Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Jan 7, 2018

Kenali Makanan Yang Boleh Dikonsumsi Maupun Dihindari Penderita Hipertensi

Bagikan



Hingga saat ini, kasus hipertensi belum diketahui jelas apa penyebab spesifiknya. Dalam kehidupan kota besar yang jauh dari gaya hidup sehat, tentu banyak sekali faktor pemicu mengapa hipertensi akhir-akhir ini diderita bukan hanya orang yang sudah berusia lanjut, bahkan banyak golongan usia muda bisa mengidap hipertensi.

Jika Moms sudah terdeteksi mengidap hipertensi, butuh perhatian khusus dalam hal memilih makanan yang boleh dimakan, dan yang perlu dihindari.

Konsumsi

pisang, makanan bagi penderita hipertensi

1. Kentang

Kebanyakan orang awam beranggapan kentang hanya sumber karbohidrat sebagai pengganti nasi. Ternyata kentang juga baik lho untuk penderita darah tinggi. Kandungan kalium dan magnesium dalam kentang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Cara mengolahnya pun perlu diperhatikan, jangan terus mengkonsumsi kentang goreng. Kentang kukus atau panggang jauh lebih sehat dan tentunya tidak kalah nikmat.

2. Pisang

Memang banyak yang suka dengan buah pisang. Selain rasanya enak, juga bisa dijadikan makanan pengganti ketika sedang diet. Pisang juga mengandung kalium yang baik untuk menormalkan tekanan darah.

3. Seledri

Seorang dokter dan medis direktur Hipertensi Institut Nashville di Saint Thomas Hospital bernama Mark Houston menganjurkan pasien pengidap hipertensi untuk mengkonsumsi daun seledri.

Menurutnya ini cara alami untuk menurunkan tekanan darah. Karena seledri mengandung phytochemical yang dikenal sebagai phthalides berfungsi untuk mengendurkan otot pada dinding arteri yang meningkatkan aktivitas aliran darah dan juga berperan mengatur tekanan darah agar kembali normal.

4. Berries

Blueberry, raspberry, dan stroberi adalah jenis buah penurun darah tinggi. Rasanya yang asam manis banyak mengandung vitamin c yang juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan serat, kalium juga sangat membantu tekanan darah menjadi stabil.

5. Brokoli

Semua pasti setuju sayuran yang satu ini kaya akan manfaat. Banyak kandungan gizi seperti serat, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin c semua nutrisi tersebut bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, brokoli juga bermanfat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan.

Baca Juga : Balita Hipertensi, Kok Bisa?

Dihindari

bir, minuman keras, minuman yang harus dihindari penderita hipertensi

1. Daging merah

Untuk penderita hipertensi, hindari mengkonsumsi daging merah. Daging steak dan disiram saus yang mengandung banyak garam. It’s a big NO! Sayangi kesehatan Moms.

Makanan mengandung banyak lemak sangat tidak baik bagi jantung dan pembulu darah. Jadi, ada baiknya coba hindari, boleh cheating, tapi harus menjaga porsi dan makanlah tanpa saus apapun.

2. Alkohol

Jangan merasa minder, jika dalam pergelaran pesta Moms tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Moms perlu berkompromi dengan teman-teman bahwa Moms sedang mengontrol tekanan darah, jika teman-teman Moms menghormati kesehatan Moms, pasti mereka mempersilahkan memilih minuman yang lain. Karena kesehatan lebih penting dari apapun.

3. Makanan tinggi gula dan garam

Memang betul, makanan yang terlalu manis atau mengandung banyak garam dan penyedap dapat menghambat peredaran darah. Contohnya Mie Instan, cookies, keripik kentang, junk food bisa menghambat Moms dalam proses penurunan tekanan darah.

4. Makanan kaleng

Untuk Moms pecinta makanan kaleng, rasanya alasan praktis perlu Moms pertimbangkan deh. Makanan kaleng memang mudah ditemukan dan lebih mudah diolah kembali, namun ternyata mengonsumsinya bisa berakibat buruk bagi penderita hipertensi.

Untuk Moms penderita hipertensi harus stop dulu mengkonsumsi makanan kaleng seperti kornet kalengan, ikan sarden, atau buah-buahan dalam kaleng. Karena makanan kalengan banyak mengandung sodium, ini akan memicu tekanan darah tinggi.

5. Pizza

Moms penderita hipertensi? Penggemar pizza? Ini kabar buruk bagi Moms. Tahukah Moms, jika dalam satu loyang pizza ada campuran potongan daging, berbagai jenis keju dan roti bisa meningkatkan resiko hipertensi. Jadi, mulai hindari pizza yah Ma, jika Moms sayang dengan kesehatan Moms.

Memang rasanya berat sekali menghilangkan kebiasaan makan yang sudah lama diterapkan, tapi tidak ada salahnya mencoba hal baru. Terapkan pola makan yang sehat, olahraga teratur, dan hindari stress sepertinya kunci utama bukan hanya untuk menurunkan darah tinggi, tapi juga untuk menangkal segala jenis penyakit.

Jadi, sudah siap terapkan pola makan sehat tahun ini Ma?

(LMF)

Foto : Shutterstock 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.