Kehamilan

24 Juni 2020

4 Keluhan Ibu Hamil Trimester 2, Moms Mengalaminya Juga?

Bisa mengalami masalah jerawat, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat sedang hamil, menjadi hal yang biasa bagi para bumil untuk memiliki berbagai keluhan mengenai kehamilannya. Baik itu dari semester pertama kehamilan, hingga semester terakhir kehamilan, pasti banyak hal terjadi.

Jika pada trimester pertama keluhan yang sering dialami mungkin morning sickness dan nyeri payudara, maka di trimester kedua, akan timbul keluhan lainnya yang tentu berbeda dengan trimester pertama.

Baca Juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Untuk Moms yang sedang berada pada fase trimester pertama kehamilan, yuk cari tahu terlebih dahulu, apa saja sih kondisi yang mungkin akan kita alami di trimester kedua mendatang?

Keluhan Ibu Hamil di Trimester Kedua

Ada beberapa keluhan yang akan terjadi di trimester kedua kehamilan Moms. Apa saja keluhan tersebut? Berikut keluhan ibu hamil di trimester kedua yang dipaparkan langsung oleh dr. Muhammad Fadli, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah – Pondok Indah, dalam Live Webinar RS Pondok Indah Group, Kamis (04/06/2020).

1. Nyeri Ulu Hati dan Sendawa

Keluhan ibu hamil di trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Keluhan ibu hamil di trimester kedua yang pertama adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian ulu hati dan banyak bersendawa.

Pengosongan lambung yang lebih lama yakni 5-6 jam sekali dan katup esofagus yang terbuka menyebabkan refluks pada asam lambung sehingga menyebabkan nyeri dan sering sendawa.

"Makan setiap dua jam, karbohidrat kompleks untuk menetralisir asam lambung," ujar dr. Fadli.

Baca Juga: 3 Penyebab Pusar Ibu Hamil Sakit saat Trimester Kedua, Pernah Mengalaminya?

2. Pregnancy Glow dan Jerawatan

Keluhan ibu hamil di trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Menurut jurnal Pregnancy and Skin, kehamilan dikaitkan dengan perubahan kompleks pada endokrinologis, imunologis, metabolisme, dan vaskular yang dapat memengaruhi kulit dan organ lain tubuh.

Keluhan lainnya yang mungkin dialami adalah pregnancy glow dan timbulnya jerawat. Meningkatnya peredaran darah dalam tubuh membuat kulit terkesan lebih glowing dan fresh.

Namun hal ini juga bisa menyebabkan kulit wajah lebih berminyak dan memicu timbulnya jerawat.

"Untuk mengatasinya, sering basuh wajah dengan air, akan menurunkan kadar minyak pada wajah," saran dr. Fadli.

3. Kram pada Kaki

Keluhan ibu hamil di trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Kram pada kaki terjadi akibat aktivitas yang berlebihan disertai dehidrasi, ditambah jika kurang asupan kalsium dan magnesium.

Menurut dr. Fadli, sebaiknya lakukan peregangan sebelum tidur dan pagi hari, cukupi asupan air minum yakni lebih dari 2,5 liter per hari dan tingkatkan asupan kalsium.

Baca Juga: Penyebab Kaki Kram saat Hamil

4. Nyeri pada Pinggang dan Pergelangan Tangan

Keluhan ibu hamil di trimester 2

Foto: Orami Photo Stock

Kondisi ini menurut dr. Fadli wajar terjadi, karena ada perubahan pada bentuk rahim dan tekanan pada sendi serta saraf ibu hamil.

Melakukan peregangan serta berolahraga bisa membantu otot dan tulang lebih fleksibel dan mengurangi nyeri pada pinggang dan pergelangan tangan.

Itu dia Moms beberapa keluhan yang akan dirasakan ibu hamil pada trimester kedua kehamilannya. Apakah Moms mengalaminya juga? Jika hal tersebut terjadi, jangan lupa ikuti saran yang diberikan ya.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait