Home & Living

5 Juni 2021

11 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Rumah yang Menawan, Cocok untuk Ganti Suasana Rumah!

Mencari kombinasi warna cat rumah bisa menjadi sebuah tantangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Memilih satu warna untuk rumah bisa menjadi hal mudah, tetapi bila mencoba menemukan kombinasi warna cat rumah dua atau lebih maka menjadi perkara yang membingungkan.

Apakah tujuan kombinasi warna cat rumah untuk menyoroti detail arsitektur atau hanya mencari warna yang seimbang semata?

Menurut Journal of Undergraduate Research, warna telah ditemukan untuk meningkatkan gairah seseorang. Warna dapat memiliki konsekuensi bawah sadar pada bagaimana perasaan orang baik secara psikologis maupun fisik.

Oleh karena itu, kebutuhan untuk mengetahui warna apa untuk mengecat ruang tertentu diperlukan agar ruang tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-sebaiknya oleh pengguna.

Warna, merupakan salah satu faktor efektif dalam suatu ruang yang mempengaruhi cara individu mengekspresikan emosinya.

Begitupun kebutuhan warna cat rumah, Moms dan Dads tentu membutuhkan kombinasi warna cat rumah yang tepat agar dapat mengekspresikan dengan tepat dan tak lupa melewatkan factor estetik.

Kombinasi Warna Cat Rumah

Sering terjadi beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang saat memilih kombinasi warna cat rumah yang tak sesuai dan tak boleh diaplikasikan di rumah Moms serta Dads.

Nah, agar tak salah jalur berikut ini beberapa kombinasi warna cat rumah untuk dicoba:

1. Pastel

Kombinas warna cat rumah yaitu pastel

Foto: Website/Nippon Paint

Merah muda, ungu muda atau mauve dan biru muda, kurang naungan yang kuat disebut warna-warna pastel. Warna-warna pastel menyatu dengan baik sebagai kombinasi warna cat rumah.

Menggunakan warna pastel pada cat dinding interior akan memberikan tampilan dan nuansa berbeda pada rumah. Warna-warna ini memamerkan sifat lembut, netral, dan menenangkan di rumah. Ini adalah kombinasi warna cat rumah terbaik untuk kamar Si Kecil.

2. Ungu dan Abu-Abu

Ungu dan Abu-Abu

Foto: Website/Nippon Paint

Menurut laman Nippon Paint, ungu berpadu dengan abu-abu membuat tampilan interior rumah lebih bermartabat dan canggih.

Sifat luar dari ungu yang dipadukan dengan abu-abu netral akan tampil sebagai kombinasi warna cat tembok yang istimewa. Kombinasikan di ruang tamu dan beberapa orang akan menganggap Moms dan Dads memiliki sifat yang luar biasa.

Trend kombinasi warna cat rumah ini akan menjadi yang akan disukai semua orang.

Baca Juga: 6 Tren Warna Cat Pastel untuk Mencerahkan Rumah

3. Soft Pink dan Turqouise

Soft Pink dan Turqouise

Foto: Website/Nippon Paint

Kombinasi warna cat rumah pink lembut dan turqouise adalah kombinasi yang berani untuk interior hunian Moms dan Dads.

Tren warna cat rumah ini memberikan tampilan yang cerah dan berkilau dengan sifat semarak merah muda dan biru kehijauan menjadikannya pilihan yang tepat untuk kamar anak perempuan juga.

Ini adalah salah satu kombinasi warna cat rumah serbaguna untuk dinding, karena bekerja dengan baik dengan sejumlah gaya desain di interior rumah.

4. Merah dan Hitam

Merah dan Hitam

Foto: Website/Nippon Paint

"Merah adalah warna klasik," kata desainer interior Cindy McClure, pemilik Konsultan Desain Grossmueller, di Washington, DC.

"Saya suka menggunakannya di rumah yang lebih kecil karena warnanya sangat bagus. Aksen hitam seperti pintu depan dan daun jendela terlihat bagus saat dipicu oleh garis putih," lanjutnya.

5. Charcoal dan Lime

Charcoal dan Lime

Foto: Website/Nippon Paint

Cara yang bagus untuk membuat pernyataan warna yang berani pada rumah modern bahkan yang terkecil sekalipun adalah memulai dengan netral yang kuat dan menambahkan semburat warna cerah pada pintu depan.

Kombinasi warna cat rumah ini bisa jadi ideal untuk Moms dan Dads yang ingin memberikan statement terhadap tempat tinggal.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Halaman Rumah Kecil Terlihat Lebih Lapang

6. Aquarium Blue dan Grape

Aquarium blue dan Grape

Foto: Website/Nippon Paint

Kombinasi warna unik pada dinding interior ini menanamkan energi yang hidup dan menyenangkan. Warna-warna ini mengelilingi keluarga dengan 'getaran' ceria dan antusias yang dapat mengubah sifat ruangan yang membosankan.

Kombinasi warna cat rumah ini bahkan menerangi ruang tanpa cahaya di rumah. Kombinasi warna ceria dan cerah di pintu masuk rumah membuatnya menarik bagi tamu.

Warna biru aqua dan anggur adalah salah satu kombinasi warna terbaik untuk rumah Moms.

Baca Juga:Tips Memilih Gorden yang Tepat untuk di Rumah

7. Biru dan Kuning

Biru dan Kuning

Foto: Website/Nippon Paint

Biru dan kuning membuat kombinasi warna yang terkesan 'elektrik'. Perpaduan biru cerah dan kuning hangat membuat interior rumah Moms dan Dads terlihat lebih menarik dan dinamis.

Dinding biru yang dramatis memberikan percikan kontras dari warna kuning dan melembutkan suasana rumah.

Kombinasi dinamis ini paling cocok untuk ruang belajar Si Kecil, karena warna kuning diketahui dapat meningkatkan daya ingat. Pengaruh warna-warna ini pada rumah menjadikannya cat dinding interior yang paling disukai.

8. Orange dan Putih

Orange dan Putih

Foto: Website/Nippon Paint

Oranye adalah warna yang ceria. Kombinasi warna cat rumah oranye atau jingga bercampur putih dapat menciptakan suasana yang sempurna untuk keluarga yang bahagia.

Oranye mendominasi skema warna dan 'menyatukan' beberapa ruang di rumah Moms dan Dads. Kemurnian warna putih dan keceriaan warna oranye di kamar tidur menjadikannya pilihan terbaik untuk kamar tidur.

Inilah salah satu kombinasi warna cat tembok interior yang sangat menarik.

9. Navy Blue dan Putih

Navy Blue dan Putih

Foto: Website/Nippon Paint

Dengan nuansa warna biru tua dan aksen putih, kombinasi warna cat rumah ini merupakan kombinasi warna cat dinding interior yang paling minimalis.

Kombinasi warna ini menambahkan banyak perspektif ke rumah dan membuat interior terlihat bersih dan elegan.

Kombinasi warna cat rumah ini juga membuat ruangan terlihat luas dan merangsang nafsu makan, menjadikannya pilihan yang tepat untuk dapur.

10. Cream dan Aqua

Cream dan Aqua

Foto: Website/Nippon Paint

Kombinasi aqua dan krim dapat memberikan suasana sejuk dan sejuk di rumah. Kombinasi tersebut mengingatkan orang-orang di dalam ruangan tentang pantai, dengan warna aqua yang memantulkan laut dan krim pudar yang mewakili pasir.

Kombinasi pada dinding interior akan menciptakan suasana santai dan damai. Jadi, ini adalah kombinasi warna dinding interior untuk
rumah pantai dan wisma.

11. Cokelat dan Hijau

Cokelat dan Hijau

Foto: Website/Nippon Paint

Seseorang selalu cenderung merasa tenang saat duduk di taman. Pepohonanlah yang menenangkan suasana hati, membuat Moms merasa segar dan tenang.

Hal yang sama dapat diterapkan pada kombinasi warna coklat dan hijau di dinding interior.

Kombinasi warna cat rumah ini membuat Moms serta Dads juga keluarga lainnya merasa segar, dan menambahkan suasana alami ke rumah atau apartemen.

Tips Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah

Mempelajari cara memilih kombinasi warna cat rumah di ruangan akan memudahkan bagaimana Moms dan Dads mencocokkan warna cat. Jika masih tidak yakin, berikut ini beberapa tips memilih kombinasi warna cat rumah:

1. Batasi Pilihan Warna

Warna Cat Rumah Navy Blue

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin sulit untuk mempersempit pilihan kombinasi warna cat rumah, tetapi jangan membanjiri satu ruangan dengan terlalu banyak warna. Aturan umumnya adalah tetap menggunakan setidaknya tiga warna.

2. Pilih yang Mencerminkan Kepribadian

cerminan kepribadian lewat rumah

Foto: Orami Photo Stock

Jangan terlalu fokus pada tren kombinasi warna cat rumah, dan apa yang Moms serta Dads pikirkan yang harus menjadi cat rumah kalian.

Pilih kombinasi warna cat rumah yang tampak menarik bagi kalian. Tanamkan selera dekorasi pribadi ke dalam rumah untuk menciptakan ruangan yang disukai oleh keluarga.

3. Campur Warna Hangat dan Sejuk

Campurkan warna hangat di rumah

Foto: Orami Photo Stock

Saat memilih banyak kombinasi warna cat rumah, Moms tidak harus memilih hanya warna sejuk atau hanya warna hangat.

Memadukan warna-warna hangat dan sejuk bersama-sama dapat menciptakan kontras yang menyenangkan dan membantu menyeimbangkan ruangan.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Suami Istri Saat Pindahan ke Rumah Baru

4. Uji Kombinasi Warna

Kombinasi warna cat rumah

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum Moms atau Dads mulai mengecat dinding, belilah sampel kecil dari semua kombinasi warna cat rumah yang dipilih.

Warnai sebuah karton besar dan letakkan di ruangan bersebelahan untuk melihat tampilannya di ruangan tersebut sebagai kombinasi warna cat rumah.

5. Luangkan Waktu

Luangkan waktu saat memilih kombinasi warna cat rumah

Foto: Orami Photo Stock

Saat Moms dan Dads siap untuk sebuah perubahan dekorasi, Moms tentunya menginginkan perubahan itu segera terjadi.

Tetapi memilih kombinasi warna cat rumah yang akan digunakan selama bertahun-tahun membutuhkan lebih banyak waktu. Saat Moms memilih warna, simpan sampel yang dicat di dalam ruangan selama beberapa hari lihat pada waktu berbeda untuk tampilannya.

6. Perhatikan Pencahayaan

Ilustrasi pencahayaan rumah

Foto: Orami Photo Stock

Tampilan kombinasi warna cat rumah sering kali bergantung pada pencahayaan di dalam ruangan. Moms dan Dads bisa mendapatkan gagasan paling pas tentang bagaimana dua warna bekerja sama dalam cahaya alami.

Warna-warna itu mungkin tampak berbeda saat sinar matahari bergeser dan menggunakan cahaya tambahan. Misalnya, pencahayaan pijar menekankan nada hangat dan kuning.

Pencahayaan fluorescent dapat menambahkan nada biru ke warna ruangan.

Baca Juga: Memainkan Pencahayaan di Ruang Tamu untuk Kesan Lebih Elegan

7. Pertimbang Intensitas

Warna Netral Nan Lembut

Foto: Orami Photo Stock

Warna-warna cerah dan intens cenderung menambah kesan berat pada ruangan. Warna netral yang kurang intens menciptakan kesan bobot yang lebih ringan pada ruang.

8. Pilih Hasil Akhir

Pilih kombinasi warna cat rumah

Foto: Orami Photo Stock

Lapisan cat yang pilih dapat menciptakan perbedaan halus pada tampilan akhir. Mengecat langit-langit dalam satu lapisan dan dinding di bagian lain menciptakan efek kontras yang halus.

Moms bisa melakukan hal yang sama pada dinding untuk menciptakan aksen.

Alih-alih memilih warna yang sama sekali berbeda untuk dinding aksen, gunakan warna yang sama tetapi dengan hasil akhir yang berbeda dari warna dinding lainnya.

Hasil akhir yang lebih mengkilap lebih banyak menarik perhatian, jadi pilih hasil akhir secara strategis berdasarkan tempat yang paling Moms dan Dads inginkan.

9. Berani

Berani memilih kombinasi warna cat rumah

Foto: Orami Photo Stock

Banyak pemilik rumah yang cenderung konservatif saat memilih warna cat.

Meskipun warna netral bisa menjadi indah dan bahkan dramatis, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang berani dan baru. Moms mungkin terkejut betapa sangat jatuh cinta dengan warna berani yang biasanya tidak dipertimbangkan Moms dan Dads.

Itu dia Moms, kombinasi warna cat rumah yang bisa menjadi inspirasi.

Moms dan Dads dapat menghabiskan waktu berjam-jam membandingkan kombinasi warna cat rumah hanya untuk satu ruangan. Tetapi, tidak ada salahnya mempertimbangkan beberapa pilihan warna dan tips di atas ya.

  • https://shorelinepaintingct.com/blog/match-paint-colors-paint-pairing-guide/
  • https://www.benjaminmoore.com/en-us/color-overview/color-palettes/color-of-the-year-2021
  • https://kellymoore.com/color/color-palettes/
  • https://kellymoore.com/wp-content/uploads/color/historic-lifestyles/spanish-style-house-terracotta.pdf
  • https://www.bergerpaints.com/get-inspired/exterior-paint-ideas
  • https://www.tailorbrands.com/blog/logo-color-combinations
  • https://www.nipponpaint.co.in/10-best-bedroom-colour-combinations/
  • https://www.veranda.com/decorating-ideas/color-ideas/g27455857/living-room-color-combinations-scheme/?slide=1
  • https://www.hgtv.com/outdoors/outdoor-remodel/20-inviting-home-exterior-color-palettes-pictures
  • https://www.elledecor.com/life-culture/travel/g9135464/exterior-house-colors/
  • https://www.ppgpaints.com/diy/inspiration/best-exterior-color-palettes
  • https://www.bobvila.com/slideshow/perfectly-suited-15-top-rated-color-combinations-for-your-home-exterior-52142
  • https://www.housebeautiful.com/room-decorating/colors/g1957/best-new-color-combinations/?slide=4
  • https://www.lowes.com/n/buying-guide/choose-paint-colors-and-schemes
  • https://www.behr.com/consumer/inspiration/2021-color-trends/
  • https://www.brickandbatten.com/15-exterior-paint-colors-that-are-on-trend-for-2021/
  • https://www.indecortrends.com/2021-trends-colors-to-paint-your-house/
  • https://www.thenordroom.com/blog/2020/9/8/the-color-trends-for-2021-warm-comforting-hues-bright-color-pops
  • https://www.researchgate.net/publication/333928432_Effects_of_color_in_interior_design
  • https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2158244014525423
  • https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2158244014525423#
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6120989/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait