Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kenali 6 Penyebab Gangguan Tidur Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Bagikan


Sudah menjadi hal yang wajar bila selama kehamilan, Moms akan mengalami berbagai perubahan pada tubuh dan kondisi lainnya yang khas.

Nah, salah satu kondisi yang bisa dialami bumil adalah gangguan tidur seperti insomnia. Kendala ini umumnya terjadi di trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Apakah gangguan tidur tersebut membahayakan janin? Secara prinsip tidak membahayakan, namun Moms tetap membutuhkan waktu istirahat yang mencukupi untuk kesehatan diri dan janin.

Terkait hal ini, American Pregnancy mengungkapkan, insomnia pada bumil adalah kondisi yang normal bahkan dialami sekitar 78 persen bumil.

Adapun gangguan tidur ini bisa beragam masalahnya, seperti sulit memulai tidur, sering terbangun di malam hari, susah tidur kembali setelah terbangun atau tidur yang tak kunjung nyenyak. Intinya, Moms mengalami kualitas tidur yang buruk.

Sebenarnya, ada beberapa penyebab bumil mengalami mengalami masalah tidur, yaitu:

1. Ada gangguan pencernaan

Terkadang Moms mengalami masalah pencernaan karena perubahan hormon selama kehamilan. Akibatnya, muncul rasa mulas sehingga Moms sulit tidur.

Sebagai antisipasi, hindari untuk tidak makan dalam waktu dua jam sebelum Moms tidur. Utamanya, hindari makanan yang pedas. Pastikan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan rasa mulas atau nyeri.

Upaya lain yang bisa Moms lakukan, coba letakkan bantal lebih tinggi dengan posisi miring ke kiri. Ini untuk menghindari asam lambung naik dan mencegah rasa perih di dada.

2. Janin bergerak aktif

Gerakan janin yang aktif di dalam rahim dapat membuat Moms terbangun. Ya, janin bergerak dan menendang bahkan memutar tubuhnya. Alhasil, Moms merasa tidak nyaman.

Meski begitu, Moms coba nikmati saja momen mengejutkan ini. Agar tubuh merasa relaks, coba tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.

Baca Juga : Solusi Tidur Nyenyak Ibu Hamil

3. Sering buang air kecil

Moms sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil? Wajar ya karena kapasitas kandung kemih berkurang seiring membesarnya rahim. Nah, agar Moms tak terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil, sebaiknya dalam satu atau dua jam sebelum tidur cukup sedikit minum air.

Kemudian, buat suasana kamar yang redup sehingga Moms bisa kembali terlelap usai buang air kecil. Lampu kamar yang terang bisa merangsang tubuh untuk tetap terjaga sepanjang malam.

4 . Perut membesar membuat tak nyaman

Tak dipungkiri, perut yang makin besar membuat Moms tak nyaman. Cobalah untuk mengubah posisi tidur yang dirasa nyaman dan gunakan bantal tidur khusus bumil.

5. Kaki kram dan nyeri punggung

Gangguan kaki kram dan nyeri punggung juga menyebabkan bumil sulit tidur. Untuk mengatasi kram kaki, Moms coba lakukan peregangan sambil berjalan santai di sekitar kamar. Mintalah pasangan untuk memijat lembut.

Cara lainnya, coba tinggikan kaki saat duduk di siang hari dan saat mau tidur. Sedangkan, untuk menangani nyeri punggung, cobalah posisi tidur menyamping. Selain itu, tempatkan bantal di antara kedua kaki untuk mengurangi tekanan.

6. Mengalami rasa cemas

Bumil juga mungkin mengalami kecemasan yang berlebihan. Misalnya, cemas karena memikirkan perubahan tubuh dan membayangkan proses persalinan yang menyakitkan.

Karena itu, Moms perlu menenangkan diri sebelum tidur. Cobalah mandi air hangat sebelum beranjak ke kasur.

Tak kalah penting, tetaplah Moms berakvitas sesuai kemampuan. Misalnya, jalan kaki, berenang, atau mengikuti yoga kehamilan agar pola tidur membaik. Dengan begitu pula, gangguan tidur saat hamil dapat diantisipasi.

(HIL)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.