Fashion & Beauty

29 November 2020

Ketahui Cara Memasang Bulu Mata Palsu, Magnet, dan Extension Ini!

Bulu mata palsu banyak dipakai oleh sebagian wanita agar bulu mata terlihat lebih lentik dan indah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Bulu mata palsu adalah salah satu alat kecantikan yang dipakai oleh sebagian wanita agar bulu mata terlihat lebih lentik dan indah.

Meskipun banyak produk lain seperti maskara yang dapat mempertahankan kelentikan bulu mata, namun bulu mata palsu tetap jadi primadona.

Sebab, berbeda dengan maskara yang hanya mengubah bentuk mata, bulu mata palsu dapat memberikan ilusi mata lebih besar, bulu mata lebih lebat, dan terlihat berkarakter.

Lalu, seperti apa cara memasang bulu mata yang bisa dilakukan?

Melansir dari jurnal berjudul The eyelash follicle features and anomalies: A review dijelaskan bahwa bulu mata palsu pertama kali ditemukan oleh seorang sutradara Amerika Serikat, D.W. Griffith saat memproduksi film berjudul 'Intolerance' pada tahun 1916.

Saat itu ia menginginkan sang aktris, Seena Owen, untuk memakai bulu mata yang lebih panjang agar penampilannya lebih anggun dan berkarakter dalam film.

Selanjutnya Griffith meminta seorang pembuat rambut palsu untuk membuatkannya bulu mata palsu. Si pengrajin akhirnya membuat bulu mata palsu tersebut dari rambut manusia asli.

Lantaran dibuat dari rambut asli sehingga tampilannya saat itu kurang menarik dan tidak natural.

Kepopuleran bulu mata palsu kembali meningkat di tahun 1950-an ketika telah ada penemuan bulu mata palsu yang terbuat dari plastik dan lebih natural. Bulu mata palsu ini kian populer setelah artis Marilyn Monroe kerap memakainya di acara televisi.

Seiring berjalannya waktu, kini bulu mata palsu berkembang menjadi lebih variatif. Cara pemakaiannya pun tak hanya dengan lem saja namun juga menggunakan magnet hingga ditanam.

Baca Juga: Memilih Bulu Mata Palsu Sesuai dengan Bentuk Mata

Cara Memasang Bulu Mata Palsu untuk Pemula

Jika Moms belum terbiasa memakai bulu mata, tentu sedikit sulit untuk memasangnya pertama kali. Diperlukan trik dan tips khusus sebagai cara memasang bulu mata agar lebih mudah dan cepat. Berikut tipsnya, mengutip dari berbagai sumber.

1. Pilih Produk yang Berkualitas

cara-lentikkan-bulumata-woman-online-magazine-1024x682.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun pemula, dalam cara memasang bulu mata, lebih baik Moms memilih produk lem dan bulu mata palsu yang berkualitas. Sebab, membeli bulu mata palsu yang kualitasnya di bawah standar akan lebih sulit dipasang oleh pemula.

Karena biasanya bulu mata palsu yang tidak memiliki kualitas yang baik, tulang bulu matanya terlalu lemas dan sulit mengikuti bentuk kelopak mata.

Sehingga ketika dipakai malah akan membuat riasan berantakan dan tidak rapi. Belum lagi jika Moms membeli lem bulu mata yang murah. Lem yang kualitasnya tidak baik akan mudah menggumpal dan sulit diratakan pada tulang bulu mata.

Pilihlah bulu mata palsu yang memiliki tulang lentur, mudah mengikuti bentuk kelopak mata, sehingga saat dipakai langsung rapi dan mudah diatur. Selain itu, beli lem yang direkomendasikan baik oleh para beauty blogger agar tidak terjebak pada lem bulu mata yang tidak berkualitas.

Baca Juga: Bulu Mata Lebih Panjang Dalam 1 Menit! Begini Caranya

2. Aplikasikan Riasan Mata

Setelah memilih bulu mata dan lem yang berkualitas, kini saatnya merias wajah terutama bagian mata agar wajah lebih berkarakter dan 'hidup'. Gunakan riasan berupa eyeliner, maskara, dan eyeshadow.

3. Pilih Bentuk Bulu Mata

bulu mata honey

Foto: Orami Photo Stock

Cara memasang bulu mata selanjutnya, pilih bulu mata yang sesuai dengan bentuk kelopak mata.

Untuk pemula, disarankan memilih jenis three-quarter dan magnetic lashes. Sebab, bulu mata 3/4 ini diperuntukkan untuk bagian ekor mata sehingga hasilnya tampak lebih natural dan mata terlihat besar.

Sedangkan jenis magnetic lashes menggunakan teknologi magnet sehingga Moms tidak perlu kerepotan mengelem bulu mata sebelum digunakan.

Moms hanya perlu menjepit bulu mata asli dengan dua lembar bulu mata palsu bermagnet.

Baca Juga: Ada 6 Jenis, Yuk Selalu Memilih Maskara Sesuai Jenis Bulu Mata!

4. Mengoleskan Lem Bulu Mata

Lem bulu mata adalah kunci terpenting sebagai cara memasang bulu mata. Moms bisa mengoleskan lem secara tipis-tipis di bagian tulang bulu mata. Ingat, jangan berlebihan saat mengoleskan lem ya Moms, agar tidak merusak riasan mata.

Selanjutnya, diamkan selama 30 detik atau setengah kering lalu tempelkan ke bulu mata.

5. Memasang Bulu Mata

xx Cara Memasang Bulu Mata

Foto: Orami Photo Stock

Sebagian orang yang memakai bulu mata maka matanya akan mudah berair dan kemerahan. Agar hal ini tidak terjadi pada Moms, ada baiknya untuk mengukur panjang bulu mata sebelum melakukan cara memasang bulu mata.

Jika bulu mata palsu terlalu panjang, maka bisa dipotong menyesuaikan panjang bulu mata sendiri. Lalu pasang bulu mata secara perlahan dari sudut dalam mata, kemudian tempelkan bagian luarnya sehingga bulu mata palsu berada di atas bulu mata asli.

Moms bisa memasangnya dengan jari atau menggunakan alat pengapit agar lebih rapi. Terakhir, jepit bulu mata palsu bersamaan dengan bulu mata asli menggunakan eyelash curler untuk mengurangi tekanan pada kelopak mata.

Baca Juga: Ada 6 Jenis, Yuk Selalu Memilih Maskara Sesuai Jenis Bulu Mata!

Cara Memasang Bulu Mata Magnet

xx Cara Memasang Bulu Mata

Foto: Orami Photo Stock

Tren baru menggunakan bulu mata magnet telah dikenal sejak tahun 2015. Hingga kini bulu mata magnet masih menjadi salah satu alternatif penggunaan bulu mata.

Berbeda dengan bulu mata biasanya yang memakai lem untuk merekatkan, bulu mata magnet menggunakan magnet untuk mengaplikasikannya.

Kelebihan bulu mata magnet ialah bulu mata magnet lebih awet karena bisa dipakai berulang kali dan lebih rapi karena tidak menggunakan lem.

Mengutip The List, Mila Loussifova, seorang ahli kacamata mengatakan bulu mata magnet sangat direkomendasikan dibandingkan bulu mata palsu dengan perekat. Sebab, perekat bisa berbahaya mengenai mata.

Food And Drug Administration telah mengatur jenis bulu mata magnet yang baik untuk digunakan.

Jadi pastikan Moms membeli bulu mata magnet yang sudah terjamin kualitas dan keasliannya agar aman dan tidak mengiritasi mata. Berikut cara memasang bulu mata magnet:

  1. Tempelkan dua lapis bulu mata magnet di bagian yang ada magnetnya.
  2. Tempel bulu mata magnet di atas dan di bawah bulu mata asli.
  3. Kemudian rekatkan pengait agar magnetnya menempel dan bulu mata merekat sempurna.

Baca Juga: 5 Cara Melentikkan Bulu Mata Tanpa Extension

Cara Memasang Bulu Mata Tanam

xx Cara Memasang Bulu Mata

Foto: Orami Photo Stock

Seperti namanya, bulu mata tanam atau eyelash extension merupakan alternatif lain untuk memasang bulu mata palsu agar mata terlihat lebih bervolume dan lentik.

Moms bisa melakukan tanam bulu mata di salon kecantikan atau melakukannya sendiri di rumah.

Perbedaan tanam bulu mata dengan pemasangan bulu mata palsu lainnya adalah pada eyelash extension ditempel di atas bulu mata asli secara tidak permanen namun dapat bertahan hingga 3 bulan lamanya.

Hasil dari bulu mata tanam pun lebih natural dan terlihat menyatu dengan bulu mata sli. Berikut ini cara memasang bulu mata tanam.

Baca Juga: 3 Risiko Penyakit Akibat Extension Bulu Mata & Tips Agar Bulu Mata Lentik alami

Alat yang Dibutuhkan:

  • Bulu mata palsu
  • Pinset bulu mata
  • Lem khusus bulu mata
  • Kaca
  • Solatip
  • Wadah untuk menaruh lem
  • Sisir bulu mata
  • Stiker mata
  • Kipas mini

Baca Juga: Malas Membersihkan Makeup Memicu Timbulnya Kutu Bulu Mata?

Langkah-langkah Memasang Bulu Mata Tanam:

  1. Usahakan memasang bulu mata tanam di depan kaca yang besar agar seluruh detail mata terlihat jelas. Selain itu pastikan pencahayaannya cukup terang ya Moms.
  2. Angkat kelopak mata dan tahan dengan selotip supaya kulit di bagian kelopak mata tidak menutupi bulu mata dan akar bulu mata.
  3. Tempel stiker mata atau eye tap pada bagian bawah mata supaya bulu mata atas dan bawah terpisah.
  4. Tuangkan lem eyelash pada wadah yang sudah disiapkan.
  5. Siapkan kipas mini agar lem eyelash cepat kering
  6. Ambil bulu mata palsu dengan tangan kanan, lalu celupkan pangkal atau tulang bulu mata ke dalam lem.
  7. Ambil bulu mata yang sudah di lem dengan cara helai per helai.
  8. Belah butu mata asli dengan pinset memakai tangan kiri.
  9. Tempelkan eyelash extension dekat dengan akar bulu mata. Namun, jangan tempelkan pada kulit sekitar bulu mata agar mata tidak iritasi karena lem.
  10. Ulangi langkah ke-6 hingga ke-9 untuk pemasangan bulu mata dimulai dari bagian tengah hingga ke ujung mata.
  11. Setelah semua bagian mata terisi, maka Moms akan merasakan bahwa volume bulu mata meningkat. Jika dirasa sudah cukup tebal, maka bisa dihentikan penanaman bulu mata palsunya.
  12. Kini, Moms tinggal menunggu bulu mata mengering lalu sisir bulu mata secara berlahan agar lebih rapi.

Meskipun mungkin terlihat bisa dilakukan dengan mudah, tetapi sebaiknya Moms langsung mengunjungi studio eyelash extension untuk proses pemasangan yang aman dan juga memuaskan.

Itulah cara memasang bulu mata secara manual, magnet, hingga tanam. Apakah Moms tertarik untuk mencobanya?

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait