Kesehatan

6 Mei 2019

Kenapa Anak Sering Menangis di Malam Hari?

Biasanya anak merasa tidak nyaman, makanya sering menangis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Anak saya umur 12 bulan, kalau malam suka terbangun dan menangis. Tapi kalau siang, dia tidur nyenyak.

Kalau bangun malam itu, biasanya dia minta susu tapi sekarang ini kalau dikasih susu tetap menangis. Sudah digendong juga tetap menangis. Saya bingung menghadapinya. Mohon petunjuknya.

Jawab:

Anak bayi memang belum bisa mengekspresikan apa yang dirasakannya, apakah sedang merasa lapar tidak nyaman atau yang lainnya, sehingga jadinya yang terlihat yaitu Si Kecil akan jadi menangis.

Bila anak menangis memang kemungkinannya adalah lapar, jadi bisa dicoba diberikan ASI untuk mengatasinya. Bila bukan karena hal itu maka bisa saja anak sedang dalam kondisi yang tidak nyaman, Anda bisa menggendongnya di sekeliling kamar atau menggendongnya bergantian dengan sang ayah, biasanya posisi dengan disampirkan kepalanya ke pundak anda dapat membuat bayi nyaman.

Akan tetapi bila tidak bisa juga mengatasinya, maka kemungkinan anak anda dalam kondisi kepanasan atau kedinginan, perubahan suhu ruangan sering memengaruhi mood bayi, jaga agar suhu ruangan tetap nyaman bagi bayi.

Bisa juga Anda sedang buang air kecil atau buang air besar sehingga pada area genital yang lembap membuatnya juga tidak nyaman, sehingga popoknya harus segera diganti. Namun, bisa juga anak dalam kondisi kesehatan yang kurang baik sehingga rewel. Anda harus mengamatinya dengan teliti bila terjadi gejala-gejala pada anak anda misal demam, batuk atau pilek.

Dijawab oleh dr. Ni Putu Tesi Maratni

Sumber: meetdoctor.com

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait