Tren

1 Maret 2018

Ketahui Perbedaan Jintan dan Adas

Serupa tapi tak sama!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Bumbu masakan jintan dan adas memiliki bentuk yang serupa yakni panjang dan kurus. Dua rempah dengan aroma khas ini kita kita temui dalam berbagai masakan, seperti nasi kebuli, nasi goreng Aceh, tengkleng, dan masih banyak lagi. Bahkan, adas manis juga dipakai untuk campuran keju dan dijadikan topping pada beberapa jenis roti.

Bagi Moms yang masih sering bingung, ada perbedaan mencolok di antara jintan dan adas. Apa saja perbedaannya?

Bentuk

foto: indianexpress.com

Bentuk jintan dan adas memang sama sama memanjang. Hanya saja, bentuk adas memanjang sedikit berkurva, sedangkan jintan cenderung lebih lurus. Adas juga sedikit bergerigi pada bagian ujung-ujungnya.

Baca juga: 12 Bumbu Masak Khas Indonesia yang Mama Wajib Tahu

Rasa

foto: smallfootprintfamily.com

Jintan memiliki rasa yang earthy, seperti kacang, sedikit seperti mint, dan dengan wangi agak herbal. Rasa jintan lebih mirip cumin.

Sedangkan adas memiliki rasa yang lebih manis dibanding jintan. Aromanya juga lembut dan tidak mempunyai rasa seperti kacang.

Penggunaan

foto: thehappyfoodie.co.uk

Jintan kerap dipakai untuk untuk membuat masakan yang asin dan gurih. Rempah-rempah lain yang cocok dipadukan bersama jintan adalah cumin, adas manis, dan adas sowa. Biasanya digunakan untuk membuat semur atau sup.

Adas dapat dipakai pada masakan-masakan yang sama dengan jintan. Namun karena memiliki rasa yang lebih manis, adas juga cocok digunakan untuk bahan dessert, seperti kue atau cookies.

Tidak perlu bingung lagi membedakan jintan dan adas ya, Moms!

(DNY)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait