Kehamilan

KEHAMILAN
24 Februari 2020

3 Penyebab Kenaikan Berat Badan saat Hamil Kedua Berbeda, Tidak Perlu Bingung!

Gagal menurunkan berat badan setelah kehamilan pertama jadi salah satu penyebabnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms tengah hamil anak kedua? Pernahkah memperhatikan perubahan besar dalam kenaikan berat badan saat hamil kedua daripada yang pertama kali? Apakah perut Moms lebih cepat terlihat daripada hamil yang sebelumnya? Apakah berat badan melonjak lebih cepat?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Obstetrics & Gynecology, Moms cenderung mendapatkan jumlah berat yang sama pada kehamilan kedua seperti yang terjad saat hamil pertama.

Pada beberapa wanita, yang tidak bisa menurunkan berat badan ekstra setelah memiliki anak pertama, akan menambah berat badan karena titik awal dari wanita itu adalah kelebihan itu sendiri.

Moms bahkan mungkin merasakan gerakan bayi jauh lebih awal dibandingkan dengan kehamilan pertama.

Penyebab Kenaikan Berat Badan saat Hamil Kedua Berbeda

Lalu, apa penyebab berat badan berbeda saat kehamilan kedua dibanding yang pertama? Berikut adalah beberapa alasan yang akan membantu Moms memahaminya.

1. Kegemukan setelah Kehamilan Pertama

ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Moms, sangat sedikit ibu yang bisa hamil kedua kalinya dengan tubuh yang bugar. Ini karena sulitnya menurunkan berat badan ekstra selama kehamilan pertama.

Untuk menjadi bugar membutuhkan waktu serta latihan yang rutin. Akan tetapi, banyak waktu dihabiskan untuk merawat Si Kecil yang pertama hadir serta sedang tumbuh.

Baca Juga:Kehamilan Pertama dan Kedua Jaraknya Dekat? Ini Persiapan Wajibnya

Oleh karena itu, ibu hamil tepat setelah kehamilan pertama menemukan kesulitan untuk bisa secara fisik bugar sehingga berakibat kelebihan berat badan.

Kesimpulannya, itu berarti bahwa berat badan Moms akan lebih dari yang didapatkan selama kehamilan pertama.

2. Perubahan Hormon dan Metabolisme

Kehamilan anak kedua

Foto: Orami Photo Stock

Selama kehamilan pertama Moms, semua perubahan fisiologis yang terjadi akan menjadi pengalaman pertama tubuh. Jadi, tubuh akan mengambil waktu sendiri untuk bereaksi terhadap perubahan hormon dan metabolism dan hasil perubahan itu seperti berat badan akan berkembang secara sistematis.

Sedangkan, kehamilan kedua, tubuh telah mengalami semua perubahan hormon dan metabolism dan akan bereaksi terhadap semua perubahan lebih cepat dibandingkan dengan kehamilan pertama.

Hal ini dapat menghasilkan kenaikan berat badan lebih cepat selama kehamilan kedua dari pada kehamilan sebelumnya.

3. Baby Bump Muncul Lebih Cepat

Ilustrasi ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Selama kehamilan pertama, baik teman maupun keluarga mungkin tidak menyadari bahwa Moms tengah hamil hingga muncul baby bump sekitar 15 minggu ke atas.

Tetapi, dalam kasus kehamilan kedua, perut akan muncul sangat awal antara 12-15 minggu. Hal ini dikarenakan rahim tidak kembali ke bentuk normalnya setelah melahirkan anak pertama yang berarti, ketika Moms hamil untuk kedua kalinya, ia akan terlihat lebih cepat.

Tips Menjaga Berat Badan pada Kehamilan Kedua

Berat Badan Turun saat Hamil, Normalkah-1.jpg

Agar tidak mendapatkan kenaikan berat badan pada kehamilan kedua berlebihan, sebaiknya Moms menjaga berat badan selama kehamilan kedua. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga berat badan saat hamil anak kedua.

  • Ibu menyusui tidak bisa diet dengan ketat akan tetapi diet dapat juga mencakup banyak cairan, protein buah-buahan, serta serat untuk menjaga asupan lemak minimal.
  • Moms, tidak ada salahnya melakukan olahraga bersama balita. Cari rancangan latihan khusus yang dapat dilakukan ibu bersama bayi yang baru lahir serta balita.
  • Kadang-kadang, seorang ibu baru dapat menambah berat badan saat kadar hormonnya turun setelah melahirkan. Misalnya, ketidakseimbangan hormon tiroid dapat meningkatkan berat badan sehingga dibutuhkan manajemen tingkat hormon.
  • Terakhir, sering kali, Moms merasa tertekan setelah melahirkan sambil mengamati diri sendiri di cermin. Ini meningkatkan stres dan secara tidak langsung memengaruhi berat badan juga. Sehingga, Moms perlu untuk bahagia dan mencegah stres datang.

Baca Juga:Cara Memberi Tahu Anak Tentang Kehamilan Kedua agar Bisa Menyambut Adik Baru

Itulah beberapa penyebab kenaikan berat badan pada kehamilan kedua lebih cepat ketimbang kehamilan pertama. Bayi kedua akan membawa banyak cinta dan kebahagiaan untuk keluarga Moms lagi. Tidak perlu khawatir tentang perubahan fisiologis yang terjadi selama periode ini.

Jika berolahraga setiap hari dan mengikuti rencana diet sebelum merencanakan kehamilan kedua, Moms tidak akan menambah berat badan pada kehamilan kedua. Jadi, yakinlah dan siapkan keluarga untuk menyambut kehadiran anggota keluarga baru.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait