudah lama tidak bertemu akan terasa seru.

Tandai tanggalan Moms di rumah untuk bertemu dengan teman, bila perlu lakukan ini sebulan sekali.

Jika pasangan Moms atau orang lain dapat menjaga anak-anak di malam hari, merupakan hal yang bagus. Jika tidak, cobalah untuk membuat janji makan siang atau ngopi di siang hari dengan teman-teman yang tinggal atau bekerja di dekat kita.

2. Membaca Buku

kegiatan me time yang seru untuk ibu

Kegiatan me time untuk ibu yang selanjutnya adalah membaca buku. Membaca buku? Sepertinya asik untuk dijadikan kegiatan me time ibu. Walaupun hanya bisa dilakukan sebentar saja, setidaknya cukup untuk melepaskan penat.

Jika Moms memiliki aplikasi untuk membaca online di ponsel seperti Wattpad, Nook, atau Kindle, membaca buku akan lebih mudah dilakukan saat ada waktu luang. Jika tidak punya, Moms bisa membaca buku baru atau buku lama yang seru untuk dibaca lagi. Bacalah saat Si Kecil sedang tidur.

Baca Juga: Jangan Malas Membaca Buku, Ini 8 Manfaatnya

3. Hidupkan Lagi Hobi Lama

kegiatan me time yang seru untuk ibu

Kegiatan me time untuk ibu yang selanjutnya adalah melakukan hobi lama. Pekerjaan sehari-hari seorang ibu rumah tangga memang bisa terasa penuh tekanan. Memasak dan menyiapkan makanan, membersihkan rumah, mengurus keperluan anak-anak dan suami.

Meski sibuk, jangan lupa untuk menyisihkan sedikit waktu melakukan hobi lama. Misalnya fotografi, membuat scrapbook, berkebun, atau olahraga yoga. Semua ini bisa menjadi kegiatan me time yang seru untuk ibu.

4. Jalan-Jalan Sebentar

kegiatan me time yang seru untuk ibu

Kegiatan me time untuk ibu yang selanjutnya adalah jalan-jalan. Jalan-jalan mungkin terdengar seperti salah satu ide paling klise untuk melakukan me time. Tapi hal ini benar-benar jadi cara simple dan dapat dilakukan dengan mudah untuk menjernihkan pikiran Moms.

Jika sudah melangkahkan kaki keluar rumah, tinggalkan semuanya, termasuk anak-anak, ponsel, dan kekhawatiran Moms di belakang. Nikmati apa yang ada saat itu.

Baca Juga: 5 Ide Jalan-jalan Akhir Pekan di Bogor Bareng Keluarga

5. Telepon Teman

kegiatan me time yang seru untuk ibu

Kegiatan me time untuk ibu yang selanjutnya adalah menelepon teman. Jika Moms termasuk orang yang ceriwis dan suka sekali bicara, menelepon teman bisa jadi satu kegiatan me time yang seru.

Mengirim pesan di media sosial atau aplikasi chatting bisa membuat kita merasa sedikit bersalah karena tidak berbicara langsung dengan orang tersebut. Coba pilih waktu, setelah anak-anak tidur misalnya, untuk menelepon seorang teman. Saling menanyakan kabar sebentar bisa jadi sangat berarti.

Itu dia Moms beberapa kegiatan me time untuk ibu yang seru banget. Coba lakukan salah satunya ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait