Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Nutrisi Ibu Hamil | Feb 13, 2018

Kenali Sumber Protein Penting Bagi Ibu Hamil!

Bagikan


Mengapa protein kehamilan begitu penting? Protein kehamilan adalah komponen penyusun sel vital yang digunakan tubuh untuk menciptakan kulit, otot, rambut, dan tulang.

Itulah sebabnya mengapa protein penting saat hamil sangat dibutuhkan, baik untuk bayi (untuk memastikan pertumbuhan normal dan mencegah berat lahir rendah) dan untuk Moms (untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh).

Asupan nutrisi seimbang sebaiknya dipersiapkanĀ  oleh calon ibu jauh sebelum kehamilan, Dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinis menjelaskan. Setiap hari, wanita perlu menerapkan pola makan sehat supaya zat gizi seimbang terpenuhi, sehingga kelak saat hamil dan melahirkan, ia memiliki cadangan nutrisi yang mencukupi.

Manfaat Protein Kehamilan

Berikut ini adalah beberapa manfaat protein penting saat hamil untuk tubuh Moms dan janin.

1. Penting untuk pertumbuhan

Protein kehamilan tidak hanya membantu Moms tumbuh, tetapi juga penting bagi pertumbuhan bayi. Menurut What To Expect, pada usia 37 minggu, otak bayi membutuhkan protein penting saat hamil yang akan membantu perkembangan otak dan membantu tumbuh dan berkembang menjadi sehat dan berfungsi penuh.

2. Menghasilkan zat besi

Natural Baby Pros menyatakan bahwa volume darah seorang wanita meningkat secara dramatis selama kehamilan. Protein kehamilan menghasilkan jumlah sel darah yang tepat dan membantu tubuh memproduksi zat besiā€•nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan yang membantu Moms mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

3. Mewujudkan kehamilan sehat

What To Expect menyarankan agar Moms mengkonsumsi tiga porsi protein kehamilan (sekitar 75 gram) setiap hari untuk membantu menyingkirkan berbagai masalah selama kehamilan.

4. Menurunkan berat badan

Jenis protein yang Moms makan dapat berperan dalam keberhasilan penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan. Frank Hu, MD, PhD, asisten profesor di Departemen Nutrisi di Harvard University School of Public Health di Boston menyatakan bahwa ada beberapa bukti bahwa konsumsi makanan berprotein tinggi menyebabkan penurunan lemak secara signifikan.

Baca Juga: Makanan Sehat Kaya Omega 3 Untuk Ibu Hamil

Apakah Sumber Protein Penting Saat Hamil?

Dr. Frank Hu dan para ahli gizi lainnya menganjurkan agar mendapatkan protein kehamilan dari sumber protein penting saat hamil berikut:

Ikan: mengandung asam lemak omega-3 untuk kesehatan jantung dan umumnya kurang berlemak dibanding daging. Namun, tetap batasi beberapa jenis ikan laut yang mengandung merkuri yang berbahaya bagi kehamilan dan kesehatan janin.

Unggas: sebagian besar lemak jenuh dapat dihilangkan dengan menyingkirkan kulitnya.

Daging merah: tidak hanya lebih sehat bagi jantung dan menjaga berat badan tetap ideal, daging merah merupakan sumber protein yang memberikan variasi pada makanan kehamilan yang sehat. Pilihlah daging tanpa lemak sebagai sumber protein protein penting saat hamil.

Polong-polongan: mengandung lebih banyak protein dibanding protein nabati lainnya. Selain itu, jenis polong-polongan penuh dengan serat yang membantu merasa kenyang berjam-jam.

Kacang-kacangan: kaya akan asam amino dan protein yang dibutuhkan untuk produksi sel janin dan dapat dikombinasikan dengan makanan kaya protein lainnya untuk menambah variasi nutrisi.

Biji-bijian: selain mengandung protein, juga memiliki serat yang penting.

Susu atau produk unggas lainnya: Selain kaya akan asam lemak omega-3 juga memberikan nutrisi tambahan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin serta protein yang tinggi.

Tahu dan kedelai: Tahu dan produk berbasis kedelai lainnya juga merupakan sumber protein yang baik dan bisa digunakan dengan berbagai resep untuk menambahkan protein kehamilan.

Suplemen protein kehamilan: yang dapat membantu meningkatkan nutrisi protein penting saat hamil bila diperlukan selama kehamilan. Namun, suplemen protein paling baik digunakan atas saran dokter.

Apakah Moms sudah menambahkan protein kehamilan pada menu harian?

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.