Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Kesehatan Bayi | May 21, 2018

Kondisi Bayi yang Harus Dirawat di Ruang NICU dan Penanganan yang Dilakukan Dokter

Bagikan


Bayi dengan kondisi apa saja yang membutuhkan penanganan NICU?

Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin bayinya sehat dan bisa segera membawanya pulang. Akan tetapi, adakalanya bayi baru lahir terpaksa harus dirawat di unit perawatan intensif neonates (NICU) karena kondisi atau gangguan kesehatan tertentu. Apa itu NICU?  

Menurut dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, Sp.A(K), dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, Jakarta, Neonatal Intensive Care Unit (NICU) adalah ruang perawatan intensif untuk merawat bayi yang membutuhkan penanganan, perawatan, dan pengobatan khusus karena berisiko tinggi meninggal atau menderita sakit.

Baca Juga : Masih Percaya Mitos-mitos Seputar Bayi Baru Lahir Ini?

Bayi dengan kondisi apa saja yang membutuhkan penanganan NICU?

Di antaranya adalah bayi prematur karena paru-parunya belum sempurna sehingga butuh alat bantu napas. Selain itu, bayi-bayi yang terlahir dengan masalah kesehatan, misalnya mengalami gangguan pernapasan karena infeksi paru.

Jadi, penanganan bayi baru lahir dengan kondisi tertentu ini tak bisa disamakan atau disatukan dengan bayi dengan penyakit lain. Mereka perlu mendapat penanganan dan perlakuan khusus atau ekstra yaitu di ruangan NICU. Ruangan ini ibarat ICU khusus bayi.

NICU memiliki perlengkapan medis yang canggih sehingga diharapkan dapat mencegah dan menangani masalah bila terjadi kegagalan organ-organ vital bayi baru lahir.

Penanganan di NICU memang disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Misalnya, pasien bayi yang membutuhkan alat inkubator, blue light therapy, infus, monitor jantung dan paru.

Demikian pula pada bayi-bayi yang mengalami gangguan kesehatan yang berat membutuhkan penanganan dan pemantauan yang lebih ketat.

Baca Juga : Mengenal Sepsis Neonatal Pada Bayi Baru Lahir

Ragam Peralatan di NICU

Lalu, apa saja peralatan medis yang berada di ruang NICU? Berikut di antaranya:

  1. Inkubator

Alat ini berperan untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang sesuai untuk bayi. Jadi, suhu di inkubator dapat diatur sesuai kondisi bayi.

  1. Infant Warmers

 Alat ini berupa berperan untuk menstabilkan dan mengontrol suhu tubuh bayi.

  1. Infusion Pump

Alat ini berguna untuk memberi cairan infus atau obat-obatan pada bayi.

  1. Syringe Pump

Alat ini untuk memberikan cairan infus dan obat-obatan dengan aman, ketepatan sangat akuran dan kontinu sesuatu yang dibutuhkan bayi.

  1. Monitor

Berbagai alat monitor untuk memantau tanda-tanda vital bayi yang sedang dirawat, di antaranya denyut jantung, pernapasan, tekanan darah, suhu dan kandungan oksigen dalam darah.

  1. Blue Light Therapy

Terapi cahaya digunakan untuk menangani bayi dengan kadar bilirubin tinggi. Bayi menggunakan pelindung mata khusus dan tidak mengenakan pakaian. Lamanya terapi ini bergantung dari penurunan kadar bilirudin. Biasanya diperiksa ulang setelah 24 jam.

  1. CPAP (Continous Positive Airway Pressure)

Alat bantu pernapasan untuk bayi prematur yang mengalami gangguan pernapasasn karena paru-parunya tak bisa mengembang dengan sempurna.

  1. Ventilator

Alat ini digunakan pada bayi yang mengalami gangguan pernapasan berat.

Baca Juga : Ini Masalah Kesehatan yang Sering Dialami Bayi Prematur

Nah, ketika menjalani penanganan di NICU ini, bayi akan menjalani berbagai tes atau pemeriksaan. Misalnya, pemeriksaan untuk mengetahui kadar gula darah, suhu tubuh, jalan napas, tekanan darah, permeriksaan laboratorium dan pemeriksaan penunjang lainnya.

Dokter dan perawat di ruangan NICU memang sudah ahli dalam menangani pasien bayi secara intensif. Penanganan pasien bayi di ruangan NICU memang harus cepat, sigap, tepat, dan steril (karena bayi prematur mudah terinfeksi penyakit).

Idealnya, pasien bayi yang menjalani perawatan alat bantu pernapasan ditangani oleh satu perawat. Bila kondisi pasien bayi stabil, satu perawat dapat menangani 2-3 pasien bayi di ruang NICU ini.

(HIL)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.