Rupa-rupa

31 Juli 2021

Mengenal 6 Manfaat Kluwek dan Cara Memilihnya

Kluwek merupakan bahan masakan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Pecinta makanan khas Jawa Timur pasti tidak asing dengan sajian rawon. Menu dengan kuah berwarna hitam ini memang menjadi salah satu sajian favorit masyarakat. Namun, tahukah Moms kalau warna hitam dalam rawon didapat dari rempah yang bernama kluwek.

Biji buah kluwek biasanya digunakan dalam masakan Melayu, Indonesia dan Cina Peranakan. Di Indonesia, banyak sekali sebutan untuk buah ini, yaitu kluwek, picung dan pucung tergantung dimana Moms mendapatkannya.

Yuk Moms cari tahu lebih dalam mengenai buah kluwe dalam artikel berikut ini.

Baca juga: 5 Bumbu Rempah Italia yang Menambah Cita Rasa Masakan

Apa Itu Kluwek?

apa itu kluwek

Foto: pinterest.com

Kluwek adalah tanaan asli Indonesia yang bijinya sering dijadikan bumbu masakan. Hampir semua bagian dari pohon ini bisa dimanfaatkan. Mulai dari daun, buah, biji, batang hingga kulit kayunya.

Bahan masakan satu ini memiliki banyak sekali sebutan sesuai daerah. Masyarakat Sunda menyebutnya sebagai picung atau pucung. Sementara orang Jawa Tengah menyebutnya kluwek dan daerah lain menyebutnya kepayang karena dapat membuat orang kehilangan kesadaran.

Jurnal Handy Pocket Guide to Tropical Plants menjelaskan biji buah kluwek yang sudah difermentasi sering digunakan dalam masakan Melayu, Indonesia, dan Peranakan (Cina Selat).

Karena proses fermentasis selama 40 hari dapat menurunkan efek toksisitas asam hidrosianat yang ada di dalam kluwek.

Selain itu, ada beberapa cara yang harus dilakukan dalam mengolah kluwek sehingga racun yang ada di dalamnya tidak memberikan efek pada makanan.

Salah satu cara yang sering dilakukan adalah menumbuk biji kemudian direbus dan dimasukan ke dalam air mengalir selama sehari. Kemudian, didihkan dan siap dikonsumsi.

Pada masakan tradisional, biji buah kluwek dimasak dengan dua cara menggunakan cangkang atau diambil dagingnya saja. Semua tergantung pada daerah dan menu yang akan dimasaknya.

Baca juga: 3 Resep Rawon untuk Moms Coba di Rumah, Lezat!

Manfaat Kluwek

manfaat kluwek

Foto: pinterest.com

Selain digunakan sebagai bumbu masak, masih banyak mafaat kluwek yang bisa dirasakan lho Moms. Berikut penjelasannya.

1. Menahan Erosi

Pohon kluwek atau dikenal juga dengan pangi memiliki efek ganda yang disebut sebagai multiplier effect. Salah satu fungsinya dari tumbuhan keras ini dapat berfungsi menahan erosi pada lahan-lahan kritis.

Manfaat ini telah direalisasikan di Provinsi Bengkulu, pohon pangi dibudidayakan dan ditanam sebagai pohon pelindung dan penghijauan di daerah aliran sungai.

Sedangkan fungsi lainnya, tajuknya yang rindang dapat ditanam di wilayah perkotaan sebagai peneduh dimana buahnya yang ada sepanjang tahun.

2. Bahan Pengawet Makanan Alami

Penggunaan buah pangi atau kluwek sebagai bahan pengawet makanan mungkin kurang dikenal dan digunakan oleh masyarakat secara luas.

Pada dasarnya, produk makanan yang beredar dibedakan menjadi dua golongan yaitu makanan siap saji (tanpa bahan pengawet) dan makanan yang dapat bertahan lama (menggunakan bahan pengawet).

Penggunaan kluwek sebagai pengawet alami bukan merupakan hal yang baru.

Hal ini diadopsi dari pengalaman sebagian masyarakat nelayan di Kecamatan Labuhan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten dalam membantu proses pengawetan ikan dan hasilnya sangat efektif jika dibandingkan menggunakan formalin dan proses pembuatannya pun sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Untuk dapat digunakan sebagai bahan pengawet, kluwek yang telah masak diambil bijinya kemudian dibelah. Daging yang terdapat di dalam biji diambil, dicincang dan kemudian dijemur selama dua sampai tiga hari.

Hasil daging cincangan tersebut kemudian dimasukkan dalam perut ikan yang telah dibersihkan isi perutnya. Efektifitas cincangan daging pangi sebagai pengawet dapat digunakan sampai enam hari.

Sedangkan untuk pengangkutan jarak jauh, cincangan daging tersebut biasanya ditambahkan garam dengan perbandingan 1:3 yaitu 1 untuk garam dengan 3 daging biji pangi.

3. Mengobati Penyakit Kulit

Manfaat lain dari kluwek adalah mengobati penyakit kulit. Hal ini karena kandungan asam lemak siklik, seperti asam hidnokarpat dan asam khaulmograt yang terkandung dalam biji pangi memiliki sifat anti bakteri yang dapat mengobati penyakit lepra, kudis dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Baca juga: 12 Cara Atasi Keracunan Makanan Basi Dengan Bahan Alami

4. Mengobati Cacingan dan Penawar Racun

Gejala yang paling umum yang terkait dengan infestasi cacing kremi adalah gatal perianal. Jurnal SeatPearls menjelaskan eritema perianal dapat terlihat karena gatal dan garukan.

Jika mengalami hal tersebut Moms dapat memanfaatkan ramuan dari daun kluwek. Karena beberapa penelitian menjelaskan bahwa daun kluwek memiliki khasiat sebagai obat cacing kremi dan penawar keracunan makanan

5. Mengobati Luka Bakar

Daun segar, getah daun, tumbukan daun dan biji kluwek juga digunakan sebagai antiseptik dan disinfektan untuk membersihkan luka luar. Di Papua New Guinea, buah yang dibuat jus digunakan untuk mengobati luka.

6. Pestisida Alami

Bagian dari kluwek juga dapat digunakan sebagai pestisida alami, khususnya pada bagian daun dan biji. Ekstrak dari biji pangi dapat digunakan sebagai rodentisida atau pembunuh hama alami.

Bahan ini dapat menjadi pembasmi tikus dalam waktu kurang dari 5 menit dengan memberikan sebanyak 0,8 ml larutan biji pangi dengan konsentrasi 100 % (2.800 ppm sianida).

Baca juga: Jangan Beri Odol, Pahami 5 Pertolongan Pertama Luka Bakar pada Balita

Cara Memilih Kluwek

cara memilih kluwek

Foto: facebook.com

Saat akan memasak menggunakan kluwek sebaiknya Moms memilih yang kualitasnya bagus. Sehingga, semakin enak saat dicampurkan ke masakan. Biar enggak salah lagi, berikut cara memilihnya.

1. Pilih Biji yang Batoknya Tidak Berjamur

Saat membeli pangi, jangan ragu untuk memeriksa dengan cara mengocok buahnya. Jika terasa berat dan tidak kopong tandanya daging buah bagus dan berwarna hitam.

2. Jangan Ragu untuk Meminta Penjual untuk Memecah Biji

Jika Moms tidak menemukan lewat mengocok, jangan ragu untuk meminta penjual untuk memecahkan salah satu buahnya. Tapi, ingat untuk tetap membeli ya yang sudah di buka ya Moms. Karena ada beberapa buah yang tidak kopong memiliki kualitas yang bagus.

3. Perhatikan Warnanya

Daging buah yang bagus berwarna hitam pekat, jangan ambil bila berwarna kelabu atau berjamur. Karena itu berarti kluwek telah kedaluarsa. Jika dagingnya berwarna agak coklat muda berarti kluwek masih muda.

4. Pecahkan Menggunakan Bahan Keras

Pada saat akan menggunakannya, pecahkan batoknya dengan ulekan batu atau martil. Agar isi dan batoknya tidak berhamburan kemana-mana, bungkus biji-bijian ini dengan kain lap atau kain yang telah tidak terpakai lainnya, baru anda pukul dengan ulekan.

Baca juga: Pahit Tapi Mujarab, Ini 10 Manfaat Brotowali untuk Kesehatan

5. Jangan Gunakan Saat Rasanya Pahit

Ambil sedikit dagingnya dengan sendok teh, cicipi, jika terasa pahit jangan digunakan. Kerok daging kluwek dengan sendok karena kadang-kadang isinya menempel di batok sehingga sulit untuk dilepaskan.

6. Rendam dengan Air Panas

Isi kluwek yang bagus adalah yang bentuknya bulat seperti batoknya dan utuh, tetapi jika mendapatkan kluwek yang telah mengering dan menempel pada batok jangan ragu-ragu juga untuk menggunakannya, asalkan warnanya hitam pekat dan tidak pahit.

Rendam sebentar dengan air panas agar dagingnya menjadi empuk sehingga mudah dihaluskan.

7. Simpan di Wadah Kering

Simpan biji-biji kluwek beserta batoknya di wadah kering dengan sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab agar kluwek tidak mudah berjamur.

Baca juga: 5 Cara Menyimpan Kentang Agar Tidak Mudah Busuk

Demikian penjelasan mengenai pengertian kluwek dan juga cara memilihnya. Semoga bermanfaat ya.

  • https://eresources.nlb.gov.sg/infopedia/articles/SIP_2014-12-16_135833.html
  • http://balithutmakassar.org/wp-content/uploads/2014/11/3_Pangium-edule_Info-Teknis-Eboni-Vol-12-No-1-2015.pdf
  • https://forda-mof.org/files/INFO_Manado_2.2.2012-2.Diah_Irawati.pdf
  • http://www.justtryandtaste.com/2011/05/kluwek-tentang-tips-memilih.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait