Balita dan Anak

17 Mei 2020

Ini Penyebab Kelainan Tulang pada Anak dan Dampaknya, Catat!

Penting mendapatkan asupan nutrisi agar tulang tetap sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Si Kecil dapat memiliki kelainan tulang. Kelainan tulang pada anak ini mengacu pada kondisi yang memengaruhi kekuatan, pertumbuhan, dan kesehatan tulang secara keseluruhan.

Dalam jurnal American Osteopathic Association, ada ragam faktor dapat berkontribusi terhadap perkembangan kerangka yang normal dan pencapaian kepadatan mineral tulang yang normal.

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab kelainan tulang pada anak, dan apa dampaknya? Cari tahu penjelasannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Tulang, Kenali 3 Fungsi Vitamin K Berikut Ini

Penyebab Kelainan Tulang pada Anak

kelainan tulang anak-1

Foto: Orami Photo Stock

Menurut dr. Faisal Mi'raj, Sp. OT (K), Dokter Spesialis Bedah Ortopedi, Konsultan Ortopedi Anak Limb Lengthening and Reconstruction RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, kelainan tulang pada anak dapat dibedakan menjadi dua:

  • Kelainan bawaan. Kelainan yang dapat dilihat dan diketahui pada anak sejak lahir.
  • Kelainan yang didapat. Kelainan pertumbuhan yang disebabkan oleh ragam faktor (kebiasaan posisi atau sikap tubuh, kurang asupan gizi tertentu, atau gangguan hormonal)

"Selain itu, kelainan pertumbuhan juga dapat disebabkan karena adanya infeksi, cedera, dan keganasan/kanker, maupun metabolik," jelas dr. Faisal.

Dalam Medline Plus, disebutkan bahwa penyakit tulang bisa membuat tulang mudah patah. Berbagai jenis masalah tulang termasuk:

  • Kepadatan tulang dan osteoporosis yang rendah, yang membuat tulang lemah dan cenderung lebih mudah patah.
  • Osteogenesis imperfecta membuat tulang rapuh.
  • Penyakit tulang Paget membuat tulang lemah.
  • Tulang juga dapat mengembangkan kanker dan infeksi.
  • Penyakit tulang lain, disebabkan gizi buruk, genetika, atau masalah dengan laju pertumbuhan atau pembangunan kembali tulang.

Baca Juga: 3 Jenis Spina Bifida, Cacat Lahir pada Tulang Belakang

Dampak Kelainan Tulang pada Anak

kelainan tulang anak-2.jpg

Foto: kidshealthllc.com

Diagnosis kelainan tulang pada anak dapat memberikan beberapa dampak, yang menyebabkan gangguan pertumbuhan tulang.

"Dampaknya, anak tidak tumbuh secara optimal, terjadi kelainan bentuk tulang, sampai gangguan fungsi dalam beraktivitas," kata dr. Faisal.

Karena itu, bila Si Kecil terlihat punya kelainan tulang, konsultasikan langsung ke dokter spesialis bedah ortopedi konsultan ortopedi anak, limb lengthening, and reconstruction untuk mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: Penanganan dan Perawatan Patah Tulang pada Balita

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Anak

kelainan tulang anak-3

Foto: Orami Photo Stock

Karena itu, penting bagi anak untuk menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari risiko kelainan tulang anak. Moms juga berperan dalam membentuk kebiasaan sehat agar tulang Si Kecil tumbuh dengan optimal.

Mengutip National Institute of Health, dua kebiasaan sehat untuk mendukung pertumbuhan tulang seumur hidup yang paling penting adalah nutrisi tepat, dan banyaknya aktivitas fisik.

Karena itu, Moms juga perlu menjadi panutan yang baik bagi diri sendiri dalam menjaga kesehatan tulang, sehingga anak akan terdorong untuk membentuk kebiasaan baik tersebut hingga dewasa.

Selain itu, konsumsi kalsium dan vitamin D untuk membantu memastikan peningkatan massa tulang yang optimal. Tidak hanya dengan susu, sumber vitamin D juga bisa didapat dari sayuran.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang kelainan tulang pada anak. Untuk menghindarinya, selalu konsumsi kalsium dan vitamin D ya!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait