Kesehatan

KESEHATAN
4 Juli 2020

Ketahui Ragam Penyebab Sakit Leher Sebelah Kiri Berikut Ini!

Bisa salah posisi tidur atau terlalu lama menatap layar
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Salah satu penyakit yang umum adalah sakit leher. Ada ragam penyebab sakit leher yang dapat menyerang kapan saja. Mulai dari bangun tidur, bahkan setelah selesai beraktivitas.

Moms dapat melakukan beberapa langkah untuk dapat meredakan sakit leher. Tetapi, jika sakit leher ini terjadi terus menerus, mungkin ada beberapa jenis penyakit yang lebih berisiko.

Leher sebelah kiri sakit adalah keluhan yang sering disampaikan oleh seseorang, bahkan dokter menduga masalah ini terjadi pada 7 dari 10 orang dewasa.

Penyebab sakit leher sebelah kiri pun beragam, mulai dari yang ringan seperti salah posisi tidur, hingga parah seperti tumor atau cacat bawaan lahir.

Sakit leher sebelah kiri biasanya bukan kondisi serius, dan bisa hilang jika meminum obat pereda nyeri, ditambah dengan istirahat yang cukup.

Namun, Moms sebaiknya menghubungi dokter jika penyebab sakit leher sebelah kiri adalah cedera, terasa sangat sakit, atau berlangsung lebih dari satu minggu.

Baca Juga: 8 Solusi Sederhana untuk Mengatasi Sakit Leher saat Hamil

Penyebab Sakit Leher Sebelah Kiri

penyebab sakit leher sebelah kiri-1.jpg

Foto: verywellhealth.com

Ketika leher sebelah kiri sakit, aktivitas sehari-hari dapat terganggu. Untuk itu, Moms perlu mengetahui penyebabnya agar dapat menghindari masalah ini, juga cara mengobatinya jika sudah terlanjur mengalaminya.

Berikut beberapa penyebab sakit leher sebelah kiri yang sering terjadi dan cara mengobatinya:

1. Salah Posisi Tidur

Tidur seharusnya membuat tubuh rileks, tapi jika Moms terbangun dengan rasa sakit pada leher sebelah kiri, mungkin karena tidur dalam posisi yang salah. Bisa saja tertidur di kursi atau menggunakan bantal yang terlalu tinggi.

Kondisi ini biasanya tidak serius dan bisa diatasi dengan meminum obat pereda nyeri. Pastikan Moms kembali beristirahat dalam posisi telentang dan menggunakan bantal yang menopang kepala dengan baik.

2. Otot Leher Sebelah Kiri Tertarik

Terlalu sering melihat ke sisi kanan atas, misalnya, dapat membuat otot leher sebelah kiri tertarik. Otot yang tertarik ini bisa menjadi penyebab leher sakit sebelah kiri.

Namun, kondisi bukan termasuk gawat darurat karena bisa diatasi dengan obat pereda nyeri. Jika sakit terlalu parah atau tidak sembuh dalam satu minggu, hubungi dokter.

3. Terlalu Lama Menatap Layar

Tahukah Moms, bahwa terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop dapat menyebabkan leher kaku dan sakit?

Ya, kondisi ini nyata dan dapat terjadi pada siapa pun. Untuk mengatasinya, batasi waktu melihat ke layar dan lakukan olahraga peregangan agar otot leher tidak kaku.

Baca Juga: Sakit Leher Bisa Jadi Tanda Kanker? Ini Alasannya

4. Stinger

Penyebab sakit leher sebelah kiri juga dapat terjadi ketika ada jaringan saraf yang cedera, bisa karena benturan saat berolahraga atau penyebab lain.

Selain sakit leher, stinger juga bisa menimbulkan rasa seperti tersengat listrik pada bahu, lengan, dan tangan.

Stinger biasanya hilang sendiri dalam beberapa detik atau hari. Jika tidak, hubungi dokter untuk mendapat perawatan yang tepat, bahkan mungkin melakukan operasi untuk memperbaiki syaraf yang rusak.

5. Whiplash

Whiplash terjadi ketika mengalami benturan mendadak pada area leher, misalnya kecelakaan mobil. Selain sakit leher sebelah kiri, Moms juga akan mengalami sakit kepala, kebas, kesemutan, dan nyeri di punggung bagian atas.

Dokter akan memberi sejumlah obat untuk meringankan gejala penyebab sakit leher sebelah kiri ini. Tetapi tidak perlu khawatir karena biasanya kondisi ini akan membaik dalam hitungan bulan.

6. Hernia Nukleus Pulposus

Pernah dengar istilah saraf terjepit? Pada leher, kondisi ini sebetulnya merupakan hernia cakram, yakni ketika bantalan yang berbentuk seperti cakram di antara dua ruas tulang leher retak, dan mengeluarkan lapisan mirip agar-agar yang menekan saraf di leher sehingga terasa nyeri.

Kompres panas-dingin yang dikombinasikan dengan obat tertentu seharusnya bisa meredakan penyebab sakit leher sebelah kiri ini.

Tetapi jika tidak juga membaik dalam beberapa minggu, dokter mungkin akan menyarankan menjalani operasi.

7. Spinal Stenosis

Adanya penyempitan pada kanal di tulang belakang dapat membuat leher sebelah kiri sakit.

Kondisi penyebab sakit leher sebelah kiri ini biasanya dialami oleh orang yang mengalami arthritis, tumor, penyakit genetik, atau orang yang berusia di atas 50 tahun.

Meski begitu, kondisi ini dapat diatasi hanya dengan meminum obat pereda nyeri. Jika sakit leher tak kunjung sembuh, dokter akan memberi obat dosis lebih tinggi, terapi, atau operasi.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Sakit Leher saat Hamil

Penyebab Leher Sakit yang Langka

penyebab sakit leher sebelah kiri-2.jpg

Foto: spineuniverse.com

Selain penyebab-penyebab awam seperti disebutkan di atas, penyebab sakit leher sebelah kiri juga dapat mengindikasikan penyakit parah. Setidaknya terdapat dua hal yang tergolong kategori ini, di antaranya adalah:

1. Tumor Tulang Belakang

Daging tumbuh yang muncul di saluran tulang belakang. Tumor ini bisa bersifat kanker, bisa juga nonkanker, yang jelas penyakit ini menyebabkan munculnya nyeri di tempat terjadinya tumor, misalnya leher sebelah kiri.

2. Kelainan Bawaan Lahir

Merupakan penyebab sakit leher sebelah kiri karena kelainan bawaan yang terjadi saat bayi dilahirkan. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan leher sebelah kiri sakit secara permanen.

Yang tergolong kelainan bawaan lahir ini adalah tortikolis kongenital (cedera leher yang diderita bayi saat persalinan) dan kelainan bentuk tulang belakang.

Untuk memastikan penyebab leher sakit sebelah kiri, sebaiknya Moms memeriksakan diri ke dokter.

Apalagi jika Moms juga mengalami gejala lain, seperti nyeri di area bahu dan tangan, atau mengalami sakit leher sebelah kiri yang tidak kunjung sembuh setelah dirawat sendiri di rumah selama berminggu-minggu.

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait