Home & Living

11 Agustus 2021

10 Kombinasi Warna Pink untuk Nuansa yang Menyegarkan di Dalam Rumah

Warna ini juga kerap digambarkan sebagai warna feminim dan diasosiasikan dengan anak-anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Warna pink erat dikaitkan sebagai simbol cinta dan romansa. Warna ini juga kerap digambarkan sebagai warna feminin dan diasosiasikan dengan anak-anak. Lalu, apa saja kira-kira kombinasi warna pink yang cocok?

Misalnya, mainan anak perempuan biasanya didominasi warna pink atau ungu sedangkan mainan anak laki-laki umumnya warna merah, kuning, biru, atau hitam.

Selain itu, banyak orang mengasosiasikan warna ini adalah warna yang penuh kelembutan, kebaikan, pengasuhan, dan kasih sayang.

Menurut jurnal Public Library of Science oleh Gilbert E Bakhshi S, diungkapkan bahwa penelitian psikologi menunjukkan jika warna pink memberikan efek menenangkan yang kuat ketika dipraktikkan di dalam tembok penjara.

Baca Juga: Tengok 10 Kombinasi Warna Hijau untuk Cat Rumah yang Menenangkan dan Menyejukkan

Bahkan, karena efek menenangkan itu, terkadang tim olahraga mengecat ruang ganti tim lawannya dengan warna pink agar pemain merasa pasif, tenang, dan tidak bersemangat.

Iowa Hawkeyes memiliki ruang ganti tim tamu berwarna merah muda di Stadion Kinnick.

Dia percaya bahwa ruangan serba pink akan mengacaukan pikiran tim lawan.

Dalam dunia interior desain, warna pink identik dengan kebahagiaan, keceriaan, kreativitas, hingga menyegarkan penglihatan. Oleh karena itu, warna pink cocok dipadukan dengan berbagai warna lain untuk membangun keselarasan dan estetika rumah.

Namun, kombinasi warna pink tak boleh sembarangan, Moms perlu tips dan trik khusus saat memilih warna pink agar rumah terlihat indah dan memberikan energi positif.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Cat dengan Bahan Alami dan Rumahan

Cat Rumah Kombinasi Warna Pink

kombinasi warna pink

Foto: Unsplash.com

Kini warna cat tembok pada hunian tak hanya warna-warna netral seperti putih atau abu-abu. Pink juga bisa jadi kombinasi warna dinding yang menyegarkan untuk dipadukan dengan furnitur lainnya dan bisa diaplikasikan di semua ruangan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini kumpulan kombinasi warna pink pada cat rumah.

1. Pink dan Pink

Dengan menggabungkan warna tembok pink dengan dekorasi warna senada, Moms tak perlu bingung memilih warna atau dekorasi untuk rumah.

Karena ini adalah warna yang sangat tenang dan menenangkan, Moms dapat menempelkan dekorasi warna senada di setiap dinding atau sudut-sudut ruangan.

Kombinasi warna soft pink seperti baby pink atau peach bekerja sangat baik di ruang keluarga dan kamar tidur anak.

Baca Juga: 5 Furnitur Ini Cocok Untuk Dekorasi Rumah Bergaya Vintage

2. Pink dan Hitam untuk Kombinasi yang Indah

Jika Moms ingin membuat suasana rumah yang berbeda dari biasanya, padukan warna pink dengan warna hitam agar ruangan terkesan unik dan artsy.

Moms bisa memilih warna pink pastel dan menggunakan cat hitam matte untuk memberikan sentuhan akhir yang mewah dan classy pada ruangan. Jika Moms memilih untuk mengecat dinding dengan warna pink, pastikan agar memasukkan warna hitam pada bagian lis lantai, kabinet, gorden, atau furnitur.

3. Padukan Pink dan Putih Bersama

Dalam hal kombinasi warna pink muda untuk dinding, tidak ada kombinasi yang lebih baik dari putih dan pink. Dinding baby pink sangat cocok dengan komponen putih di dalam ruangan.

Moms bisa mengecat dinding bergantian dengan kombinasi kedua warna tersebut. Atau, Moms juga bisa menggunakan furnitur bergaya skandinavia putih klasik untuk tembok warna pink muda yang menyegarkan.

Baca Juga: 6 Warna Cat Rumah Terbaik yang Bisa Buat Mood Bahagia

4. Pink dan Kuning Cocok Dipadukan Bersama

Meskipun kombinasi warna pink dan kuning memang jarang digunakan. Padahal, perpaduan warna keduanya mampu menambahkan elemen sporty dan menyenangkan ke ruang tamu.

Pilih warna pink yang lebih berani dan lebih gelap untuk bagian dinding. Tambahkan kontras dengan memasukkan sofa kuning cerah atau aksesori dekorasi ruangan.

Ini dapat memberikan tampilan yang cerah dan lapang ke ruang tamu di rumah.

5. Warna Pink Tua Sangat Cocok untuk Kamar Anak

Warna diketahui memiliki dampak yang sangat penting pada pertumbuhan balita. Jadi, jika Moms sedang mencari warna yang cantik untuk menghiasi dinding kamar anak, kombinasi warna pink dan kuning akan jadi pilihan terbaik.

Faktanya, warna pink gelap cocok untuk remaja dan dewasa. Moms juga bisa menambahkan furnitur putih atau kayu ke ruangan untuk memberikan lebih banyak definisi pada bagian dekornya.

Baca Juga: 9 Pilihan Warna Cat Kamar Anak, Bisa Bikin Mood Lebih Baik!

6. Dinding Pink Muda Serasi dengan Lantai Kayu

Kombinasi warna pink di kamar tidur dan ruang tamu dengan lantai kayu akan memancarkan suasana yang hangat sekaligus ceria.

Pilih lantai kayu rosewood yang cantik agar terlihat lebih indah jika dipadukan dengan nuansa pink pada ruangan.

7. Dinding Pink dan Putih dapat membuat Tampilan Dapur Jadi Lebih Indah

Pink dan putih adalah kombinasi warna yang sempurna untuk dinding dapur yang trendi dan modern. Dapur modern biasanya dilengkapi dengan dekorasi minimalis.

Oleh karena itu, palet warna pale pink digabungkan dengan warna putih sangat cocok untuk dapur yang serba modern.

Baca Juga: 6 Tren Warna Cat Pastel untuk Mencerahkan Rumah

Kombinasi dan Paduan Warna Pink pada Furnitur Rumah

kombinasi warna pink

Foto: Unsplash.com

Tak hanya kombinasi warna pink pada tembok saja yang perlu diperhatikan, furnitur-furnitur pelengkap dan dekorasi rumah berwarna pink juga harus diperhatikan kesinambungannya.

Jangan sampai salah beli furnitur malah akan membuat ruangan tidak memancarkan energi kebahagiaan seperti yang selama ini diidamkan. Nah, berikut ini kombinasi dan paduan warna pink pada furnitur rumah.

Baca Juga: 13 Inspirasi Warna Cat Rumah Minimalis yang Cantik Nan Elegan

1. Temukan Siluet yang Tepat pada Ruangan

Berbagai siluet warna pink yang berbeda akan membangkitkan suasana hati yang berbeda pula.

Misalnya, perabotan bernuansa pink dipadukan dengan wallpaper bermotif tropikal atau hiasan dinding dengan kolase foto etnik akan menampilkan suasana ruangan yang alami sekaligus vintage.

Semuanya dapat diciptakan tergantung pada warna dinding yang digunakan atau perabotan warna pink yang Moms pilih.

Untuk nuansa yang lebih bersahaja, Moms bisa memadukan dekorasi ruangan berwarna pink, abu, hitam, dan putih. Dengan kombinasi warna pink dan warna-warna netral akan memberikan kehangatan pada ruangan.

Namun, jika Moms menginginkan penampilan yang berani dan lebih kuat maka Moms bisa memilih menggunakan warna pink fuschia, peach coral, dan hot pink.

Nuansa ini akan membuat dinding aksen yang indah atau bagian fitur di dalam ruangan, dan juga cocok dikombinasikan dengan warna seperti hijau dan biru.

Baca Juga: Penghias Interior Rumah, Ini 8 Jenis Ikan Predator untuk Dipelihara dalam Akuarium

2. Pertimbangan Warna yang Lebih Trendi

Warna monokrom bukan hanya bisa dilakukan pada hitam dan putih namun juga kombinasi warna pink yang senada untuk menciptakan ruang yang lebih lapang, tenang, dan trendy.

Moms juga bisa memadukannya dengan warna abu-abu untuk nuansa yang chic dan elegan sekaligus menenangkan. Tak hanya itu, kini kombinasi warna pink muda dengan hijau mint akan memberikan gaya yang berbeda dan menyegarkan.

Tambahkan sentuhan aksesoris metalik, perak, tembaga, atau emas, untuk membantu memantulkan cahaya ke sekeliling ruangan.

Baca Juga: 7 Terrarium Cantik Untuk Hiasan Dekorasi di Rumah

3. Mulailah dari Mendekor Hal-hal Kecil

Jika salah mengombinasikan warna pink, maka akan membuat ruangan terlalu dramatis dan berlebihan. Untuk itu mulailah mendekor ruangan dari hal yang terkecil.

Misalnya, dengan mendekor ruangan menggunakan bantal sofa, permadani, atau vas bunga bernuansa pink. Selain tidak terlalu berlebihan, barang-barang tersebut juga mudah dipindahkan ketika Moms bosan dengan nuansa warna pink.

Itulah 10 kombinasi warna pink untuk hunian yang dapat menghadirkan ketenangan dan kebahagiaan di dalam rumah.

  • https://www.furniturechoice.co.uk/inspiration/5-ways-to-decorate-the-home-with-pink_a10000086
  • https://www.magicbricks.com/blog/pink-colour-combinations-for-walls/117072.html
  • https://www.empower-yourself-with-color-psychology.com/color-pink.html
  • https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-pink-2795819
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait