Kesehatan

KESEHATAN
10 September 2020

Kenali Lebih Lanjut Tentang Penyakit Kulit Hives dan Gambarnya Berikut Ini

Saat memakan sesuatu atau memegang sesuatu mendadak muncul bentol? Bisa jadi ini tanda penyakit kulit hives!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, pernah merasakan bintik yang gatal tiba-tiba muncul di bagian kulit manapun? Ukurannya pun bervariasi dari sekecil ujung pena hingga sebesar piring makan.

Nah, kasus ini disebut penyakit kulit hives atau urtikaria. Lalu, seperti apa pengertian penyakit kulit hives dan gambarnya?

American Academy of Dermatology Association menjelaskan, hives atau urtikaria sering kali hilang dalam waktu 24 jam atau kurang. Penyakit hives baru mungkin tampak saat yang lama memudar, sehingga bisa berlangsung selama beberapa hari atau lebih.

Serangan gatal-gatal dari penyakit kulit hives ini biasanya berlangsung kurang dari enam minggu maka disebut sebagai penyakit kulit hives akut. Sedangkan jika bertahan lebih dari enam minggu, disebut penyakit kulit hives kronis.

Penyakit hives kronis sering kali diakibatkan oleh alergi, tetapi bisa disebabkan oleh banyak hal lainnya.

Penyebab Penyakit Kulit Hives dan Gambarnya

Tergantung jenisnya, penyebab penyakit kulit hives dan gambarnya pun terbagi menjadi beberapa macam, dilansir dari WebMD, yaitu:

1. Penyakit Hives Akut

Penyakit kulit hives akut dan gambarnya.jpg

Foto: healthline.com

Biasanya, penyakit kulit hives dan gambarnya ini akut ini membuat penderita merasakan gatal-gatal berlangsung kurang dari enam minggu.

Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah makanan, obat-obatan, atau infeksi tertentu. Gigitan serangga dan penyakit dalam juga mungkin menjadi penyebabnya.

Makanan yang paling umum penyebab penyakit kulit hives adalah kacang-kacangan, coklat, ikan, tomat, telur, beri segar, dan susu.

Makanan segar lebih sering menyebabkan gatal-gatal daripada makanan yang dimasak. Aditif dan pengawet makanan tertentu juga bisa menjadi penyebabnya.

Bahkan, ada juga obat yang dapat menyebabkan gatal-gatal seperti aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid lainnya seperti ibuprofen, obat tekanan darah tinggi (inhibitor ACE), atau pereda nyeri seperti kodein.

2. Penyakit Hives Kronis

Penyakit kulit hives kronis dan gambarnya.jpg

Foto: verywellhealth.com

Apabila mengalami penyakit kulit hives kronis maka kondisi ini bisa berlangsung lebih dari enam minggu.

Penyebab gatal-gatal jenis ini biasanya sulit dikenali dibandingkan penyakit kulit hives akut. Bagi kebanyakan penderita penyakit kulit hives kronis, penyebabnya tidak mungkin ditentukan.

Namun, beberapa kasus diketahui penyebabnya mungkin seperti penyakit tiroid, hepatitis, infeksi, atau kanker.

Selain itu, kondisi penyakit kulit hives dan gambarnya yang kronis ini dapat memengaruhi organ dalam lainnya seperti paru-paru, otot, dan saluran pencernaan. Gejalanya bisa berupa sesak napas, nyerit otot, muntah, dan diare.

3. Penyakit Hives Fisik

hives fisik.jpg

Foto: wikimedia.org

Jenis penyakit kulit hives dan gambarnya ini disebabkan oleh rangsangan fisik langsung ke kulit semisal dingin, getaran, tekanan, berkeringat, dan olahraga.

Penyakit kulit hives fisik ini biasanya terjadi tepat di tempat kulit yang dirangsang dan jarang muncul di tempat lain. Sebagian besar, bentolnya muncul dalam satu jam setelah terpapar.

4. Penyakit Hives Papular

hives papular.jpg

Foto: babycenter.com

Penyakit kulit hives dan gambarnya yang jenis papular ini merupakan gigitan dan sengatan serangga seperti lebah, nyamuk, atau tawon dapat menyebabkan gatal-gatal.

Reaksi ini disebut penyakit kulit hives papular dan dapat disebabkan oleh gigitan dan sengatan hampir semua serangga.

Bentol ini bisa bertahan lebih lama dibanding jenis penyakit kulit hives lainnya. Kontak dengan hewan, paling umum yaitu hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, menjadi penyebab kulit hives popular.

Namun, paparan bulu, air liur, atau urine banyak hewan dapat memicu reaksi alergi dan gatal-gatalnya.

5. Penyakit Hives Dermatografia

dermatographia hives.jpg

Foto: twitter.com

Penyakit kulit hives dan gambarnya ini adalah bentuk umum dari penyakit kulit hives fisik di mana gatal-gatal terbentuk setelah membelai atau menggaruk kulit dengan kuat.

Bentol ini juga dapat terjadi bersamaan dengan bentuk penyakit kulit hives lainnya. Tak hanya itu, penyebab penyakit kulit hives pun bisa berasal dari:

Eksposur ke Elemen

Sinar matahari bisa berbahaya bagi kulit karena sejumlah alasan, dan gatal-gatal bisa terjadi akibat paparan sinar matahari.

Ini disebut penyakit kulit hives atau urtikari surya dan meskipun jarang, ada beberapa langkah untuk menghindarinya. Biduran akibat kontak dengan air, atau urtikaria aquagenik, lebih mungkin terjadi pada wanita, terutama selama dan setelah pubertas.

Meskipun salah satu dari eksposur ini dapat menyebabkan biduran, ini sangat jarang dan sedikit yang diketahui tentang penyebab biduran. Namun, ini berbeda dari alergi yang sebenarnya, karena tidak memicu antibodi imunoglobulin yang sama.

Stress

Stres adalah pencipta atau pemicu besar gatal-gatal. Stres tidak akan menunjukkan gejala fisik dalam serangan kecil, tetapi stres emosional yang berkepanjangan dapat menyebabkan perubahan kimiawi dan hormonal yang dapat menyebabkan gatal-gatal.

Sebuah studi pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Journal of Formosan Medical Association, mengaitkan peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, dukungan keluarga yang rendah, insomnia, dan gatal-gatal pada 75 peserta.

Ilmuwan lain telah menjelaskan bagaimana "stres kronis dapat menyebabkan disregulasi mediator dan memperburuk patofisiologi penyakit inflamasi yang mendasari."

Dengan kata lain, ketika seseorang stres, reaksi peradangan apa pun cenderung lebih parah pada orang yang rentan terhadap suatu reaksi. Dengan cara ini, gatal-gatal, atau urtikaria, bisa dikaitkan dengan stres.

Baca Juga: 7+ Penyakit Kulit Bayi yang Perlu Diwaspadai, Wajib Tahu!

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Hives di Rumah

cara mengobati penyakit kulit hives dan gambarnya

Foto: Orami Photo Stock

Dalam kebanyakan kasus, pengobatan rumahan menjadi cara mengatasi penyakit kulit hives dan gambarnya. Berikut beberapa cara untuk menenangkan kulit yang gatal:

1. Gunakan Kompres Dingin

Gunakan kompres yang dingin pada kulit karena mampu redakan iritasi. Untuk melakukan ini, ambil sekantong sayuran beku atau bungkus segenggam es dengan handuk dan oleskan ke area yang terkena selama 10 menit. Ulangi sesuai kebutuhan sepanjang hari.

2. Mandi dengan Larutan Anti Gatal

Ada beberapa produk yang bisa ditambahkan ke dalam bak mandi untuk menghilangkan rasa gatal. Ini termasuk oatmeal (khusus dipasarkan sebagai oatmeal koloid untuk mandi) atau satu atau dua genggam soda kue.

3. Hindari Produk Tertentu yang Dapat Mengiritasi Kulit

Sabun tertentu dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan lebih banyak gatal saat mengalami gatal-gatal karena penyakit kulit hives. Pastikan untuk menggunakan sabun yang dipasarkan untuk kulit sensitif.

Selain itu, juga harus menghindari penggunaan pelembap atau losion yang mengiritasi. Jika ragu, pilih formula yang menargetkan kulit sensitif, seperti opsi ini. Mengoleskan segera setelah mandi juga dapat membantu meredakan gatal.

4. Jaga Semuanya Tetap Nyaman

Panas bisa memperburuk rasa gatal. Kenakan pakaian yang ringan dan jaga suhu di rumah tetap sejuk dan nyaman. Hindari duduk di bawah sinar matahari langsung.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Scabies, Keadaan Kulit Akibat Tungau yang Bisa Terjadi Pada Bayi

Pengobatan Alami Penyakit Kulit Hives dan Gambarnya

pengobatan penyakit kulit hives dan gambarnya dengan lidah buaya

Foto: Orami Photo Stock

Pengobatan alami biasanya tidak diatur atau disetujui oleh Food and Drug Administration AS, jadi gunakan dengan hati-hati. Dilansir dari Mayo Clinic, lidah biaya bisa menjadi pengobatan alami penyakit kulit hives dan gambarnya.

Aloe vera adalah tanaman yang dikenal dengan khasiat penyembuhannya. Meskipun merupakan antiinflamasi alami, dapat menyebabkan dermatitis kontak, jadi penting untuk melakukan uji tempel kulit sebelum aplikasi.

Untuk melakukan uji tempel kulit, cukup oleskan sedikit produk ke area kulit yang tidak terpengaruh.

Jika bisa, aplikasikan ke bagian dalam lengan bawah. Jika tidak mengalami iritasi apa pun dalam waktu 24 jam, sebaiknya gunakan pada penyakit kulit hives apapun. Gel atau krim lidah buaya topikal dapat dibeli secara online atau di apotek terdekat.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Hives Lewat Obat-obatan

obat-obatan untuk penyakit kulit hives dan gambarnya

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun sebagian besar penyakit kulit hives dan gambarnya sembuh dalam beberapa minggu tanpa pengobatan khusus, pengobatan berikut mungkin berguna sebagaimana dikutip dari Allergy.org:

  • Antihistamin
  • Kortikosteroid seperti prednison. Ini diresepkan untuk penggunaan jangka pendek karena efek samping dengan penggunaan jangka panjang.
  • Dapsone Ini adalah antibiotik yang juga bisa meredakan kemerahan dan bengkak
  • Omalizumab. Obat suntik ini dapat membantu pasien dengan urtikaria idiopatik kronis (CIU), sejenis gatal-gatal yang dapat bertahan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.
  • Obat lain yang melawan peradangan. Ini mengobati kemerahan dan bengkak.
  • Tanyakan kepada dokter kulit tentang kemungkinan efek samping (masalah kesehatan yang dapat diakibatkan dari obat-obatan).
  • Untuk beberapa kasus gatal-gatal atau angioedema (kondisi yang mirip dengan gatal-gatal, tetapi pembengkakan terjadi lebih dalam di kulit), mungkin memerlukan suntikan epinefrin (suntikan adrenalin).
  • Semua obat memiliki kemungkinan efek samping. Pastikan untuk bertanya kepada dokter kulit tentang kemungkinan efek samping (masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari obat-obatan).

Jika gejala memburuk atau bertahan lebih lama, temui dokter. Mereka dapat mengidentifikasi penyebabnya, dan memberi obat untuk membantu meringankan gejala.

Memahami apa yang menyebabkan penyakit kulit hives dan gambarnya adalah kunci untuk mencegah wabah di masa yang akan datang.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait