Parenting Islami

22 Maret 2021

7+ Keutamaan Bulan Ramadhan, Salah Satunya Lailatul Qadar, Masya Allah!

Allah SWT menjanjikan banyak keutamaan bulan Ramadhan yang bisa diraih jika bersungguh-sungguh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ramadhan adalah bulan istimewa bagi semua umat Muslim. Ada banyak keutamaan bulan Ramadhan yang sayang jika dilewatkan begitu saja tanpa persiapan yang baik. Dilakukan satu tahun sekali selama sebulan penuh, banyak yang menjadikan bulan Ramadhan sebagai waktu perbaikan diri.

Selama bulan Ramadhan, seseorang sedang belajar tentang banyaknya kesabaran, empati, pengendalian diri, berbagi kebaikan, dan banyak hal positif lain yang bukan hanya baik untuk pengembangan diri, tapi juga diganjar dengan pahala dan keberkahan yang tidak sedikit.

Sehingga jika amalan-amalan tersebut terbangun menjadi kebiasaan yang bisa dilakukan di bulan-bulan lainnya, maka seseorang disebut telah mendapatkan keberkahan dari bulan Ramadhan. Ada banyak jenis dari keutamaan bulan Ramadhan selain menempa diri dengan puasa. Apa saja?

Baca Juga: 4 Inspirasi Mix and Match Tunik Untuk Bulan Ramadhan

Hikmah Puasa Ramadhan

8 Keutamaan Bulan Ramadhan -1

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum masuk pada pembahasan keutamaan bulan Ramadhan, tidak ada salahnya membahas hikmah puasa Ramadhan terlebih dahulu.

Ramadhan merupakan bulan yang kesembilan dalam kalender hijriyah. Salah satu ibadah yang diwajibkan pada bulan ini adalah melaksanakan puasa, karena juga termasuk ke dalam bagian dalam rukun Islam. Puasa Ramadhan juga merupakan ibadah terlama karena dilakukan selama satu bulan penuh.

Selain puasa, banyak ibadah lain yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan, dan akan mendapatkan imbalan pahala yang berlipat ganda. Misalnya membaca Alquran, bersedekah, shalat sunnah tarawih, shalat tahajud, dan amal ibadah lainnya. Tentu saja ini menjadi salah satu keutamaan bulan Ramadhan.

Bahkan meski bukan dianggap sebagai tujuan utama, ada efek positif puasa bagi kesehatan. Ibnosina Journal of Medicine and Biomedical Sciences mencatat, belakangan ini ada peningkatan minat terhadap implikasi kesehatan dari puasa Ramadhan.

Salah satunya terlihat dari sistem pencernaan dalam tubuh. Karena saat puasa, sementara waktu sistem pencernaan akan istirahat dan juga memberi kesempatan untuk mengeluarkan semua kotoran serta zat-zat berbahaya di dalamnya.

Hikmah dari puasa Ramadhan berikutnya yaitu sebagai wadah untuk lebih bisa mengasah kemampuan untuk mengontrol hawa nafsu. Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, seseorang akan lebih cenderung melakukan amalan shaleh untuk bisa mengontrol keinginannya.

Sebab, tidak selamanya puasa akan berjalan lancar. Akan selalu ada godaan untuk melakukan perbuatan jelek bahkan berujung pada perbuatan maksiat. Jika tidak pandai mengontrol diri, bukan hanya pahala yang rusak atau hilang, malah bisa mengundang dosa.

Selain itu, saat berpuasa seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih ramah dan saling berbagi kepada sesama. Dengan merasakan lapar karena tidak makan dan minum seharian, diharapkan seseorang dapat berempati dan peka pada orang kurang mampu dan tidak berkecukupan.

Empati yang tumbuh akan menghasilkan rasa saling merasakan kepada kekurangan saudara seiman. Sehingga hikmah puasa Ramadhan lainnya adalah menghasilkan umat yang mudah memberi dan berbagi, karena pernah merasakan kesulitan yang serupa.

Penasaran dengan keutamaan bulan Ramadhan? Yuk simak ulasan keuatamaan bulan Ramadhan di bawah ini!

Baca Juga: Mumpung Bulan Ramadhan, Ini Cara Menjalin Kembali Persahabatan yang Sempat Rusak

Keutamaan Bulan Ramadhan

8 Keutamaan Bulan Ramadhan -2

Foto: Orami Photo Stock

Terdapat berbagai macam keistimewaan yang dimiliki oleh bulan Ramadhan, yang menjadikannya berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Apa saja keistimewaan dan keutamaan bulan Ramadhan itu? Simak di sini!

1. Bulan Diturunkannya Alquran

Allah SWT berfirman: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)….” (QS Al-Baqarah: 185).

Ini adalah keutamaan bulan Ramadhan yang paling istimewa. Saat menafsirkan ayat ini, Ibnu Katsir rahimahullah mengatakan: ”(Dalam ayat ini) Allah SWT memuji bulan puasa (yaitu bulan Ramadhan) dari bulan-bulan lainnya.

Allah memuji demikian karena bulan ini telah Allah SWT pilih sebagai bulan diturunkannya Alquran dari bulan-bulan lainnya. Sebagaimana pula pada bulan Ramadhan ini Allah telah menurunkan kitab ilahiyah lainnya pada para Nabi ’alaihimus salam,”.

2. Setan Dibelenggu, Pintu Neraka Ditutup dan Pintu Surga Dibuka

Keutamaan bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah dibelenggunya setan. Rasulullah SAW bersabda: ”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dalam menafsirkannya, Al Qodhi ‘Iyadh mengatakan: “Hadits di atas dapat bermakna, terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu Jahannam dan terbelenggunya setan-setan sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan dan mulianya bulan tersebut.

Juga dapat bermakna terbukanya pintu surga karena Allah memudahkan berbagai ketaatan pada hamba-Nya di bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam. Hal ini berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Di bulan Ramadhan, orang akan lebih sibuk melakukan kebaikan daripada melakukan hal maksiat. Inilah sebab mereka dapat memasuki surga dan pintunya. Sedangkan tertutupnya pintu neraka dan terbelenggunya setan, inilah yang mengakibatkan seseorang mudah menjauhi maksiat ketika itu.”

Salah satu pintu surga yang terbuka adalah pintu yang khusus diberikan bagi orang yang berpuasa. Seperti keterngan dari salah satu hadist yang berasal dari Sahal bin Sa’ad. Dia berkata bahwa sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda:

“Bahwa sesungguhnya bagi Jannah itu ada sebuah pintu yang disebut ‘Rayyaan’. Pada hari kiamat dikatakan: ‘Di mana orang yang berpuasa? (untuk masuk jannah melalui pintu itu), jika yang terakhir antara mereka sudah memasuki pintu itu, maka ditutuplah pintu itu’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Ramadhan juga merupakan bulan pembebasan dari api neraka. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT memberikan kebebasan dari siksa neraka pada setiap malam –yakni di bulan Ramadan- dan sesungguhnya setiap muslim pada waktu siang dan malam memiliki doa yang terkabul (mustajabah).”

Salah satu hal yang akan dihindarkan dari orang yang berpuasa adalah siksa neraka. Dalam hadist yang lain , Rasulullah SAW juga bersabda: “Puasa itu perisai yang dipergunakan seorang hamba untuk membentengi dirinya dari siksaan neraka.” (HR Ahmad).

3. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Keutamaan bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah Lailatul Qadar. Pada bulan Ramadhan, terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan atau sama dengan 83 tahun 4 bulan yaitu lailatul qadar atau malam kemuliaan. Waktu diturunkannya Alquran juga terjadi pada saat malam lailatul qadar.

Allah SWT berfirman: ”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS Al-Qadr: 1-3).

Lailatul qadar yang terjadi pada yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, merupakan waktu dimana pintu-pintu langit dibukakan, do’a dikabulkan, dan segala takdir yang terjadi pada tahun itu ditentukan. Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa mendirikan shalatpada Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala, dari Allah niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Muttafaq ‘Alaih).

Pada sepuluh malam terakhir terutama pada malam ganjil, hendaknya lebih dimanfaatkan dengan melakukan lebih banyak amalan dan kebaikan dengan bersungguh-sungguh. Misalnya dengan lebih banyak membaca Alquran, dzikir, do’a, istighfar dan taubat yang sebenar-benarnya.

Rasulullah SAW bersabda: “… Dalam bulan ini ada suatu malam yang nilainya sama dengan seribu bulan, maka diharamkan kebaikannya bagi siapa yang tidak beramal baik di dalamnya, sesungguhnya tidak mendapat kebaikan di bulan lain seperti di bulan ini.” (HR Ahmad, Nasa’i, dan Baihaqi).

4. Salah Satu Waktu Dikabulkannya Do’a

Keutamaan bulan Ramadhan ini dijelaskan oleh Rasulullah SAW, beliau bersabda: ”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.”

Dalam hadis yang lain tentang terkabulnya doa di bulan Ramadhan, Rasulullah SAW bersabda: “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka puasa, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi.”

An Nawawi rahimahullah menjelaskan: “Hadits ini menunjukkan bahwa disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk berdo’a dari awal ia berpuasa hingga akhirnya karena ia dinamakan orang yang berpuasa ketika itu.

Disunnahkan bagi orang yang berpuasa ketika ia dalam keadaan berpuasa untuk berdo’a demi keperluan akhirat dan dunianya, juga pada perkara yang ia sukai serta jangan lupa pula untuk mendoakan kaum muslimin lainnya.”

Baca Juga: Aktivitas Menyenangkan untuk Anak Saat Ramadhan

5. Bulan yang Penuh Ampunan

8 Keutamaan Bulan Ramadhan -3

Foto: Orami Photo Stock

Rasulullah SAW bersabda: “Dari shalat (ke shalat) yang lima waktu, dari Jum’at ke Jum’at, dari Ramadan ke Ramadhan, semua itu dapat menghapuskan (dosa-dosa) di antara waktu tersebut, jika menjauhi dosa-dosa besar.” (HR Muslim).

Masih berkaitan dengan keutamaan bulan Ramadhan terkait dengan ampunan, dalam hadist yang lain Rasulullah SAW juga bersabda: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu.” (HR Bukhari dan Muslim).

6. Bulan yang Penuh Syafa’at

Keutamaan bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah bulan yang penuh syafa'at. Banyak sekali amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Ramadhan, diantaranya adalah puasa, bertadarus, sholat tarawih, dan banyak amalan lainnya. Saat melakukan amalan-amalan tersebut, selain pahala, Allah SWT juga akan memberikan syafaat-Nya.

Rasulullah SAW bersabda: “Puasa dan Alquran itu memintakan syafaat bagi seseorang hamba di hari kiamat. Puasa berkata: Wahai Tuhanku, aku telah mencegah dia memakan makanan dan menyalurkan syahwatnya di siang hari, maka berilah aku hak untuk memintakan syafaat baginya.

Dan berkata pula Alquran: Wahai Rabbku aku telah mencegah dia tidur di malam hari (kerana membacaku), maka berilah aku hak untuk memintakan syafaat baginya. Maka keduanya diberi hak untuk memintakan syafaat.” (HR Ahmad).

7. Bulan yang Berlimpah Pahala

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang berpuasa (pada bulan) Ramadan, maka satu bulan sama seperti sepuluh bulan. Dan (siapa yang berpuasa setelah itu) berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawal), hal itu (sama nilainya dengan puasa) sempurna satu tahun.” (HR Ahmad).

Dalam hadits tersebut menerangkan besarnya pahala yang akan didapat oleh orang Muslim saat melakukan puasa pada bulan Ramadhan, yang tentunya menjadi keutamaan bulan Ramadhan lainnya yang akan diberikan dengan berlipat ganda.

8. Terjadi Kejadian yang Berdampak Besar pada Kemuliaan Islam

Pada bulan ini terjadi peristiwa besar yaitu Perang Badar, yang pada keesokan harinya Allah SWT membedakan antara yang haq dan yang bathil, sehingga menanglah Islam dan kaum muslimin serta hancurlah syirik dan kaum musyrikin.

Pada bulan suci ini juga terjadi pembebasan kota Makkah Al-Mukarramah, dan Allah SWT memenangkan Rasul-Nya, sehingga masuklah manusia ke dalam agama Allah dengan berbondong-bondong dan Rasulullah SAW menghancurkan syirik dan keberhalaan yang terdapat di kota Makkah, dan Makkah pun menjadi negeri Islam.

Semoga semua orang Muslim dapat bersungguh-sungguh mengerjakan amalan shalih untuk mendapatkan semua keutamaan bulan Ramadhan yang mulia.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait