Kesehatan

KESEHATAN
6 September 2020

Ketahui Bahaya Olahraga Saat Menstruasi dengan Intensitas Berat

Olahraga saat menstruasi tetap harus memerhatikan intensitasnya. Mengapa demikian?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Sebagian besar wanita akan merasakan perubahan pada tubuh menjelang menstruasi. Ini disebut PMS atau premenstrual syndrome. Perubahan fisik dan emosional dapat terjadi menjelang menstruasi.

National Health Service menyebutkan, saat PMS akan mengalami gejala fisik seperti nyeri payudara dan perut kembung. Tentunya, hal ini membuat rasa tidak nyaman saat beraktivitas.

Lantas, apa masih bisa melakukan olahraga saat menstruasi? Jawabannya tentu bisa. Hanya saja, perhatikan intensitas dan jenis olahraga yang dilakukan, ya, Moms.

Ternyata, ada bahaya yang dapat terjadi kalau memaksakan diri berolahraga berat saat menstruasi. Ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Masalah Kulit yang Sering Terjadi saat Menstruasi

Olahraga Saat Menstruasi Bisa Melelahkan

Olahraga Berat saat Menstruasi, Ini Bahayanya

Foto: Orami Photo Stock

Olahraga saat menstruasi terkadang bisa sangat melelahkan. Fluktuasi hormon sangat berperan dalam hal ini.

Moms, kita memiliki dua hormon utama yang terlibat dalam siklus menstruasi, yaitu hormon estrogen dan progesteron. Fluktuasi hormon ini bisa terjadi setiap bulan yang akhirnya memengaruhi tingkat energi dalam tubuh kita.

“Selain hormon reproduksi, serotonin juga terlibat dalam siklus menstruasi. Ketika wanita berovulasi, serotonin akan menurun. Ketika progesteron tinggi dan serotonin rendah, maka tubuh akan terasa kurang berenergi dan lebih labil secara emosional,” ungkap Dr. Carolyn Delucia, dokter spesialis kandungan dari Hillsborough, New Jersey.

Akibat perubahan-perubahan tersebut dalam tubuh, maka Moms memiliki keinginan untuk tidak berolahraga.

Namun, sebenarnya, sejauh tubuh masih mampu maka tidak ada salahnya untuk olahraga saat menstruasi. Sebab, ada manfaat yang bisa didapatkan dari berolahraga saat menstruasi.

Baca Juga: Penyebab Nyeri Otot Setelah Olahraga

Dampak Buruk Terlalu Berat Olahraga Saat Menstruasi

Olahraga Berat saat Menstruasi, Ini Bahayanya

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms merasakan gejala yang tidak nyaman saat menstruasi, jangan jadikan itu alasan untuk mengurungkan niat berolahraga.

Faktanya, olahraga dengan intensitas ringan masih bisa dilakukan dan mendatangkan manfaat untuk kesehatan.

“Latihan ringan seperti yoga atau mengangkat beban yang tidak terlalu berat masih bisa dilakukan. Jika masih punya energi tambahan, latihan kardio tetap bisa dilakukan. Terpenting adalah tahu waktu untuk beristirahat,” ungkap Dr. Prudence Hall, ginekolog dan pendiri The Hall Center.

Olahraga saat menstruasu dengan intensitas ringan tetap mampu menghasilkan endorfin atau zat kimia tubuh yang terasa nyaman dilepaskan setelah kita berolahraga.

Namun, ketika olahraga terlalu berat dan memaksakan tubuh untuk mengeluarkan tenaga di luar kemampuan kita, maka hal itu yang bisa membahayakan tubuh.

Medline Plus mengungkapkan, tanda-tanda seseorang sudah terlalu ekstrem berolahraga yaitu merasa sangat kelelahan, lekas marah, otot terasa sakit, mengalami cedera, dan membutuhkan waktu istirahat yang terlalu lama.

Moms juga mudah merasa cemas karena terlalu berat saat berolahraga.

Baca Juga: Wajib Tahu Nih, Dos dan Don’ts Olahraga saat Hamil

Penting untuk Tetap Olahraga Saat Menstruasi

Olahraga Berat saat Menstruasi, Ini Bahayanya

Foto: Orami Photo Stock

American College of Obstetricians and Gynaecologists mengungkapkan, olahraga saat menstruasi membantu suasana hati ketika Moms memiliki perasaan sedih atau marah karena gejala PMS.

Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan ternyata dapat menurunkan kelelahan pada tubuh selama periode menstruasi.

Studi lainnya dari Journal of Education and Health Promotion juga menyebutkan, wanita yang berolahraga 3 kali seminggu selama 30 menit memiliki nyeri haid yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

Jadi, sebenarnya rutin berolahraga bermanfaat saat masa menstruasi.

Hal ini menyimpulkan, olahraga saat menstruasi itu baik untuk dilakukan. Namun, tetap perhatikan intensitasnya.

Selalu dengarkan juga sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh. Ketika Moms mengalami sakit kepala atau kram saat sedang berolahraga, sebaiknya hentikan kegiatan dan istirahatkan badan agar kembali pulih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait