Kesehatan

6 Juni 2021

Kenali Fungsi, Penyebab, dan Cara Mengobati Masalah Kesehatan Prostat

Kenali gangguan-gangguan kesehatan prostat yang umum di sini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Tahukah Moms dan Dads, ada satu organ reproduksi yang hanya dimiliki pria dan memiliki beberapa fungsi vital bagi keberlangsungan sistem reproduksi pria? Organ ini adalah prostat.

Yuk simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai prostat, penyakit yang terkait, dan cara pencegahannya!

Mengenal Lebih Dalam Tentang Prostat

mengenal prostat

Foto: Orami Photo Stock

Prostat adalah organ berukuran kecil dan bertekstur lunak yang hanya terdapat dalam sistem reproduksi pria.

Prostat merupakan salah satu organ dalam sistem reproduksi yang terletak di bawah kandung kemih dan memiliki fungsi dalam memproduksi cairan semen.

Organ ini merupakan salah satu bagian dari anatomi seksual atau reproduksi pria, bersama bagian lainnya, yaitu penis, skrotum, dan testis.

Lokasi prostat berada di dalam panggul, di antara penis dan kandung kemih. Uretra, saluran yang membawa urin dan air mani keluar dari tubuh, melewati prostat. Karena prostat mengelilingi uretra, masalah prostat dapat memengaruhi aliran urin.

Dalam jurnal Informed Health, kelenjar prostat dikelilingi oleh jaringan ikat yang mengandung banyak serat otot polos dan jaringan ikat elastis, sehingga terasa sangat elastis saat disentuh saat diperiksa.

Ada juga banyak sel otot polos di dalam prostat. Selama ejakulasi, sel-sel otot prostat berkontraksi dan dengan kuat menekan cairan yang telah disimpan di prostat ke dalam uretra.

Hal ini menyebabkan cairan dan sel sperma, bersama dengan cairan dari kelenjar lain, bergabung membentuk air mani, yang kemudian dilepaskan.

Baca Juga: Suami Memiliki Sperma Abnormal, Bisakah Hamil?

Fungsi Prostat

Fungsi prostat

Foto: Freepik.com

Meski fungsi prostat tidak terlalu esensial bagi tubuh pria secara keseluruhan, tetapi sangat berfungsi dan berpengaruh penting terhadap kesuburan. Berikut ini beberapa fungsi dari organ prostat:

1. Membantu Memproduksi Air Mani

Fungsi utama prostat adalah menyumbangkan cairan prostat ke air mani. Prostat menyumbang antara 20-30% cairan ke total volume semen.

Cairan prostat mengandung komponen yang membuat air mani menjadi zat yang ideal untuk ditinggali sel sperma, termasuk enzim, seng, dan asam sitrat.

Salah satu enzim penting adalah prostate-specific antigen (PSA), yang membantu membuat air mani lebih encer dan lebih banyak cairan. Cairan dalam air mani membantu sperma melakukan perjalanan ke uretra dan bertahan dalam perjalanan menuju sel telur, yang penting untuk reproduksi.

Cairan prostat sedikit asam, bertujuan untuk melawan keasaman vagina dan melindungi sperma dari kerusakan.

2. Menutup Uretra Saat Ejakulasi

Selama ejakulasi, prostat berkontraksi dan menyemprotkan cairan prostat ke dalam uretra. Di sini, cairan prostat bercampur dengan sel sperma dan cairan dari vesikula seminalis untuk membuat air mani, untuk kemudian dikeluarkan oleh tubuh.

Ketika prostat berkontraksi selama ejakulasi, prostat menutup bukaan antara kandung kemih dan uretra, mendorong keluarnya air mani dengan cepat.

Inilah sebabnya, dalam situasi anatomi normal, tidak mungkin buang air kecil dan ejakulasi secara bersamaan.

Baca Juga: 7 Hal Yang Tanpa Disadari Dapat Membunuh Sperma

3. Metabolisme Hormon

Prostat membutuhkan androgen, yang merupakan hormon seks pria, seperti testosteron agar berfungsi dengan baik.

Prostat mengandung enzim yang disebut 5-alpha-reductase, yang mengubah testosteron menjadi bentuk aktif secara biologis yang disebut dihidrotestosteron (DHT).

Dikutip dari jurnal Endocrine Review, hormon ini penting untuk perkembangan dan fungsi prostat yang normal. Pada pria yang sedang beranjak dewasa, hal ini sangat penting untuk pengembangan karakteristik seks sekunder, seperti rambut wajah.

4. Berfungsi Sebagai Filter

Dikutip dari Prostate Cancer News Today, kelenjar prostat bertindak sebagai filter untuk sperma, membuang racun yang akan menghambat sperma melakukan tugasnya.

Dipercaya bahwa peningkatan risiko penyakit prostat akibat terdapat lebih banyak racun di udara yang kita hirup dan makanan yang kita makan, sehingga prostat harus bekerja lebih keras.

5. Mengontrol Aliran Urin

Prostat mengontrol aliran urin ke uretra dan menghentikan urin meninggalkan kandung kemih sampai seorang pria perlu buang air kecil. Prostat juga memastikan bahwa tidak ada urin yang bercampur dengan sperma saat seorang pria berejakulasi.

Baca Juga: Manfaat Sunat untuk Kesehatan dan Agama, Bisa Cegah Kanker Penis

Penyebab Gangguan Prostat

Penyebab gangguan prostat

Foto: Freepik.com

Terkadang fungsi organ dalam tubuh tidak selalu berjalan secara lancar dan sehat. Beberapa faktor pemicu dapat membuat suatu organ mengalami gangguan, tidak terkecuali organ prostat ini.

Dilansir dari Medical News Today, terdapat beberapa gangguan atau penyakit yang bisa menyerang prostat. Yuk, kita bahas apa saja beserta penyebabnya!

1. Prostatitis

Prostatitis merupakan salah satu penyakit pembengkakan atau peradangan prostat yang paling umum terjadi pada pria di bawah 50 tahun. Prostatitis akut adalah peradangan prostat yang tiba-tiba.

Penyebab gangguan prostat ini bisa terjadi karena infeksi bakteri. Biasanya muncul tiba-tiba dan sembuh dengan cepat dengan pengobatan antibiotik yang tepat.

Ketika peradangan prostat berlangsung lebih dari 3 bulan, gangguan ini dikenal sebagai prostatitis kronis, atau sindrom nyeri panggul kronis.

2. Pembesaran Prostat

Prostat yang membesar atau juga dikenal sebagai benign prostatic hypertrophy (BPH), adalah masalah prostat yang juga umum terjadi pada pria berusia di atas 50 tahun.

Gejala gangguan prostat ini adalah ketika kelenjar prostat membesar, prostat menekan dan menjepit uretra, kemudian mempersempit saluran uretra.

Penyempitan uretra dan berkurangnya kemampuan untuk mengosongkan kandung kemih menyebabkan banyak masalah yang terkait dengan kondisi ini. Saat kondisi ini berlanjut, kandung kemih mungkin menjadi lebih lemah dan tidak dapat mengosongkan diri dengan benar.

Prostat yang membesar mengakibatkan sulit buang air kecil, dalam kasus yang jarang terjadi dan lebih serius, kondisi ini dapat mencegah buang air kecil sama sekali.

Penyebab pasti BPH hingga kini belum diketahui, namun para ahli menduga hormon pria yang berubah seiring usia menjadi pemicunya.

3. Kanker Prostat

Menurut American Cancer Society, kanker prostat adalah bentuk kanker paling umum pada pria setelah kanker kulit. Kanker ini memengaruhi sekitar 1 dari 9 pria selama hidup mereka.

Rata-rata, orang menerima diagnosis kanker prostat pada usia 66 tahun.

Sama seperti beberapa jenis kanker lain, kanker prostat belum diketahui penyebab pastinya. Namun beberapa faktor risiko seperti obesitas, genetik, dan usia meningkatkan peluang terkena kanker prostat.

Baca Juga: Selain Makan Sehat, 5 Hal Ini Memaksimalkan Kualitas Sperma

Cara Mengobati Gangguan Prostat

Cara mengobati prostat yang bermasalah

Foto: Freepik.com

Selain dengan menerapkan pola hidup sehat yang akan menjaga kesehatan prostat pada pria, ada beberapa cara mengobati gangguan kesehatan pada prostat untuk masing-masing penyakit.

Berikut adalah beberapa cara mengobati gangguan prostat:

1. Prostatitis

Cara mengobati prostatitis tergantung pada penyebabnya. Beberapa pengobatan yang biasanya diberikan oleh dokter, yaitu:

  • Antibiotik. Minum antibiotik adalah pengobatan yang paling sering diresepkan untuk prostatitis. Dokter akan memilih obat berdasarkan jenis bakteri yang mungkin menyebabkan infeksi. Jika memiliki gejala yang parah, mungkin memerlukan antibiotik intravena (IV).
  • Penghambat alfa. Obat-obatan ini membantu mengendurkan leher kandung kemih dan serat otot tempat prostat bergabung dengan kandung kemih. Perawatan ini mungkin meredakan gejala, seperti nyeri saat buang air kecil.
  • Agen anti-inflamasi. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) untuk meringankan gejala-gejala ketidaknyamanan.

2. Pembesaran Prostat

Berbagai macam perawatan tersedia untuk prostat yang membesar, termasuk pengobatan, terapi invasif minimal, dan pembedahan.

Pilihan pengobatan terbaik bergantung pada beberapa faktor, termasuk ukuran prostat, usia, kesehatan secara keseluruhan, jumlah ketidaknyamanan atau gangguan yang dialami.

Jika gejalanya dapat ditoleransi, mungkin dokter akan merekomendasikan untuk menunda pengobatan dan hanya memantau gejala. Bagi beberapa pria, gejala dapat mereda tanpa pengobatan.

Penggunaan obat-obatan biasanya diberikan untuk gejala pembesaran prostat ringan sampai sedang. Pilihannya termasuk penghambat alfa, penghambat reduktase 5-alfa, terapi obat kombinasi, atau tadalafil.

Baca Juga: Berdampak Negatif, Ternyata Ini 3 Akibat Ejakulasi Dini Pada Pria

3. Kanker Prostat

Pilihan pengobatan kanker prostat bergantung pada beberapa faktor dan pertimbangan, seperti seberapa cepat kanker berkembang, apakah telah menyebar dan kesehatan secara keseluruhan, serta potensi manfaat atau efek samping pengobatan.

Kanker prostat yang jinak dan tingkat rendah mungkin tidak memerlukan perawatan saat itu juga. Untuk sebagian pasien, perawatan mungkin tidak pernah diperlukan. Namun, dokter terkadang merekomendasikan pengawasan aktif.

Dalam pengawasan aktif, tes darah lanjutan secara rutin, pemeriksaan rektal, dan biopsi prostat dapat dilakukan untuk memantau perkembangan kanker.

Jika tes menunjukkan kanker berkembang, pasien dapat memilih perawatan kanker prostat seperti operasi atau radiasi.

Pengawasan aktif dapat menjadi pilihan untuk kanker yang tidak menimbulkan gejala, diperkirakan tumbuh sangat lambat dan terbatas pada area kecil prostat.

Pengawasan aktif juga dapat dipertimbangkan untuk seseorang yang memiliki kondisi kesehatan serius lainnya atau yang sudah lanjut usia yang membuat pengobatan kanker menjadi lebih sulit dan dilematis.

Beberapa terapi lanjutan juga dapat dilakukan, misalnya pembedahan, terapi penyinaran, terapi dengan cara pembekuan atau penghangatan, terapi hormon, kemoterapi, dan imunoterapi.

Gangguan kesehatan prostat mungkin menjadi salah satu momok menakutkan yang membayangi sebagian besar pria.

Namun, dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan makanan yang seimbang serta berolahraga teratur, risiko berbagai penyakit akan terhindari. Semoga Dads sehat selalu!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK279291/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6459338/
  • https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/about/key-statistics.html
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/319859#medical-conditions
  • https://prostatecancernewstoday.com/2017/03/09/nine-things-the-prostate-gland-does/
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostatitis/diagnosis-treatment/drc-20355771
  • https://www.nhs.uk/conditions/prostate-enlargement/
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/symptoms-causes/syc-20353087
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait