Kehamilan

25 Juni 2020

7 Keluhan Ibu Hamil Trimester 1, Pernah Mengalami?

Cari tahu juga cara mengatasinya ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kehamilan menjadi masa yang paling menyenangkan bagi semua calon ibu di dunia. Sayangnya kebahagiaan Moms ini tidak jarang juga diikuti dengan berbagai keluhan yang muncul saat hamil.

Keluhan-keluhan ini tentu membuat masa kehamilan menjadi tidak nyaman. Penyebabnya bisa karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil.

Baca Juga: Jaga Kehamilan pada Trimester 1 dengan Cara Ini

“Keluhan pada saat hamil tentunya akan berbeda pada setiap orang. Karenanya perlu sekali mengetahui mana keluhan yang masih tergolong normal dan keluhan yang harus diperiksakan ke dokter,” jelas dr. Muhammad Fadli, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah – Pondok Indah, dalam Live Webinar RS Pondok Indah Group, Kamis (04/06/2020).

Apa saja keluhan ibu hamil yang terjadi umumnya di trimester pertama? Yuk, kita simak.

Keluhan Ibu Hamil di Trimester 1

Berikut keluhan-keluhan yang mungkin Moms rasakan juga, disertai dengan penangannya.

1. Kram Perut Bawah

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: babycenter.ca

Kram perut bawah merupakan salah satu keluhan ibu hamil yang sering muncul di trimester pertama. Kondisi ini terjadi karena telur yang terfertilisasi membentuk blastocyst, menempel pada dinding rahim sehingga bisa memunculkan nyeri yang bervariasi dari ringan hingga berat.

Menurut International Journal of Women's Health, hal ini bisa juga dikarenakan perubahan fisiologis kehamilan yang meningkatkan risiko kram perut bagian bawah.

“Untuk menghindari hal ini, sebaiknya Moms hindari merokok, meminum alkohol dan obat-obatan pada masa ini dan jika bisa seterusnya,” ujar dr. Fadli.

2. Gerah dan Letih

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: heart.org

Selanjutnya, dr. Fadli mengatakan hamil cenderung meningkatkan suhu badan sehingga ibu hamil akan mudah merasa gerah, terutama bila tinggal di iklim yang tropis dan sedang melakukan olahraga.

Selain itu, tubuh wanita hamil biasanya letih dan mengantuk karena peningkatan level estrogen. Pastikan di masa itu tidak mengalami anemia.

Mengatasinya, sebaiknya tetap terhidrasi, yakni meminum air putih tiga liter per hari dan cukup tidur untuk mengurangi keluhan tersebut.

Baca Juga: 4 Penyebab Mudah Mengantuk, Bisa Jadi Kondisi Kronis!

3. Nyeri Payudara

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: momlovesbest.com

Keluhan ibu hamil di trimester 1 berikutnya adalah nyeri payudara. Di usia 4-6 minggu kehamilan, payudara akan terasa nyeri dan membengkak disebabkan hormon progesteron yang meningkat.

Namun kondisi ini akan berkurang di akhir trimester pertama. Namun jika merasa sangat tidak nyaman, Moms bisa gunakan bra khusus hamil untuk mengurangi gesekan puting.

4. Perubahan Suasana Hati

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: parenting.firstcry.com

Atau yang biasa dikenal sebagai mood swing juga sering dikeluhkan ibu hamil di trimester pertama kehamilan.

Level estrogen dan progesteron yang tinggi bisa menyebabkan perubahan ini. Perubahan suasana hati bisa ke arah euforia hingga cemas atau depresi. Dokter Fadli menyarankan para ibu hamil untuk tetap berpikir positif.

5. Peningkatan Frekuensi BAK

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: parenting.firstcry.com

Saat sedang hamil di trimester pertama, menjadi hal yang normal jika Moms menjadi sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan peningkatan kerja pada ginjal yang menghasilkan urin meningkat. Terlebih lagi ada perubahan hormon juga.

Rahim yang membesar juga mendesak kandung kemih sehingga kita merasakan kandung kemih selalu penuh.

“Untuk mengatasinya, tetap hidrasi yang cukup dan teratur sehingga dapat mengatur waktu untuk ke toilet, mencegah terjadinya inkontinensia,” kata dr. Fadli.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Dehidrasi Saat Hamil, Simak di Sini Moms!

6. Kembung dan Konstipasi

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: medicalnewstoday.com

Kembung disebabkan karena menurunnya sistem pencernaan. Makanya menyebabkan konstipasi. Hal ini sendiri juga seringkali dibarengi dengan meningkatnya rasa kembung lho, Moms.

Solusi untuk mengatasi keluhan ini adalah dengan diet tinggi serat.

7. Morning Sickness

keluhan ibu hamil pada trimester 1

Foto: Orami Photo Stock

Kondisi mual dan muntah ini bisa terjadi pada siang atau malam hari, karena meningkatnya kadar hormon HCG. Banyak wanita merasakan mual dan muntah pada awal trimester pertama dan memburuk pada akhir trimester. Gejala mual dan muntah akan mereda setelah memasuki trimester kedua.

Untuk mengurangi gejala, Moms yang hamil bisa makan dalam porsi kecil setiap dua jam sekali, lalu tetap terhidrasi cukup, dan mengosumsi jahe dalam bentuk permen atau wedang.

Itu dia Moms beberapa keluhan yang mungkin dirasakan saat trimester pertama kehamilan. Semoga keluhannya bisa membaik dengan mengikuti tips di atas ya. Selamat mencoba!

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait