Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Rupa-rupa | Nov 12, 2018

Calon Ayah, Yuk Gabung dengan 3 Komunitas Ini!

Bagikan


Jika zaman dulu banyak yang menganggap bahwa pengasuhan anak hanyalah tugas ibu, kini anggapan tersebut sudah usang. Pengasuhan anak merupakan tanggung jawab bersama antara ibu dan ayah. Setuju tidak Moms?

Anak merupakan buah cinta ibu dan ayah. Jadi, untuk pengurusannya pun, ayah dan ibu punya tanggung jawab yang sama. Sayangnya, belum semua laki-laki memahami hal tersebut.

Tapi jangan khawatir Moms! Ada beberapa komunitas yang tepat untuk diikuti si calon ayah. Dengan bergabung ke komunitas ini, calon ayah akan mendapatkan banyak pengetahuan. Apa saja? Yuk kita lihat daftarnya di bawah ini!

Komunitas Ayah ASI

Foto: instagram.com/id_ayahasi

Komunitas Ayah ASI hadir untuk mempopulerkan ASI dan menyusui. Komunitas yang diinisiasi oleh Ernest Prakasa, Sogi Indra Dhuaja, dan beberapa ayah lainnya ini berawal dari “kesalahan” yang sama ketika anak pertama mereka lahir.

Mereka tidak ingin melakukan kesalahan yang sama dan ingin orang lain juga tidak sampai melakukan kesalahan tersebut.

Berkat kesalahan tersebut, para ayah ini justru jadi sadar dan ingin berbagi tentang ASI dan menyusui.

Berawal dari Jakarta, gerakan ini kemudian merambah ke kota-kota lain. Saat ini sudah semakin banyak Ayah ASI yang mendukung istrinya memberikan ASI dengan baik untuk anak mereka.

Baca Juga: Begini 6 Cara Membuat Pasangan Mau jadi Ayah ASI

Komunitas Bapak Rangkul

Foto: vemale.com

Komunitas Bapak Rangkul berpendapat bahwa pengasuhan adalah urusan bersama.

Komunitas ini merupakan bagian dari komunitas Rangkul yakni sekelompok relawan dari komunitas Keluarga Kita yang merupakan program pemberdayaan keluarga.

Dalam situs resminya, Rangkul menyebutkan gerakan ini mendorong orang tua berdaya untuk orang tua lain dengan terus menjadi sumber belajar yang efektif dan berbagi praktik baik pengasuhan untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Pada akhirnya, tanggung jawab pengasuhan adalah peran kolektif untuk masyarakat dan negara yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Anda Akan Jadi Ayah yang Ideal

Aliansi Laki-laki Baru

Foto: kbr.id

Aliansi Laki-laki Baru (ALB) adalah gerakan yang lahir dari gerakan perempuan dan bertujuan untuk mengajak laki-laki untuk terlibat dalam upaya penghentian kekerasan terhadap perempuan.

ALB bertujuan untuk membongkar paradigma kelaki-lakian yang patriarkis serta membongkar relasi kuasa dalam tatanan masyarakat.

ALB juga cukup menaruh perhatian pada peran domestik dalam rumah tangga. Bagi mereka, berbagi tugas untuk mengerjakan pekerjaan rumah adalah hal penting.

ALB menegaskan bahwa laki-laki juga bertanggung jawab atas tugas domestik. Bukan karena ingin membantu istrinya, melainkan karena laki-laki juga merupakan bagian dari rumah tangga.

Sudah saatnya laki-laki berperan lebih banyak di rumah, berbagi peran setara dengan istri/ibu/saudara perempuannya. Karena nyatanya, pekerjaan domestik tidak hanya untuk perempuan.

Itulah beberapa komunitas yang bisa diikuti oleh calon ayah. Banyak manfaatnya, lho!

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.