Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Kehamilan | Feb 12, 2018

Ketahui Kehamilan Lewat 17 Tanda Ini!

Bagikan


Beberapa gejala awal kehamilan biasanya muncul di saat terlambat datang bulan―atau satu atau dua minggu kemudian. Sekitar 60% wanita memiliki tanda kehamilan dini pada saat kehamilan berusia 6 minggu, dan sekitar 90% saat kehamilan berusia 8 minggu.

Menurut Melissa Goist, MD, asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Ohio State University Medical Center, hormon yang dilepaskan setelah hamil mungkin mulai menyebabkan perubahan tak terlihat bahkan sebelum terdeteksi dengan tes kehamilan sendiri,

Selain gejala terlambat haid, Moms kemungkinan akan mulai merasakan beberapa gejala awal kehamilan berikut ini.

1. Payudara nyeri

Dr. Melissa Goist menjelaskan, jaringan payudara sangat sensitif terhadap hormon. Ketika progesteron dan hCG mulai memenuhi tubuh setelah sel telur dibuahi, maka volume darah meningkat, yang membuat payudara membengkak dan terasa lebih berat yang lebih gelap dari biasanya.

2. Area puting gelap

Hormon kehamilan juga memengaruhi aktivitas melanosit atau sel-sel di puting susu yang berpengaruh atas perubahan warnanya menjadi lebih gelap.

Baca juga: 7 Cara Membedakan Gejala PMS dan Gejala Hamil

3. Kram

Tanda awal kehamilan ini sebenarnya dipicu oleh implantasi yaitu ketika telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim. Rahim akan sedikit meregang (sehingga terjadi kram) untuk persiapan kehamilan hingga sembilan bulan ke depan.

4. Bercak darah

Banyak wanita salah mengira pendarahan ringan sebagai menstruasi, tetapi sebanyak 25% wanita akan mengalami bercak selama implantasi.

5. Kelelahan

Tidak seperti biasanya, Moms akan merasa sangat lelah untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Rasa lelah ini juga merupakan tanda awal kehamilan.

Baca juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

6. Mual dan muntah

Kebanyakan wanita hamil mulai merasa mual dan muntah saat kehamilan berusia sekitar 6 minggu, tetapi beberapa bisa mengalami morning sickness.

7. Kembung

Meningkatnya kadar progesteron memperlambat saluran pencernaan sehingga bisa membuat perut terasa lebih bengkak dari biasanya. Kembung juga terjadi selama PMS, tetapi biasanya berhenti saat menstruasi tiba, menyebabkan kadar progesteron menurun drastis.

8. Sering buang air kecil

Selama kehamilan, tubuh menghasilkan cairan ekstra, yang membuat kandung kemih terus bekerja keras sehingga Moms sering buang air kecil.

9. Sakit punggung

Jika Moms biasanya tidak mengalami sakit punggung, itu bisa berarti ligamen sedang mengendur yang mungkin akan terus berlanjut sepanjang kehamilan.

10. Mengidam atau pantang makanan

Moms lebih cenderung pilih-pilih makanan atau mengidam makanan tertentu di awal kehamilan.

Baca juga: Heartburn, Tanda Kehamilan Paling Umum Terjadi

11. Sakit kepala

Peningkatan volume darah dapat memicu seringnya sakit kepala ringan pada beberapa minggu pertama kehamilan. Namun tanda kehamilan ini seharusnya berhenti saat tubuh menyesuaikan diri dengan kadar hormon yang tinggi.

12. Pusing disertai pingsan

Gula darah atau tekanan darah rendah bisa menjadi penyebabnya. Pastikan Moms cukup makan dan tetap terhidrasi dengan baik.

13. Sembelit (konstipasi)

Karena saluran pencernaan melambat, makanan mungkin tidak diproses dengan cepat. Gejala ini kemungkinan akan meningkat bahkan lebih parah saat hamil.

Baca juga: Menggunakan Obat Penyubur (Clomiphene) Agar Cepat Hamil, Amankah?

14. Perubahan emosional

Seiring dengan meningkatnya kadar hormon hCG, Moms merasakan kelelahan, yang membuat lebih rentan terhadap perubahan emosional seperti mudah tersinggung atau marah-marah.

15. Suhu basal tubuh naik

Jika Moms rutin mengukur suhu basal tubuh setiap pagi, dan mendapati bahwa suhu basal tubuh itu tidak turun lebih dari dua minggu, ini bisa berarti gejala awal kehamilan.

16. Supersensitif terhadap bau

Jika Moms lebih sensitif terhadap bau tertentu, atau memiliki sensitivitas yang meningkat terhadap bau, itu bisa berarti tanda kehamilan dini.

17. Sesak napas

Sesak napas disebabkan karena janin yang sedang tumbuh membutuhkan oksigen, membuat Moms agak sesak napas yang bisa berlanjut sepanjang kehamilan.

Apakah Moms merasakan salah satu tanda awal kehamilan di atas?

(ROS)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.