Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Nov 25, 2018

Kenapa Kita Sering Mimpi Aneh Saat Sakit?

Bagikan


Pernahkah Moms mengalami mimpi aneh atau buruk ketika sakit? Sebagian Moms pasti pernah mengalaminya.

Kondisi tubuh ternyata memang mempengaruhi cara kerja otak kita, termasuk bagian otak yang berfungsi untuk mengatur mimpi. Jadi apa alasan kita sering mimpi aneh saat sakit?

Kesehatan Fisik Mempengaruhi Mimpi

Dikutip dari Sciencefocus.com, suhu tubuh yang tinggi saat mengalami demam bisa memicu otak untuk memunculkan halusinasi dan imajinasi, termasuk mimpi aneh atau buruk yang Moms alami.

Hal tersebut dibenarkan psikolog klinis Dr. Michael Breus. Dia mengatakan, seluruh bagian tubuh saling terhubung dan saling mempengaruhi.

“Mimpi muncul di otak yang artinya dipengaruhi oleh kesehatan mental. Tapi, kesehatan fisik juga mempengaruhi sebanyak 25-30 persen,” ungkap Dr. Breus seperti dikutip dari Bustle.com.

Baca Juga: Sering Mimpi Saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya!

Suhu Tubuh jadi Pemicu Utama Munculnya Mimpi Aneh

Salah satu alasan mengapa mimpi dipengaruhi oleh kesehatan fisik adalah karena adanya hubungan antara siklus tidur dan suhu tubuh.

Dr. Breus mengatakan, di akhir siklus tidur, di mana mimpi paling sering muncul, suhu tubuh biasanya lebih rendah.

“Namun, jika sedang mengalami flu dan demam, kondisinya jadi sedikit berubah. Suhu tubuh yang tinggi akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur suhu tubuh dan hal tersebut secara langsung mempengaruhi mimpi dan atau membuat seseorang sulit tidur,” paparnya.

Saat mencapai fase tidur REM (rapid eye movement), fungsi tubuh untuk mengatur suhu akan beristirahat. Akibatnya, saat demam tinggi, suhu badan bisa makin meningkat saat memasuki fase tidur REM.

Suhu tubuh yang tinggi itu membuat otak menjadi panas dan sangat aktif padahal harusnya tubuh beristirahat. Ini yang menyebabkan terjadinya mimpi buruk.

Baca Juga: Ini Nih 8 Mimpi yang Jadi Pertanda Akan dapat Rezeki Melimpah

Pikiran Buruk dan Obat-obatan Mempengaruhi Mimpi Aneh

Hal lain yang berkontribusi dalam mempengaruhi mimpi adalah pikiran saat kita terbangun, terutama sesaat sebelum tertidur.

Saat memikirkan kondisi kesehatan yang sedang menurun, seseorang kemungkinan besar menghasilkan mimpi buruk.

“Misalnya seseorang sedang mengalami sakit di area tulang belakang, mimpi yang akan muncul bisa jadi kejadian yang menyebabkan sakit tersebut,” kata Dr. Breus.

Selain demam tinggi dan rasa sakit, obat-obatan yang dikonsumsi selama masa penyembuhan juga bisa menimbulkan mimpi buruk.

Antibiotik, antihistamin, dan obat untuk tekanan darah berisiko menyebabkan gangguan tidur dan mimpi buruk.

Itulah mengapa saat sakit Moms mengalami mimpi aneh. Agar tidak mengalami mimpi buruk saat sakit, Moms bisa melakukan antisipasi.

Salah satunya dengan menjaga suhu ruangan tempat Moms tidur agar tidak terlalu panas maupun terlalu dingin. Dengan begitu, suhu badan Moms akan lebih stabil selama tidur.

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.