Inspirasi Nama Bayi

7 Kombinasi Nama Bayi Perempuan Kristen yang Menarik

Sudah memutuskan mau menggunakan nama yang mana, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Kombinasi nama bayi perempuan Kristen yang cantik memang harus dipikirkan dengan baik. Terlebih akan ada doa yang tak putus ketika memberikan nama pada anak.

Apakah Moms dan Dads sedang menantikan kelahiran buah hati dan belum memiliki nama bayi perempuan Kristen yang tepat?

Michigan State University menyatakan, salah satu hal yang harus diperhatikan apabila mau memberikan nama yang bagus bagi anak ialah dengan memberi perhatian.

Sebagai penganut agama Kristen, tak heran apabila Moms dan pasangan berminat mencarikan nama-nama yang berasal dari Alkitab.

Tetapi, Moms bisa mencoba kombinasi nama bayi perempuan Kristen yang dapat memberikan makna bagi kehidupan anak dan bisa jadi pelindung Si Kecil.

Baca Juga: 11 Inspirasi Nama Bayi dengan Tema Bunga, Cantik!

Kombinasi Nama Bayi Perempuan Kristen

Menurut situs web Behind The Name, pemberian nama dan identitas merupakan sebuah kontrak simbolis antara masyarakat dan individu.

Melalui nama, individu akan jadi bagian dari masyarakat dan karena sebuah nama, kelakukannya jadi dapat dibedakan dengan kelakuan orang lain. Yuk, cek kombinasi nama bayi perempuan Kristen berikut ini.

1. Aerilyn Bellvania Cintakirana

kombinasi nama anak perempuan kristen 1.jpg

Foto: pixabay.com

Kombinasi nama bayi perempuan Kristen yang pertama adalah Aerilyn Bellvania Cintakirana. Nama ini memiliki arti putri cantik yang merupakan anugerah dari Tuhan, dicintai banyak orang, dan bersinar.

Kehadirannya pun diharapkan membawa kasih dan kesejukan dalam keluarga. Nama ini berasal dari 3 kata yaitu "Aerily" berarti udara, "Bellvania" yang berarti cantik, kasih sayang, dan kupu-kupu serta "Cintakirana" artinya cahaya yang terang.

Baca Juga: 17 Nama Bayi Perempuan dari Hawaii, Cantik-cantik!

2. Ana Maria Roselani

nama bayi perempuan kristen

Foto: Orami Photo Stock

Ini adalah kombinasi nama bayi perempan Kristen yang bisa Moms dan Dads pertimbangkan. Nama bayi perempuan Kristen ini memiliki arti perempuan yang diibaratkan bunga mawar surga yang membawa kebahagian.

Berasal dari 3 suku kata, yaitu "Ana" yang berarti kesenangan atau anggun, "Maria" berarti kebahagiaan, dan mawar "Roselani" yang berarti bunga mawar surga. Wah, sangat indah ya Moms artinya.

3. Cetta Maria Jovita

kombinasi nama anak perempuan kristen 2.jpg

Foto: pixabay.com

Arti nama ini adalah perempuan seperti Bunda Maria yang hatinya baik dan memiliki pengetahuan luas.

Kombinasi nama bayi perempuan Kristen ini berasal dari 3 kata, yakni "Cetta" yang berarti berpengetahuan luas, "Maria" diangkat dari nama Bunda Maria, dan "Jovita" yakni kebahagian dan baik hati.

Semoga dengan nama ini, Si Kecil bisa jadi sosok yang tulus dan cantik jelita seperti Bunda Maria ya, Moms.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan dari Bahasa Meksiko

4. Dalia Dextra Andreana

nama bayi perempuan kristen

Foto: Orami Photo Stock

Nama ini memiliki makna sosok perempuan yang diibaratkan sebagai dahan besar yang kokoh. Anak yang memiliki nama ini diharapkan menjadi sosok yang kuat dalam menghadapi tiap cobaan dalam hidupnya.

Nama ini juga berarti ia selalu diberi kekuatan oleh Tuhan. "Dalia" berarti dahan besar, "Dextra" berarti dinamis, dan "Andreana" berarti sosok yang kuat.

5. Natane Lidia Tammy

kombinasi nama anak perempuan kristen 3.jpg

Foto: pexels.com

Nama bayi perempuan Kristen ini memiliki arti dari bumi yang sempurna dan pekerja keras.

Anak yang memiliki nama ini diharapkan membawa kebahagiaan yang sempurna bagi keluarganya dan juga tumbuh menjadi anak yang gigih serta berpendirian teguh.

Nama "Natane" berarti anak perempuan dari bumi, "Lidia" pekerja keras, sedangkan "Tammy" berarti sempurna.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Perempuan Buddhis dengan Makna Mendalam

6. Samara Griselda Sandra

nama bayi perempuan kristen

Foto: Orami Photo Stock

Makna dari nama bayi perempuan Kristen ini adalah gadis yang giat dalam hal tolong menolong dan pelindung masyarakat.

Nama "Samara" berarti dilindungi Tuhan, "Griselda" berarti gigih atau giat, sedangkan "Sandra" adalah sosok yang suka menolong dan selalu melindungi masyarakat.

Anak yang memiliki nama ini diharapkan jadi pribadi yang senang menolong orang lain dan gigih dalam mencapai keinginannya.

7. Zefanya Anabelle Stephanie

kombinasi nama anak perempuan kristen 4.jpg

Foto: pexels.com

Kombinasi nama anak perempuan Kristen yang terakhir adalah Zefanya Anabelle Stephanie. Makna dari rangkaian nama ini adalah seorang pemimpin wanita yang diberkati, bijaksana, dan pemberani.

Anak yang memiliki nama ini diharapkan dapat menjadi sosok pemimpin yang bijaksana serta pemberani dalam mengambil tiap keputusan.

Moms yang memberi nama ini juga berharap kalau setiap pilihan Si Kecil selalu diberkati oleh Tuhan.

"Zefanya" berarti seorang pemimpin yang bijaksana dan pemberani, "Anabelle" berarti putri, sedangkan "Stephanie" adalah orang yang diberkati. Sangat indah, ya?

Masih bingung untuk memberikan nama bayi perempuan Kristen terbaik untuk calon buah hati. Jika iya, begini tips memberikan nama untuk anak!

Baca Juga: 40 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Perempuan dengan Arti yang Indah

Tips Memberikan Nama untuk Calon Buah Hati

nama bayi perempuan

Foto: Orami Photo Stock

Memberikan nama bukanlah sebuah perkara yang mudah. Pasalnya, nama adalah identitas diri yang akan selalu digunakan hingga akhir hayat nanti.

Tidak sedikit orang tua yang akhirnya menyesal dalam melakukan pemilihan nama dan membuat anak mereka menjadi kesulitan karena menyandang nama tersebut.

Terlebih ketika nama yang disematkan memiliki pengejaan yang aneh atau terdengan tidak lazim di telinga sehingga sulit untuk dilafalkan.

Dan yang paling menyebalkan adalah ketika penulisan nama di akte kelahiran menjadi salah akibat kesulitan pengejaan nama. Hal ini tentu saja perlu dipikirkan karena mungkin kesalahan penulisan nama akan kembali terjadi di kemudian hari. Moms dan Dads tentunya tak ingin hal itu menghampiri Si Kecil bukan?

Daripada pusing memikirkan nama bayi perempuan Kristen yang tepat untuk calon buah hati, ada baiknya Moms dan Dads ikuti tips memilih nama untuk anak terlebih dahulu, yuk!

Baca Juga: Yuk Cek 57 Inspirasi Nama Sansekerta Bayi Laki-laki dengan Arti yang Indah!

1. Jangan Ikuti Tren

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memberikan nama bayi perempuan Kristen adalah dengan tidak mengikuti tren. Mengukuti tren bukanlah sebuah hal yang harus benar-benar dihindari.

Terlebih ketika nama tersebut memang sangat cantik dan terasa cocok untuk diberikan kepada calon buah hati.

Hal yang harus dilakukan adalah cobalah bertanya pada diri sendiri, apakah nama ini mudah untuk diucapkan? Apakah anakku nanti harus mengeja atau menjelaskan namanya suatu saat nanti?

Pasalnya, terdapat nama yang sering salah dituliskan meski nama tersebut sangat sering didengar. Seperti "Cynthia" atau "Chintya". Jadi, ada baiknya Moms dan Dads menghindari huruf "H" di tengah nama agar kesulitan nama tidak terjadi, ya!

2. Klasik Bukan Berarti Membosankan

Meski bisa dibilang sebagai nama klasik, namun bukan berarti Moms harus menamakan Si Kecil dengan nama yang sudah banyak dimiliki oleh orang lain.

Beberapa nama klasik seperti Ophelia dan Willa pun bisa dijadikan referensi.

Jadi, jangan terpaku dengan kesan klasiknya saja, ya!

3. Lihat Nama Dalam Silsilah Keluarga

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan nama bayi perempuan Kristen yang bagus adalah melihat silsilah keluarga.

Cobalah untuk mengingat-ingat nama tante, om, kakek, nenek, atau mungkin buyut yang bisa kembali disematkan pada Si Kecil.

4. Cari Makna yang Tepat dan Indah

Ini adalah cara selanjutnya untuk memberikan nama bayi perempuan Kristen yang tepat.

Meski terdengar cantik dan indah, namun sebuah nama belum tentu memiliki arti secantik yang terdengar. Atau ada beberapa nama yang memiliki arti aneh dalam beberapa bahasa yang lain.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Tengah Bayi Laki-laki yang Gagah

Misalkan arti nama Giselle, tahukah Moms dan Dads bahwa Giselle memiliki arti "tahanan"? Atau Cecilia yang memiliki arti "buta"? Hmm.. tentu saja Moms tak menginginkan kesalahan penamaan menjadi sebuah masalah atau ternyata memilki arti yang aneh, bukan?

5. Pikirkan Nama Panggilan

Nah, hal ini juga bisa menjadi cara yang tricky.

Pasalnya, meski sudah memberikan nama yang indah, jangan-jangan ada penggalan kata dalam nama Si Kecil yang bisa dijadikan senjata untuk mengolok-olok. Wah tentu Moms tak ingin hal ini terjadi bukan?

Akan menjadi sangat baik ketika Moms sudah bisa memikirkan panggilan untuk anak.

Ingat, jangan sampai salah pilih dan malah berujung memberikan Si Kecil nama panggilan yang aneh, ya!

6. Panggil Nama Secara Berulang

Untuk mengetahui nama yang akan disematkan terdengar cantik, cobalah untuk menyebutkan nama tersebut secara berulang.

Jangan lupa untuk mengucapkannya dengan suara dan tidak hanya dalam hati saja.

Jika memang sudah terdengar pas, nama tersebut pun bisa diresmikan untuk Si Kecil nanti.

7. Jangan Stres

Meski nama adalah sebuah identitas yang akan dimiliki seseorang hingga akhir hayatnya, Moms dan Dads tidak perlu terlalu stres dalam pemilihan nama.

Setiap nama memiliki keunikan tersendiri serta memiliki doa tersendiri yang disematkan untuk Si Kecil.

8. Diskusikan dengan Pasangan

Ketika membicarakan nama yang cocok ada baiknya untuk mendiskusikannya dengan pasangan. Jika pasangan belum mau memikirkan nama anak, jangan marah dulu ya. Hal tersebut sangatlah normal.

Cobalah untuk membicarakan mengenai hal ini lebih awal. Karena percayalah, semakin cepat Moms atau Dads memikirkan nama anak, rasa stres di belakang hari akan semakin berkurang.

Jika saran anak yang Moms dan Dads tidak disetujui pasangan, jangan merasa kesal dulu. Cobalah untuk meminta mereka memilih beberapa nama yang disukai.

Mungkin nama yang Moms dan Dads sukai bisa digabungkan dengan nama yang diusulkan oleh pasangan agar mendapatkan jalan tengah yang baik.

Baca Juga: 20 Inspirasi Nama Belakang Bayi Laki-laki yang Gagah dan Bagus

9. Butuhkan Saran dari Teman atau Keluarga?

Pertanyaan ini akan memberikan jawaban yang sangat tricky.

Jika Moms dan Dads ingin mendapatkan saran dari mereka, hal itu bisa dilakukan. Mungkin saja ada saran nama yang ternyata Moms dan Dads suka.

Namun harus dipikirkan juga, terkadang keluarga bisa sangat ikut campur dan malah membuat keadaan menjadi lebih membingungkan.

Jadi, jika Moms dan Dads ingin mendapatkan saran dari teman atau keluarga, jangan lupa persiapkan diri dengan hal-hal mengejutkan yang bisa mereka lakukan, ya!

Jadi, tidak ada salahnya jika Moms dan Dads memakan banyak waktu untuk memilih nama yang terbaik untuk Si Kecil.

Itulah beberapa kombinasi nama bayi perempuan Kristen yang bisa Moms dan Dads pertimbangkan serta beberapa cara agar tidak bingung dalam memberikan nama untuk calon buah hati tercinta. Semoga pilihan nama-nama di atas dapat mengurangi kegundahan Moms dan Dads dalam memilih nama, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait