Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Makanan | Feb 3, 2018

Harus Tahu, 4 Kesalahan Saat Memasak Ini Bikin Badan Susah Turun

Bagikan


Membiasakan memasak makanan sendiri di rumah merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh kita lebih sehat. Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Publik Health Nutrition pada 2015 menemukan bahwa memasak di rumah dapat membantu kita mengonsumsi lebih sedikit lemak, karbohidrat, dan gula dibandingkan kalau makan di restoran.

Namun, itu tidak berarti kita boleh makan apa saja setiap hari. “Makanan rumahan sama tidak sehatnya dengan di restoran bila kita menggunakan bahan-bahan yang tidak sehat, metode memasak yang salah dan tidak memerhatikan porsi,” kata Jackie Topol, MS, RD, ahli gizi di New York City.

Berikut ini kesalahan memasak yang malah bisa membuat berat badan bertambah.

Baca juga: Yuk Bikin Sate Daging Sapi yang Cocok Disajikan untuk Keluarga!

Terlalu banyak minyak

Menurut Topol, banyak orang tidak menyadari berapa kalori yang mereka konsumsi ketika menambahkan terlalu banyak minyak ke dalam masakan mereka. Makanan dapat menyerap minyak dan itu akan menambah kalori pada tubuh kita.

Gunakan selalu lemak sehat seperti minyak zaitun saat memasak. Takarannya tidak boleh terlalu bayak, cukup 2 sendok teh yang mengandung sekitar 80 kalori.

Patuh pada resep

Senang menonton acara memasak di televisi? Resep yang kita lihat di TV mungkin terlihat lezat, tapi mungkin tidak begitu bagus untuk ukuran pinggang kita. Karena itu, jangan ragu untuk beradaptasi dari setiap resep yang kita dapat.

Jika sebuah resep menggunakan pasta biasa, tukarlah dengan gandum utuh sehingga kita mendapat sentuhan ekstra sehat. Atau, jangan ragu untuk membagi dua setiap takaran dari bahan-bahan yang digunakan.

Baca juga: Lezat! Begini Cara Membuat Tauge Goreng Khas Bogor

Mengabaikan rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kunyit, jahe, lengkuas, dan sebagainya, bisa menambahkan rasa sekaligus mengurangi jumlah kalori. Selain itu, rempah-rempah juga mengandung antioksidan, yang bisa membantu menangkis penyakit tertentu.

Mulailah bereksperimen dengan bumbu dan rempah-rempah dalam masakan kita. Misalya, taburi kunyit saat memasak nasi goreng, dan lainnya.

Baca juga: Cara Membuat Ayam Ungkep Bumbu Kuning yang Cocok Dimakan Bersama Nasi

Rajin mencicipi masakan

Sering mencicipi masakan yang sudah matang? Itu salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Selama ini kita mungkin menganggap, mengigit satu atau dua potong makanan tidak akan membuat kalori melonjak.

Padahal, jika tidak hati-hati, niat hanya menggigit satu potong bisa bertambah menjadi dua, tiga, dan seterusnya.

Itulah beberapa hal yang membuat kalori bertambah dan kita sulit langsing meski kita sudah makan makanan rumah. Lebih hati-hati ya!

Ditinjau oleh dr. Jezy Reisya Pranasari

Sumber: meetdoctor.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.