2-3 tahun

2-3 TAHUN
27 November 2020

Manfaat Sinbiotik untuk Si Kecil dan Sumbernya

Cegah alergi pada Si Kecil mulai dari sekarang!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebagai orang tua, Moms tentu perlu untuk memerhatikan asupan nutrisi harian anak agar tumbuh kembangnya menjadi optimal.

Tidak hanya mengonsumsi sayur dan buah, protein, karbohidrat, dan lain sebagainya, tetapi juga dengan memberikan susu pertumbuhan untuk Si Kecil yang mengandung probiotik dan prebiotik.

Mengutip Delicious Living, anak-anak usia 1 dan 3 tahun yang minum susu yang diperkaya dengan probiotik dan prebiotik setiap hari selama satu tahun, lebih jarang sakit ketimbang anak-anak yang minum susu tanpa lemak.

Hal ini menurut uji klinis acak baru terhadap 624 anak India dari peneliti Johns Hopkins.

Dalam jurnal Gastroenterology Research & Practice, prebiotik adalah bahan yang difermentasi secara selektif yang menghasilkan perubahan spesifik dalam komposisi dan/atau aktivitas mikrobiota gastrointestinal.

Sementara, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang cukup memberi manfaat kesehatan.

Lalu, ada juga kandungan sinbiotik, yang merupakan kombinasi probiotik dan prebiotik yang diberikan secara bersama. Lalu, apa saja manfaat sinbiotik bagi Si Kecil?

Baca Juga: Ini Cara Membedakan Anak Alergi Dingin atau Pilek

Manfaat Sinbiotik untuk Si Kecil

manfaat sinbiotik-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam saluran cerna Si Kecil, ada bakteri baik atau probiotik yang mendukung daya tahan tubuh dan mencegah pencegahan alergi.

Probiotik harus dijaga dengan baik dan diberikan asupan nutrisi yang juga baik atau prebiotik, untuk mendukung keseimbangan mikrobiota saluran cerna.

“Sumber makanan atau prebiotik harus mengandung yang baik-baik supaya kerjanya bagus, prebiotik seperti harus mengandung FOS:GOS sebagai sumber makanan probiotik. Apabila keduanya bergabung, maka saluran cerna Si Kecil akan terjaga dan imunitasnya kuat sehingga ia tidak mudah sakit,” ujar dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak.

Lalu, apa saja yang menjadi manfaat sinbiotik? Simak lebih lanjut penjelasannya berikut ini, Moms.

1. Mencegah Terjadinya Alergi

Lebih lanjut, dr. Attila menjelaskan bahwa sinbotik merupakan gabungan dari prebiotik dan probiotik.

Kandungan sinbiotik dipercaya dapat meningkatkan dan menyeimbangkan jumlah bakteri baik di usus, serta dapat mengurangi risiko alergi pada anak.

Mengutip American College of Allergy, Asthma & Immunology, gejala alergi pada anak bermacam-macam, seperti bersin, gatal-gatal, sesak napas, batuk dan pilek, dan sakit perut.

Baca Juga: Alergi Telur pada Anak: Gejala dan Cara Mengatasinya

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kandungan sinbiotik dipercaya dapat meningkatkan dan menyeimbangkan jumlah bakteri baik di usus, serta dapat mengurangi risiko alergi pada anak.

“Sinbiotik adalah kombinasi prebiotik dan probiotik yang keduanya harus bekerja sama dengan baik, agar dapat meningkatkan imunitas saluran cerna," jelas dr. Attila.

Tak hanya itu, kandungan sinbiotik juga dapat menguatkan imunitas saluran cerna Si Kecil, sehingga ia menjadi jarang sakit atau mengalami diare, dan dapat mendukung tumbuh kembangnya agar lebih maksimal.

3. Bantu Atasi Gangguan Cerna

Mengutip Health, ide di balik sinbiotik adalah bahwa menambahkan prebiotik ke suplemen probiotik dapat membantu memastikan bahwa mikroorganisme yang ramah pencernaan bisa sampai di usus dalam keadaan hidup dan sehat.

Selain itu, suplemen ini dikatakan sangat berguna untuk orang dengan kondisi seperti IBS (irritate bowel syndrome), gangguan usus lain, dan diabetes.

"Karena probiotik dan prebiotik bekerja sama, sinbiotik mungkin sangat penting," jelas Cynthia Sass, RD, editor nutrisi kontribusi Kesehatan.

Baca Juga: Ketahui 10 Jenis Alergi pada Anak, dan Cara Mengatasinya

Sumber Sinbiotik yang Bisa Dikonsumsi

sumber sinbiotik

Foto: Orami Photo Stock

Moms telah mengetahui ragam manfaat sinbiotik untuk Si Kecil. Lalu, dari mana sumber makanan sinbiotik yang bisa diberikan untuk Si Kecil?

1. Miso

Mengutip Sha Wellness Clinic, miso merupaka pasta yang diperoleh dari fermentasi bakteri dari kedelai matang dan biji-bijian lainnya.

Ini digunakan untuk membuat sup miso yang terkenal dan juga dapat digunakan untuk memfermentasi sayuran atau tahu dan bahkan untuk membuat saus yang lezat.

Miso dapat menjadi sumber sinbiotik yang bisa dikonsumsi.

2. Tempe

Tentu Moms sudah tahu kandungan protein yang bagus pada tempe. Selain itu, tempe juga bisa menjadi sumber sinbiotik yang bisa diberikan untuk Si Kecil.

Tempe merupakan makanan yang kaya akan prebiotik. Jenis serat ini dapat mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan anak.

3. Air Susu Ibu (ASI)

Tahukah Moms, bahwa ASI juga mengandung kandungan sinbiotik yang tentunya bermanfaat untuk Si Kecil.

Dalam jurnal Frontiers in Pediatrics, ASI tidak hanya memberikan nutrisi kepada bayi, tetapi juga merupakan sumber probiotik (mikrobiota susu) dan prebiotik (HMO) yang berkontribusi pada pembentukan mikrobiota usus bayi.

Karena itu, penting bagi Si Kecil untuk mendapatkan asupan ASI untuk mengoptimalkan daya tahan tubuhnya, sehingga ia bisa bertumbuh dan berkembang secara optimal.

4. Susu Pertumbuhan dengan Kandungan Sinbiotik

Seperti yang sudah disebutkan, manfaat sinbiotik selanjutnya adalah bantu mencegah risiko sensitivitas pada Si Kecil. Karena itu, Moms dapat memberikan susu pertumbuhan dengan kandungan sinbiotik.

Nutrilon mengeluarkan susu pertumbuhan Nutrilon Prosyneo dengan teknologi advanced innovation sinbiotik (SYNEO Engine) yang merupakan kombinasi sinbiotik unik yang bersinergi dan telah dipatenkan.

Kandungan ini terdiri dari prebiotik FOS:GOS (1:9) dan probiotik B.breve yang terbukti secara klinis dapat mendukung sistem imun dalam menurunkan risiko alergi Si Kecil.

Selain itu, susu formula ini juga diformulasikan oleh Nutricia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun riset di bidang alergi dan imunologi.

Karena itu, untuk mencari tahu lebih lanjut seputar pencegahan alergi, Moms dapat mencari tahu risiko alergi Si Kecil dengan mengunjungi Allergy Prevention Kit Digital.

Risiko alergi pada anak penting diketahui untuk menentukan tindakan pencegahan alergi yang diperlukan.

Yuk Moms #CegahAlergiSekarang sebelum terlambat!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait