Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tanya Pakar | May 13, 2018

Ketahui Macam-Macam Komedo dan Cara Menghilangkannya

Bagikan


Tanya : 

Kemarin saya memencet semacam komedo di wajar saya, lalu malah meradang dan memerah sampe sekarang belum hilang malah seperti bentol tapi mengkerut seperti ada lapisannya, padahal kemarin sudah mengelupas tapi timbul lapisan yang mengkerut lagi.

Bagaimana ya dok mengatasinya menghilangkan lapisan mengkerut nya?

Jawab : 

Jenis jenis jerawat antara lain:

1. Whiteheads

yang bermata putih adalah komedo tertutup yang timbul di bawah permukaan kulit ketika pori-pori tersumbat oleh lemak, minyak atau kotoran. Whiteheads yang berbentuk bulat dan kecil ini berwarna putih karena komedo tersebut masih dilapisi oleh kulit.

2. Blackheads

adalah komedo yang muncul akibat penyumbatan pori-pori. Perbedaan blackheads adalah komedo tersebut terbuka dan terekspos udara, yang menyebabkan oksidasi minyak dan pengubahan warna komedo menjadi hitam.

Ketika whiteheads atau blackheads mengalami iritasi, jerawat akan memerah dan membengkak menjadi papule. Papula yang meradang akan terasa sakit jika disentuh, meskipun tidak berisikan nanah.

Kebiasaan memencet jerawat akan mengakibatkan infeksi dan bekas jerawat yang sukar dihilangkan.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan adalah:

1. Gunakan pembersih wajah yang lembut, memiliki bahan dasar air, hentikan penggunaan sabun batangan, dan hindari mencuci wajah terlalu sering. Cukup lakukan 2-3 kali sehari, karena mencuci wajah terlalu sering bisa meluruhkan acid mantle (kombinasi dari sebum dan keringat yang menjadi benteng pertahanan pertama kulit Anda pada lapisan paling atas) dan kulit jadi lebih mudah terserang bakteri penyebab jerawat.

2. Jika memiliki kulit kering tapi berjerawat tapi tetap ingin melakukan metode double cleansing pada wajah, gunakan pembersih wajah atau cleansing oil yang mengandung plant-derived oils (berasal dari tumbuh-tumbuhan), sehingga tidak akan menyebabkan kulit makin teriritasi.

3. Tetap gunakan pelembap walau Anda jerawatan. Kulit yang terhidrasi tentunya akan berfungsi dengan baik. Jika kulit Anda berminyak, gunakan produk bertekstur gel yang cenderung lebih ringan dan berformula non-comedogenic. Anda juga bisa menambahkan aplikasi produk yang mengandung retinoid di malam hari untuk membantu membersihkan pori tersumbat dan menenangkan inflamasi.

4. Perhatikan jenis kulit Anda dengan baik dan pilih produk yang sesuai dengan kondisi tersebut. Penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai dengan jenis kulit pastinya akan makin memperparah jerawat yang ada.

5. Memang tidak ada produk yang benar-benar bisa menghilangkan produksi minyak berlebih. Untuk itu, selalu sediakan blotting paper, no-sebum powder, hingga gunakan clay mask setiap minggu untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah.

6. Gunakan obat jerawat sesuai dengan anjuran dokter atau seperti yang terlampir petunjuknya. Hindari juga mengombinasikan sendiri beberapa obat jerawat hanya karena ingin cepat sembuh.

7. Konsumsi suplemen yang mengandung omega (minyak ikan) di dalamnya. Jika Anda adalah vegetarian, flaxseed oil bisa jadi opsi yang juga bisa memenuhi kebutuhan kulit.

8. Gunakan produk yang memiliki kemampuan peeling ringan untuk aplikasi di rumah. Topical exfoliator seperti glycolic acid atau salicylic acid bisa membantu meminimalisir kehadiran bakteri pada pori-pori wajah, hingga membantu menyamarkan bekas-bekasi jerawat pada kulit.

9. Mengurangi konsumsi dairy products (makanan yang mengandung susu). Dairy products yang sering dikonsumsi biasanya mengandung hormon yang bisa mengganggu kerja sistem endokrin Anda, dan menyebabkan jerawat muncul.

10. Konsumsi antibiotik yang disarankan oleh dokter. Untuk hal ini, memang ada orang yang cocok menyembuhkan jerawat dengan konsumsi antibiotik, dan ada juga yang tidak.

Dijawab oleh : dr. Wahyuni Armezya

Sumber : meetdoctor.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.