Kehamilan

9 Mei 2020

Mengenai Kelahiran En Caul, Kelahiran Bayi Masih dalam Kantong Ketuban yang Langka

Keindahan langka ini terjadi dalam kurang dari 1 dalam 80.000 kelahiran
placeholder

Foto: Instagram.com/janabrasilfotografia

placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kelahiran adalah pengalaman yang sangat luar biasa membuat beberapa orang bahkan menamakannya "keajaiban." Nah, jika persalinan adalah mukjizat, maka kelahiran en caul yang terjadi sesekali adalah momen yang benar-benar menakjubkan.

Bagaimana tidak, kelahiran en caul adalah saat bayi keluar masih di dalam kantung ketuban yang utuh. Ini mungkin membuatnya terlihat seperti bayi baru lahir Moms yang benar-benar dibungkus oleh kado yang lembut, seperti gelembung.

Menurut Healthline, kelahiran en caul juga disebut "kelahiran terselubung." Dikutip dari Case Reports in Obstetrics and Gynecology, keindahan langka ini terjadi dalam kurang dari 1 dalam 80.000 kelahiran.

Baca Juga: Mengenal Teknik Gentle C-Section Saat Persalinan Caesar

Penyebab Kelahiran En Caul

Langka! Ketahui Mengenai Kelahiran En Caul.jpg

Foto: anatomybox.com

Kantung ketuban adalah berisi sebagian besar air di dalam rahim. Kadang-kadang juga disebut "membran" karena terdiri dari dua lapisan. Kantung ketuban mulai terisi dengan cairan ketuban sesaat setelah pembuahan.

Bayi Moms dengan nyaman mengapung di dalam kantung ini, tumbuh dan berkembang dengan cepat. Cairan ketuban adalah cairan kuning muda yang melindungi bayi dan membuatnya hangat.

Bayi kita membantu menjaga lingkungan berair ini dengan tepat dengan meminum cairan ketuban sesekali. Cairan ajaib ini membantu mengembangkan paru-paru, perut, usus, otot, dan tulang bayi. Ketuban juga membantu bayi kita buang air besar tak lama setelah lahir.

Kelahiran en caul lebih jarang terjadi pada persalinan pervaginam dibandingkan dengan kelahiran dengan sesar. Ini karena kantung ketuban biasanya pecah ketika akan melahirkan.

Tindakan induksi untuk melahirkan juga biasanya merusak kantung. Maka, kelahiran en caul ini banyak terjadi pada kelahiran spontan alami.

Moms yang bisa melahirkan tanpa kantung yang pecah disebutlah dengan kelahiran en caul. Dalam persalinan sesar, dokter biasanya pergi melalui kantung ketuban untuk mengangkat bayi.

Tetapi mereka kadang-kadang dapat memilih untuk mengangkat seluruh bayi dan kantung ketuban untuk kelahiran en caul.

Dengan kata lain, dalam persalinan pervaginam, kelahiran en caul terjadi dengan sendirinya, sepenuhnya secara kebetulan. Pada jenis kelahiran ini, bayi yang lahir lebih awal (prematur) lebih cenderung menjadi bayi en caul daripada bayi cukup bulan.

Apakah Bisa Melakukan Kelahiran En Caul Direncanakan secara Caesar?

Langka! Ketahui Mengenai Kelahiran En Caul 3.jpg

Foto: mirror.co.uk

Tidak ada bukti nyata bahwa memiliki kelahiran en caul lebih baik daripada kelahiran standar. Jadi, itu bukan sesuatu yang perlu Moms minta atau coba.

Apalagi, kelahiran en caul bisa terjadi dengan rumit. Jika kantung pecah selama persalinan, keadaan bisa menjadi buruk dan sulit ditangani. Pada akhirnya, hal tersebut perlu Moms diskusikan dengan tim medis.

Baca Juga: Mengenal Ablasio Retina, Risiko Terlepasnya Retina Mata Saat Persalinan

Hal yang Terjadi saat Kelahiran En Caul

Langka! Ketahui Mengenai Kelahiran En Caul 2.jpg

Foto: today.com

Jika bayi Moms lahir en caul, dokter atau bidan akan dengan lembut mengambil kantung untuk membukanya, sedikit demi sedikit seperti membuka tas atau balon berisi air. Air mulai mengalir keluar dari kantung saat lahir.

Ini membuat kantong sedikit menyusut di sekitar bayi. Hal paling menakjubkan kadang-kadang bayi yang menggeliat akan membongkar en caul tepat setelah dilahirkan. Ini seperti bayi yang menetas lho Moms.

Menurut Cupertino Times, jika saat proses pengeluaran bayi dari kantung ketuban tersebut keras atau lebih keras, maka dokter mengeluarkannya dengan membuat sayatan kecil.

Itu ditempatkan di lubang hidung anak sehingga anak dapat bernapas dengan mudah. Beberapa orang terkenal yang lahir dengan caul adalah Lord Bryon, Napoleon, Alexander the Great, Sigmund Freud, dan masih banyak lagi.

Selama kelahiran dan sesudahnya, bayi akan memiliki banyak udara dan segala hal lain yang mereka butuhkan di dalam kantung ketuban. Tali pusar (terhubung ke pusar) diisi dengan darah yang kaya oksigen.

Baca Juga: Mengenal Doula dan Perannya dalam Persalinan

Nah, itulah hal-hal yang perlu Moms ketahui tentang kelahiran en caul. Unik sekali ya Moms?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait