Kehamilan

KEHAMILAN
11 Mei 2020

Konsumsi Susu Untuk Program Hamil, Perhatikan Ini!

Tidak semua susu baik untuk promil lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Susu menjadi salah satu yang sering kali direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika mempersiapkan kehamilan.

Hal ini dikarenakan susu kaya akan kalsium dan vitamin D yang baik bagi kesuburan serta dipercaya dapat memperbesar peluang hamil.

Namun, sebaiknya Moms perhatikan beberapa hal penting di bawah ini sebelum memulai konsumsi susu untuk program hamil.

Perbanyak Susu Tinggi Lemak, Hindari Susu Rendah Lemak

Konsumsi Susu Untuk Program Hamil, Perhatikan Ini! 1

Foto: pixabay.com

Selama ini konsumsi susu rendah lemak sering kali dianggap lebih baik bagi kesehatan, termasuk untuk kesuburan.

Tetapi ternyata terlalu sering mengonsumsi susu skim dan susu rendah lemak terbukti dapat meningkatkan risiko infertilitas akibat anovulasi, menurut sebuah penelitian di jurnal Human Reproduction. Sementara konsumsi susu tinggi lemak justru dapat menurunkan risiko tersebut.

“Semakin banyak produk susu rendah lemak yang dikonsumsi seorang wanita, semakin banyak kesulitan yang didapatnya untuk bisa hamil,” kata Walter Willet, M.D., seorang profesor gizi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health, seperti dikutip dari Parents.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Program Hamil, Moms Wajib Tahu!

Konsumsi Susu Setidaknya 1-2 Porsi Setiap Hari

Konsumsi Susu Untuk Program Hamil, Perhatikan Ini! 2

Foto: pixabay.com

Mengutip Conceive Plus, kalsium membantu meningkatkan kesehatan sistem reproduksi, membantu pergerakan spermatozoid hingga memicu pertumbuhan embrio.

Bahkan kalsium juga dapat membantu menciptakan lingkungan alkali dalam saluran reproduksi wanita dan membantu untuk cepat hamil.

Oleh karena itu, konsumsi susu untuk program hamil setidaknya harus memenuhi kebutuhan kalsium harian sebesar 1000 mg atau sekitar 1-2 porsi susu tinggi lemak setiap hari.

Dalam 1 liter susu murni misalnya, mengandung sekitar 900 mg kalsium berbasis makanan yang dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan kalsium harian Moms saat program hamil.

Selain itu, Moms juga dapat mengonsumsi produk olahan susu seperti keju cheddar ataupun es krim dalam jumlah sedang.

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

Yogurt Yunani (Greek Yogurt) Dapat Menjadi Pilihan Variasi

Konsumsi Susu Untuk Program Hamil, Perhatikan Ini! 3

Foto: pixabay.com

Sebagaimana dikutip dari The Bump, susu murni bukan satu-satunya yang baik untuk dikonsumsi saat program hamil. Pasalnya Moms juga dapat mengonsumsi yogurt Yunani yang umumnya diproduksi dari susu tinggi lemak, sekitar 1 porsi saat sarapan atau sebagai camilan di sore hari.

Tidak hanya mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan dengan kebanyakan produk susu kemasan, yogurt Yunani juga kaya akan probiotik dan protein dua hingga tiga kali lebih banyak daripada secangkir yogurt biasa.

Bahkan yogurt Yunani juga merupakan sumber vitamin D yang dapat membantu proses pematangan folikel dalam ovarium, memperkuat tulang, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Sedang Program Hamil? Konsumsi 8 Makanan Ini!

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu Moms perhatikan jika ingin konsumsi susu untuk program hamil. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan susu terbaik jika Moms memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait