Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tips Cepat Hamil | Jun 19, 2018

Konsumsi Kurma Muda Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Bagikan


Khasiat dan manfaat kurma bagi kesehatan sudah menjadi perbincangan banyak orang. Buah ini sangat cocok dikonsumsi karena memiliki manfaat yang luar biasa. Bahkan, berbagai produk kurma juga sangat baik untuk ibu hamil, misalnya kurma muda, sari kurma, dan madu kurma.

Kurma (Phoenix dactylifera) adalah buah dengan rasa manis khas yang tumbuh di daerah Timur Tengah dan Afrika. Ada berbagai jenis spesies pohon kurma dan lebih dari 14 jenis buah-buahan kurma. Kurma adalah salah satu dari beberapa jenis makanan yang dapat membuat awet muda.

Selain dikenal karena manfaatnya, kurma juga dikenal bersifat tahan lama. Oleh karena itu, Moms dapat menggunakannya dalam berbagai resep yang berbeda seperti salad, roti, makanan penutup, dan sebagainya. Kandungan kurma yang sangat kaya dengan asam lemak, mineral, nutrisi, asam animo, vitamin, dan elemen-elemen lain ternyata sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Inilah buah ajaib!

Berbicara tentang proses melahirkan, Moms tentu ingin mengalami persalinan yang mudah, singkat, dan sehat. Untungnya, ada beberapa cara alami agar persalinan lebih pendek dan makan kurma adalah salah satu di antaranya.

Manfaat Kurma untuk Hamil

Menurut penelitian, kurma berperan secara signifikan dalam kehamilan yang sehat karena memiliki berbagai manfaat berikut:

  • Mencegah risiko anemia
  • Membantu mengatasi morning sickness
  • Mengontrol tekanan darah
  • Mengatur kadar gula darah
  • Membantu mengembalikan kalsium yang hilang selama kehamilan
  • Menghilangkan racun-racun berbahaya
  • Mendukung sistem kekebalan tubuh

Mari kita lihat berbagai nutrisi dalam kandungan kurma untuk pertumbuhan janin yang lebih baik serta kesehatan selama kehamilan:

1. Gula alami (fruktosa)

Selama kehamilan, Moms membutuhkan banyak energi dan gula dapat memberikan energi tercepat. Gula alami (fruktosa) dalam kandungan kurma mudah terurai dalam tubuh dan tidak akan memengaruhi kadar gula darah, tetapi memberikan energi yang besar. Itulah yang menjadikan para wanita menjatuhkan pilihan pada kurma untuk hamil atau persalinan yang sangat sehat.

2. Protein

Ibu hamil membutuhkan protein selama kehamilan karena asam amino yang membentuk proten membantu membangun dan membentuk sel tubuh ibu dan calon bayi. Untuk mendukung pertumbuhan janin dan kesehatan Moms, maka Moms membutuhkan jumlah protein yang cukup.

3. Serat (fiber)

Serat atau fiber membantu menjaga sistem pencernaan yang sehat dan menangani masalah sembelit dalam kehamilan, mengurangi kadar kolesterol dan melindungi dari infeksi. Kehamilan sering kali terkait dengan tekanan darah tinggi dan diabetes, di sinilah peran serat membantu mengatasinya. Kurma juga membantu menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan. Moms akan sering merasa lapar dan serat dalam kandungan kurma akan memberikan perasaan kenyang untuk waktu yang lama.

4. Folat

Folat atau asam folat berperan dalam pembentukan sel-sel baru dan mencegah anemia. Folat juga membantu mencegah cacat lahir berbahaya yang dapat merusak otak dan sumsum tulang belakang bayi.

5. Vitamin K

Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan membantu dalam perkembangan tulang yang kuat pada bayi. Kekurangan Vitamin K pada bayi dapat berbahaya karena memengaruhi pembekuan darah, dan menyebabkan situasi yang mengancam jiwa.

6. Besi

Besi berperan penting dalam proses metabolisme, mencegah anemia pada ibu dan bayi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Kalium

Kalium merupakan salah satu elektrolit yang paling penting dalam tubuh, yang berperan dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan air selama kehamilan. Kalium juga membantu menjaga kesehatan jantung, saluran pencernaan dan fungsi saraf dan otot yang optimal. Kekurangan kalium menyebabkan masalah ginjal, bahkan juga dapat mengakibatkan kematian.

8. Magnesium

Magnesium membantu kontraksi otot dan denyut jantung normal. Magnesium pun berperan dalam pembentukan gigi dan tulang dan mempertahankan kadar gula darah. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya asupan magnesium selama kehamilan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kelainan hati dan ginjal, serta melemahnya daya penglihatan.

Aneka Produk Kurma untuk Kesehatan

1. Kurma muda

Tampilan kurma muda mirip seperti buah sawit, tetapi memiliki tekstur buah yang berbeda, agak keras, dan bagian dalamnya seperti kelapa (putih). Kurma muda memiliki rasa agak sedikit sepet, tapi tergantung warna buahnya yang terdiri dari tiga jenis: merah, hijau, dan kuning.

Meski masih muda, namun khasiat kurma muda tidak kalah dengan buah kurma basah atau kurma kering. Banyak yang menyebutkan kurma muda berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan bagi pasangan yang belum dikaruniai keturunan. Selain itu, buah ini membantu meningkatkan kontraksi otot selama menjelang proses persalinan dan melancarkan produksi ASI. Berbagai khasiat yang dikandungnya membuat kurma muda sangat dianjurkan bagi para pasangan yang sedang berupaya program hamil. Moms bisa menikmati kurma muda ditambah madu, atau bisa juga dengan minuman lainnya.

Di Indonesia, produk ini masih langka, sebab untuk mendapatkannya harus diimpor langsung dari Madinah. Nah, bila Moms tertarik untuk mengonsumsi kurma muda, kini bubuk kurma muda telah banyak diproduksi dan dipasarkan. Cara konsumsinya diseduh dengan air dan dicampur dengan madu.

2. Sari kurma

Sari kurma mengandung stimulan tertentu yang memperkuat otot-otot rahim dalam beberapa bulan terakhir kehamilan. Buah ini membantu memperkuat kontraksi rahim pada saat persalinan serta melancarkan produksi ASI bagi calon bayi. Karena itu dianjurkan bagi ibu hamil agar sering mengonsumsi sari kurma pada masa kehamilan, persalinan dan selama menyusui.

Manfaat sari kurma yang lain adalah meningkatkan kembali otot-otot seksual dan menambah stamina pria dan wanita ketika berhubungan intim. Sari kurma juga dapat meningkatkan produksi trombosit dan sel darah merah. Glukosa alami yang terdapat dalam kandungan kurma ini dapat mempercepat pemulihan tubuh setelah sakit.

Sari kurma banyak dijual di pasaran, namun Moms bisa membuatnya sendiri. Bagaimanakah caranya? Misalkan, untuk meningkatkan kadar trombosit pada penderita demam berdarah, diperlukan 500gr buah kurma yang diblender dengan 5 gelas air. Sari kurma tersebut dapat diminum setiap jam.

3. Madu kurma

Tahukah Moms, ternyata kurma bisa dibikin madu, lho. Selain memiliki rasa manis yang khas dan kandungan kurma yang kaya akan nutrisi, madu kurma juga memiliki banyak khasiat, seperti meningkatkan stamina, menormalkan tekanan darah, menyehatkan jantung, dan melancarkan pencernaan.

Madu kurma sangat cocok buat Moms yang supersibuk agar tidak mudah terserang penyakit. Terbuat dari bahan alami, madu kurma tidak memiliki efek samping sehingga aman dikonsumsi oleh segala usia, termasuk ibu hamil dan menyusui.

Selain sangat lezat dan bermanfaat untuk ibu hamil, kurma juga dapat dijadikan MPASI bayi, lho. Mau mencoba untuk bayi Moms? Silakan pilih Nestle Cerelac Bubur Susu Kurma & Madu, untuk makanan pendamping bagi Si Kecil.

 

Nah, maukah Moms berbagi pengalaman setelah mengonsumsi kurma selama kehamilan?

 

(ROS)

 

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.