Home & Living

3 Agustus 2021

Tengok 10 Kombinasi Warna Hijau untuk Cat Rumah yang Menenangkan dan Menyejukkan

Warna hijau diartikan sebagai warna yang menyegarkan dan menyejukkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms sedang mencari tahu seperti apa kombinasi warna hijau untuk warna cat rumah yang menawan?

Tahukah Moms bahwa dalam ilmu psikologi, warna dapat membangkitkan reaksi psikologi yang berbeda pada tubuh manusia? Ya, warna dianggap berdampak pada suasana hati dan emosi manusia.

Kadang-kadang reaksi ini terkait dengan intensitas warna, sementara dalam kasus lain emosi yang didapatkan ini adalah hasil dari pengalaman dan pengaruh budaya.

Lalu, bagaimana dengan warna hijau?

Bagi banyak orang, warna hijau diasosiasikan kuat dengan alam dan akan langsung mengingatkan kita pada rerumputan yang segar, pepohonan rindang, atau hutan yang lebat dan liar.

Selain itu, kombinasi warna hijau juga kerap diartikan sebagai warna yang menyegarkan dan menimbulkan perasaan tenang bagi mereka yang melihatnya.

Baca Juga: 11 Inspirasi Kombinasi Warna Cat Rumah yang Menawan, Cocok untuk Ganti Suasana Rumah!

Dalam psikologi warna, hijau adalah warna yang sejuk karena memiliki panjang gelombang yang lebih pendek. Bahkan, mata manusia tak perlu menyesuaikan terlalu lama ketika memandang warna hijau karena memberikan kesejukan.

Sementara itu, desain interior, warna hijau kerap digunakan sebagai warna pada ruang kerja, ruang tidur, hingga kamar mandi untuk memberikan efek menenangkan dan sejuk.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cat rumah, panduan warna kombinasi hijau yang cocok untuk ruangan dan hunian Moms. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: 13 Inspirasi Warna Cat Rumah Minimalis yang Cantik Nan Elegan

Cat Rumah Kombinasi Warna Hijau

kombinasi warna hijau

Foto: Orami Photo Stocks

Tak hanya memberikan ketenangan dan kesejukkan, menurut penelitian yang berjudul An Evaluation of the Historical Importance of Fertility and Its Reflection in Ancient Mythology, kombinasi warna hijau juga dapat memberikan inspirasi dan kreativitas pada penghuninya.

Selain itu, Moms juga bisa mengkombinasikan warna hijau dengan warna-warna lain agar hunian lebih estetik dan nyaman ditinggali. Berikut ini cat rumah kombinasi warna hijau terbaik untuk memberikan nuansa segar.

1. Hijau Tropis

Kombinasi warna hijau tropis pada cat rumah banyak ditemui pada rumah-rumah yang ada di pesisir pantai Florida, Amerika, seperti Pantai Delray dan Pantai Miami.

Warna hijau tropis yang mencolok dapat mencuri perhatian siapa pun yang lewat atau singgah di rumah Moms. Selain itu, warna ini juga bisa jadi warna yang 'berani' sekaligus menyejukkan mata.

Baca Juga: Dekorasi Rumah dengan 6 Tren Warna Terbaru 2019 Ini!

2. Hijau Mint Pucat

Untuk menghadirkan nuansa alami di ruang tamu, Moms bisa menggunakan warna hijau mint pucat sebagai kombinasi warna hijau pada dinding rumah.

Mungkin sekilas terlihat membosankan, namun Moms warna ini cenderung lebih netral jika Moms tidak menyukai warna hijau terang.

Selain itu, warna ini juga mudah dikombinasikan dengan furnitur ataupun hiasan dinding lainnya sehingga tidak membatasi Moms untuk berkreasi. Padukan dengan karpet atau sofa bertekstur dan berwarna-warni untuk kesan yang lebih ceria.

3. Hijau Lumut Terang

kombinasi warna hijau

Foto: Orami Photo Stocks

Kombinasi warna hijau untuk cat rumah berikutnya ialah hijau lumut terang. Apakah Moms bosan dengan warna dapur yang cenderung putih?

Nah, untuk tampilan yang menyegarkan, Moms bisa memilih warna hijau lumut terang ini untuk area dapur dan mengkombinasikannya dengan keramik hijau tua serta kursi bergradasi senada.

Ini adalah pengaturan ruangan yang sempurna untuk efek menenangkan saat memasak.

Baca Juga: 9 Pilihan Warna Cat Kamar Anak, Bisa Bikin Mood Lebih Baik!

4. Hijau Sage

Untuk efek yang lembut, menenangkan, romantis, dan manis, Moms bisa menggunakan warna hijau sage atau sage green pada area kamar tidur.

Meskipun simple namun, warna ini berhasil menghadirkan ketenangan yang dibutuhkan. Tambahkan tekstur dan warna lainnya seperti krem atau abu gelap pada seprai dan bingkai kasur.

5. Hijau Jeruk Nipis

Artis dan desainer Aldous Bertram menggunakan serangkaian warna tropis yakni pink pucat dan hijau jeruk nipis untuk ruang tamu yang nyentrik.

Selain itu, Bertram juga menyarankan untuk mengkombinasikannya dengan rotan atau ranting karang untuk mengubah hunian layaknya sedang berlibur di villa dekat pesisir pantai yang indah.

Baca Juga: 6 Warna Cat Rumah Terbaik yang Bisa Buat Mood Bahagia

Paduan Warna Kombinasi Warna Hijau pada Rumah

kombinasi warna hijau

Foto: Orami Photo Stocks

Warna paling populer untuk mewakili lingkungan dan alam adalah warna hijau.

Warna hijau selalu terlihat menyegarkan, meneduhkan, menghidupkan dan dapat dikombinasikan dengan aneka warna lainnya seperti coklat dan abu-abu, serta nuansa kuning, biru, merah muda, dan masih banyak lagi.

Sebelum Moms membeli furnitur atau perabotan rumah yang cocok dengan warna hijau, sebaiknya pahami dulu panduan skema warna kombinasi warna hijau berikut ini agar tidak salah pilih warna perabotan atau cat dinding rumah.

Nah, berikut ini paduan warna kombinasi warna hijau pada rumah.

Baca Juga: 6 Tren Warna Cat Pastel untuk Mencerahkan Rumah

1. Kombinasi Warna Hijau Rumput sebagai Pelengkap: Grass Green + Dusty Coral + Crisp White

Meskipun ketiga warna tersebut terlihat berlawanan satu sama lain yakni merah, hijau, dan putih, namun ketiganya dapat dikombinasikan dengan baik.

Warna dusty pink dan coral untuk sentuhan segar pada desain rumah klasik.

Sedangkan warna putih cerah pada seprai, sandaran kepala, dan lampu meja memberikan latar belakang yang tajam sehingga membantu memunculkan warna hijau pada tembok atau furnitur kamar tidur lainnya.

2. Kombinasi Warna Hijau Giok sebagai Penetral: Green Jade + Gray + White

Nuansa hijau yang sejuk, seperti batu giok, berpadu sempurna dengan warna netral seperti abu-abu dan putih. Ini merupakan kombinasi warna hijau yang pas untuk ruang tamu.

Moms bisa memadukannya dengan sofa bludru warna abu-abu sebagai titik fokus ruangan. Aksesoris warna putih disematkan untuk memberikan definisi kuat pada ruang tamu.

Baca Juga: 6 Ide Dekorasi untuk Kamar Mandi Kecil, Patut Dicoba, Moms!

3. Kombinasi Warna Hijau Daun Layaknya di Taman: Leaf + Poppy + Weathered Browns

Bawalah nuansa taman dengan kombinasi warna hijau daun yang menyegarkan mata untuk menciptakan nuansa klasik namun tetap terlihat mewah.

Warna hijau daun pada furnitur juga dapat mencerminkan pemandangan alam yang indah serasi dengan rindangnya pepohonan yang ada di sekeliling rumah.

Sedangkan warna cokelat bisa jadi warna lantai yang meneduhkan. Warna merah dapat dipilih untuk menyeimbangkan keseluruh kombinasi warna dalam ruangan.

4. Kombinasi Warna Hijau Neon seperti Berlibur di Pantai: Hijau Neon + Oranye + Turkis

Kombinasi warna hijau neon, oranye, dan turquoise mengingatkan kita pada villa atau pemukiman di pesisir pantai yang identik dengan warna-warna cerah dan berani.

Rona warna ini juga dapat membentuk dasar untuk skema warna pantai yang cerah yang menampilkan nuansa lembut hijau neon dan turkis yang diimbangi dengan oranye mencolok.

Tambahkan jendela besar dengan gorden putih tipis untuk memberikan kesan yang alami dan menyenangkan.

Baca Juga: Agar Suasana Nyaman, Cari Tahu Warna Cat yang Pas untuk Setiap Ruangan di Rumah

5. Kombinasi Warna Sage Green untuk Desain Pedesaan: Sage Green + Creamy White + Natural Wood

Kombinasi warna sage green yang tidak terlalu cerah dapat dijadikan sebagai penyeimbang dalam ruangan. Selain itu, juga mengingatkan kita pada nuansa pedesaan yang lembut, sejuk, indah, dan sederhana.

Terlebih perpaduan warna putih dengan furnitur kayu semakin menciptakan suasana alami yang menenangkan.

Itulah kombinasi warna hijau untuk cat rumah beserta panduannya. Indah dan menawan, bukan?

Apakah Moms tertarik untuk mengecat ruangan dengan pilihan warna hijau seperti di atas? Jika ya, warna apa yang sekiranya akan Moms pilih?

  • https://www.verywellmind.com/color-psychology-green-2795817
  • https://www.thespruce.com/paint-your-home-shade-of-green-4065254
  • https://www.housebeautiful.com/room-decorating/colors/g419/paint-color-greens-0908/?slide=9
  • https://www.elledecor.com/design-decorate/color/g3225/green-room/?slide=4
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait