Rupa-rupa

RUPA-RUPA
11 Maret 2021

9 Kerajinan dari Barang Bekas yang Bisa Dibuat di Rumah, Bisa Jadi Cuan!

Barang bekas yang tadinya tak terpakai, kini bisa menjadi benda yang mendatangkan keuntungan lho Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Rizky
Disunting oleh Intan Aprilia

Waktu senggang memang sebaiknya diisi dengan hal-hal yang positif. Namun, terkadang Moms pasti bingung harus melakukan kegiatan positif seperti apa, terlebih jika Moms kurang suka aktivitas seperti olahraga, membaca, atau sebagainya. Salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat adalah membuat kerajinan dari barang bekas yang ada di rumah.

Selain mengisi waktu luang, Moms juga bisa lebih produktif. Membuat kerajinan dari barang bekasbisa mengasah kreativitas Moms yang mungkin sudah jarang digunakan akibat terlalu sibuk mengurus pekerjaan dan urusan rumah tangga.

Terlebih lagi, jika barang yang Moms buat ternyata bagus dan bermanfaat untuk orang lain, bisa saja ini menghasilkan keuntungan.

Baca Juga: Barang Menumpuk Tak Terpakai? Akali Dengan 5 Trik Ini

Berbagai Kerajinan dari Barang Bekas

Buat Moms yang ingin mencoba mengisi waktu luang dengan cara yang lebih positif, berikut ini adalah beberapa kerajinan dari barang bekas yang bisa Moms coba buat di rumah!

1. Kerajinan dari CD Bekas

Kerajinan dari CD Bekas

Foto: flickr.com

Mungkin sebelum ada layanan televisi internet atau streaming musik seperti sekarang, Moms adalah salah satu orang yang sering menghabiskan uang untuk beli CD film atau musik.

Namun, kini pasti semua CD-CD bekas itu sudah tidak ada gunanya lagi, dan inilah waktunya Moms mengandalkan kreativitas yang Moms miliki untuk membuat kerajinan yang memiliki nilai seni.

Ada banyak jenis kerajinan dari barang bekas seperti CD yang bisa Moms buat. Mulai dari hiasan dinding, hiasan untuk gitar, atau bahkan patung.

Moms bisa menghancurkan CD bekas menjadi beberapa kemudian dan kemudian menempelkannya satu sama lain hingga membentuk motif yang indah. Moms hanya membutuhkan gunting, CD bekas, dan lem. Voila!

Dengan kreativitas yang Moms miliki, Moms bisa membuat berbagai kerajinan yang indah untuk menghiasi rumah.

2. Kerajinan dari Plastik Kemasan Bekas

Kerajinan dari Plastik Kemasan Bekas

Foto: indonesiagreenenergy.files.wordpress.com

Beberapa waktu lalu, kerajinan dari plastik kopi instan atau bahkan minyak yang dibuat menjadi tas sempat naik daun.

Banyak komunitas ibu yang dengan kreatifnya membuat tas dari plastik bekas yang mereka anyam hingga menjadi tas, tempat tisu, dan banyak barang bagus lainnya.

Dengan begini, plastik bekas bungkus kopi, mi instan, minyak, sabun, atau apa saja yang tadinya tak memiliki nilai harga, kini telah menjadi barang yang bisa Moms jual.

Bahkan tak jarang ada saja organisasi yang memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk diajarkan cara membuat kerajinan yang bisa menghasilkan keuntungan ini.

Selain itu, dengan memanfaatkan plastik bungkus bekas ini, Moms telah membantu untuk menjaga lingkungan dari limbah-limbah plastik.

3. Kerajinan dari Botol Bekas

Kerajinan dari Botol Bekas

Foto: youtube.com

Selain CD dan plastik kemasan makanan bekas, salah satu barang bekas yang kerap disulap menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual adalah botol bekas.

Meskipun botol plastik bekas bisa didaur ulang, namun, tak ada salahnya untuk mengkreasikan mereka menjadi barang-barang yang indah. Mulai dari tempat perhiasan, bunga, lampu, dompet, dan sebagainya.

Ada banyak model yang bisa Moms ikuti di internet. Dengan ketelitian, kesabaran, dan pastinya kreativitas, botol-botol plastik yang sebelumnya hanyalah sampah kini menjadi barang yang memiliki harga jual.

Dengan strategi pemasaran yang tepat, bukan tidak mungkin Moms akan mendapatkan banyak keuntungan dari kerajinan botol bekas ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Hutan Bakau untuk Lingkungan yang Wajib Kita Tahu!

4. Membuat Bunga dari Kertas atau Sedotan

Membuat Bunga dari Kertas atau Sedotan

Foto: idntimes.com

Kerajinan dari barang bekas selanjutnya yang dahulu sempat populer adalah membuat bunga dari kertas atau sedotan bekas.

Pembuatan bunga dari sedotan atau kertas bekas memang menjadi salah satu kerajinan yang cukup umum ditemui karena pada dasarnya cara membuatnya sangat sederhana dan bahan yang digunakan tidak sulit ditemukan.

Moms bisa juga memanfaatkan kertas bekas untuk paper quilling, yaitu seni menyusun potongan-potongan kertas kecil menjadi sebuah bentuk yang sangat detail.

5. Kerajinan dari Kaleng Bekas

Kerajinan dari Kaleng Bekas

Foto: hipwee.com

Salah satu limbah yang dikenal cukup sulit terurai oleh tanah adalah kaleng bekas. Bahkan, jika Moms membiarkan kaleng bekas berhamburan dan terbuka, ia bisa saja menjadi sarang nyamuk demam berdarah saat memasuki musim penghujan.

Jadi, jika Moms memiliki kaleng bekas, sebaiknya jangan langsung dibuang. Moms bisa mencucinya dan membuatnya menjadi berbagai barang bermanfaat. Mulai dari tempat pensil, tempat sendok, bahkan miniatur kendaraan.

Memang dibutuhkan keterampilan khusus untuk membuat miniatur benda dari kaleng bekas, namun sudah dipastikan miniatur ini bisa dijual dengan harga yang tidak murah.

Baca Juga: Cara Menanam Bawang Putih di Rumah, Mudah dan Menyenangkan!

6. Vas Bunga dari Bohlam Bekas

Vas Bunga dari Bohlam Bekas

Foto: ilmupot.com

Mulai sekarang, sebaiknya Moms tidak membuang begitu saja lampu bohlam kamar atau rumah yang sudah tidak terpakai. Moms bisa mengubahnya menjadi vas bunga yang cantik dan unik.

Daripada sekedar asal buang saat sudah tidak bisa menyala, bohlam-bohlam ini bisa dikreasikan untuk menjadi pajangan yang mempermanis sudut rumah Moms.

7. Kerajinan dari Kardus Bekas

Kerajinan dari Kardus Bekas

Foto: moondoggiesmusic.com

Salah satu kerajinan dari barang bekas yang paling umum adalah menggunakan kardus bekas. Moms juga pasti sangat sering menjumpai kardus bekas yang tidak terpakai.

Jadi, daripada dibuang begitu saja, Moms bisa memanfaatkannya menjadi barang yang bernilai lagi.

Ada banyak jenis kerajinan tangan dari kardus bekas yang bisa Moms buat. Mulai dari miniatur rumah, tempat penyimpanan barang yang dimodifikasi terlebih dahulu, hingga mainan anak-anak.

Bahkan sudah banyak pembuat mainan anak yang hanya bermodalkan kardus. Tidak jarang mainan tersebut pun bisa dijual dengan harga yang tinggi karena bermodalkan kreativitas.

Jika Moms ingin mencoba membuatnya, mungkin Moms bisa menemukan tutorial cara membuatnya di internet.

Meski awalnya akan sulit dilakukan, namun jangan patah semangat ya Moms untuk mendapatkan barang kerajinan yang menarik perhatian anak.

Baca Juga: Tak Suka Jika Rumah Berantakan? 4 Trik Ini Akan Membuat Moms Stop Menimbun Barang

8. Membuat Baju Tie-Dye dari Baju Bekas

Membuat Baju Tie-Dye dari Baju Bekas

Foto: blog.alfacart.com

Apakah Moms memiliki baju, kemeja, sweater, kain, atau hoodie yang sudah tampak usang dna warnanya semakin memudar?

Sebaiknya jangan langsung dibuang ya Moms, karena belakangan ini motif tie-dye dari pakaian bekas kembali naik daun.

Moms bisa menggunakan bahan-bahan pewarna khusus atau menggunakan pemutih saja untuk membuat motif tie-dye pada pakaian bekas yang Moms memiliki.

Cara membuat kerajinan dari barang bekas yang satu ini mudah dan Moms bisa melihatnya di internet.

Berbagai motif pun tersedia dengan teknik yang berbeda. Baju yang sebelumnya hendak dibuang ini pun kini mungkin akan menjadi salah satu pakaian favorit Moms.

9. Sarung Tangan atau Kaos Kaki Bekas Menjadi Boneka

Sarung Tangan atau Kaos Kaki Bekas Menjadi Boneka

Foto: mikircara.blogspot.com

Sarung tangan rajut atau kaos kaki ternyata juga bisa dibuat boneka mini.

Cara membuatnya juga cukup sederhana karena Moms hanya membutuhkan bahan tambahan seperti kapuk untuk menjadi isian boneka.

Bentuk bonekanya juga bisa Moms kreasikan, Moms bisa membuatnya menjadi seperti boneka teddy bear milik Mr. Bean atau karakter lain yang Moms suka.

Boneka-boneka bekas ini pun bisa saja menjadi mainan favorit anak-anak untuk dimainkan bersama teman-temannya.

Baca Juga: Merasa Takut dengan Boneka? Jangan-jangan Moms Alami Pediophobia

Itulah beberapa kerajinan dari barang bekas yang bisa Moms buat di rumah. Yang paling penting, Moms harus punya niat dan ketekunan untuk mengubah barang-barang bekas ini menjadi sesuatu yang berharga. Semoga menginspirasi ya Moms dan selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait