Jalan-jalan

23 Agustus 2021

11+ Kota Tertua di Dunia dan Indonesia, Menakjubkan dan Bernilai Sejarah!

Ada Yerusalem yang menjadi kota suci bagi tiga agama
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menginjakkan kaki di kota tertua menjadi tujuan wisata dengan sensasi tersendiri, terutama buat Moms yang menyukai sejarah dan bangunan-bangunan tua. Kota tertua biasanya menyimpan banyak sejarah menarik yang bisa dijadikan referensi untuk menambah informasi berharga.

Selain itu, di kota tertua juga Moms bisa mengunjungi banyak bangunan tua yang menjadi saksi bisu dari banyaknya kejadian di masa lalu.

Buat Moms yang tidak terlalu tertarik dengan sejarah, mengunjungi kota tertua sekadar untuk berfoto berlatar belakang bangunan-bangunan art deco juga bisa jadi pilihan.

Suasana wisata sejarah cukup terasa ketika Moms berfoto di kota tertua sembari menikmati suasana dan pemandangan. Nah, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata kota tertua di dunia dan Indonesia yang layak Moms kunjungi kelak setelah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Luar Biasa! 4 Bekas Tambang Ini Disulap Jadi Destinasi Cantik untuk Wisata

Kota Tertua di Dunia

Ada cukup banyak kota tertua di dunia, dengan pemandangan dan bangunan menarik yang bisa Moms jadikan pilihan untuk berwisata setelah pandemi mereda. Yuk, Moms kita lihat-lihat dulu beberapa pilihan kota tertua di dunia ini sekaligus menambah pengetahuan. 

1. Damaskus, Suriah

kota tertua

Foto: britannica.com

Melansir Culture Trip, Damaskus menjadi salah satu kota tertua yang ada di Timur Tengah. Kota ini didirikan pada milenium ke-3 SM. Lewat penggalian situs sejarah, para arkeolog membuktikan daerah tersebut pertama kali dihuni antara 8.000 dan 10.000 SM.

Damaskus terletak di Suriah, kota ini menjadi tempat yang unik dengan begitu banyak budaya yang telah menjadikannya seperti sekarang, termasuk elemen perencanaan kota kota Romawi dan Yunani. 

Selain itu, Islam juga memiliki pengaruh besar, yang dibuktikan dengan kehadiran Masjid Umayyah. Masjid Agung yang saat ini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia dan tertua. Masjid Umayyah dibangun sekitar tahun 705 dan 715 M.

2. Athena, Yunani

kota tertua

Foto: earthtrekkers.com

Ibukota Yunani, Athena juga menjadi salah satu kota tertua di dunia, seperti dilansir US News. Menurut Ensiklopedia Sejarah Kuno, kota terbesar di Yunani itu juga menjadi bukti tempat tinggal manusia yang sudah ada sejak 5.000 SM.

Athena pernah menjadi negara yang kuat dan tempat kelahiran demokrasi. Para pecinta sejarah akan senang berjalan-jalan di sekitar kota ini karena kota ini dipenuhi dengan permata bersejarah, yang mewakili berbagai kerajaan seperti Romawi, Bizantium, dan Ottoman.

Selain itu, pada zaman keemasannya, Athena adalah rumah bagi para pemikir dan penulis hebat, termasuk Socrates dan Hippocrates. Kota tertua ini tetap menjadi tujuan populer dengan turis yang ingin mengalami sejarah, seni, masakan, dan orang-orang yang luar biasa yang ditawarkan Athena.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Asia Tenggara Yang Cocok Didatangi Untuk Liburan

3. Sidon, Libanon

kota tertua

Foto: roughguides.com

Kota tertua lain yang memiliki sejarah yang panjang dan kaya adalah Sidon, Libanon. Culture Trip menyebutkan, daerah tersebut sudah dihuni manusia sejak 4.000 SM atau bahkan lebih awal, sekitar 6.000 SM.

Selain itu juga diyakini secara luas bahwa tokoh-tokoh sejarah seperti Yesus, St. Paul, dan Alexander Agung semuanya mengunjungi Libanon. Sidon adalah kota pelabuhan yang terletak sekitar 25 mil dari Beirut. Dalam bahasa Yunani, Sidon berarti perikanan.

Daerah tersebut juga menjadi salah satu tempat pertama yang memproduksi pewarna ungu, yang sangat mahal dan unik, sehingga warna ungu menjadi simbol kerajaan.

4. Ray, Iran

kota tertua

Foto: itto.org

Rayy yang dibaca Rey atau Ray, adalah kota tertua di dunia dengan bukti yang mendukung fakta bahwa penduduknya telah ada sejak 6.000 SM.

Melansir Culture Trip, kota ini disebut-sebut sebagai tempat suci di Avesta, yang merupakan kitab suci kuno Zoroastrianisme.

Orang-orang Arab merebut kota itu pada tahun 641, yang kemudian hampir dihancurkan oleh bangsa Mongol pada tahun 1220.

Terdapat beberapa monumen bersejarah yang bertahan, termasuk Menara Tughrul abad ke-12 dan Bukit Cheshmeh Ali yang berusia 5.000 tahun, 'bukit dengan mata air' dan penggalian situs di mana artefak berusia 7.000 tahun ditemukan.

Baca Juga: 5 Tips Super Penting Sebelum Traveling ke Luar Negeri

5. Yerusalem, Israel

kota tertua

Foto: timeout.com

Yarusalem merupakan pusat keagamaan penting bagi Yahudi, Kristen, dan Islam. Kota tertua ini termasuk salah satu daerah dengan kekayaan seharah.

Dalam Culture Trip disebutkan, hasil penelusuran sejarah membuktikan beberapa penduduk awal menempati Yarusalem sejak 2.800 SM. Dengan sejarah yang panjang, dapat dikatakan bahwa kota Yarusalem telah melalui banyak hal, termasuk dikepung, diserang, dan ditangkap berkali-kali, sepanjang keberadaannya.

Yerusalem adalah rumah bagi banyak situs indah, termasuk Tembok Barat (c. 19 SM) — dinding penahan situs tersuci, Bukit Bait Suci, bagi orang-orang Yahudi — Kota Tua, dibangun oleh Raja David pada 1004 SM, dan Bukit Zaitun.

6. Faiyum, Mesir

kota tertua

Foto: wikivoyage.org

Pada zaman kuno, Faiyum adalah oasis besar di Mesir yang dikenal karena kesuburannya dan kedekatannya dengan cabang Sungai Nil. Melansir US News, dalam Ensiklopedia Sejarah Kuno disebutkan, manusia sudah ada di wilayah itu sebelum 7.200 SM. Sementara komunitas pertanian pertama didirikan sekitar 5.200 SM.

Faiyum merupakan kota tertua yang terletak di sekitar 62 mil barat daya Kairo, Faiyum sebagian terletak di daerah yang dulunya kota kuno Crocodilopolis, yang penduduknya menyembah buaya suci bernama Petsuchos yang memiliki kolam kuil sendiri.

Saat ini, ada gundukan yang menandai situs 'Kota Buaya', ditambah Faiyum adalah rumah bagi bazaar, pasar, masjid, dan pemandian.

Baca Juga: Ini Model Sepatu yang Paling Nyaman untuk Travelling

7. Byblos, Lebanon

kota tertua

Foto: wsimag.com

Kota tertua lain yang berada di Lebanon adalah Byblos, yang awalnya dikenal sebagai Gebal, didirikan sekitar 5.000 SM. Kota ini terletak di sepanjang pantai Mediterania sekitar 25 mil sebelah utara Beirut.

Culture Trip menyebutkan, ada banyak situs yang akan menarik bagi pecinta sejarah, termasuk Kastil Tentara Salib, yang dibangun pada abad ke-12, dan Pemakaman Kerajaan Fenisia, yang ditemukan di dekat kastil.

8. Jericho, Palestina

kota tertua

Foto: welcometopalestine.com

Melansir US News, dalam Ensiklopedia Sejarah Kuno menyebutkan, Jericho sudah ada sejak 9.000 SM, dan pesaing kuat untuk pemukiman berkelanjutan tertua di dunia. Kota ini juga merupakan rumah bagi tembok pelindung tertua yang diketahui di dunia, Tembok Jericho, yang pada satu titik tingginya hampir 12 kaki dan dibangun sekitar 8.000 SM.

Beberapa bukti arkeologi paling awal dari daerah berpenduduk 20 ribu jiwa tersebut berasal dari 11.000 tahun yang lalu. Kota ini menawarkan kepada pengunjung berbagai situs bersejarah dan religius untuk dilihat seperti Gunung Pencobaan, tempat Yesus dicobai oleh iblis, dan Nabi Musa, daerah yang diyakini sebagai tempat makam Musa berada.

Baca Juga: 5 Kota Ramah Bayi di Dunia; Rekomendasi Liburan Aman di Luar Negeri Bersama Si Kecil

9. Plovdiv, Bulgaria

kota tertua

Foto: cheatingdonkey.com

Plovdiv adalah kota terbesar kedua di Bulgaria, yang sudah dihuni sejak 4.000 SM. Dimulai dengan pemukiman Neolitik, Plovdiv telah ditaklukkan oleh banyak orang sepanjang sejarahnya, termasuk orang Yunani dan Romawi, yang terlihat dari reruntuhan kuno yang ditemukan di seluruh kota, seperti dilansir Culture Trip.

Beberapa tempat menarik termasuk Stadion Kuno Philippopolis (nama lama untuk Plovdiv), Amfiteater Romawi, yang masih menyelenggarakan acara-acara besar, dan Reruntuhan Eumolpias, pemukiman Thrakia dari 5.000 SM, terdapat di salah satu kota tertua di Eropa ini.

10. Gaziantep, Turki

kota tertua

Foto: erasmusu.com

Gaziantep terletak di Turki selatan dekat perbatasan Suriah. Melansir Culture Trip, penduduk Gaziantep, sudah menetap di kota tertua tersebut sejak pada 3.650 SM. Kota yang juga dikenal sebagai Antep ini menawarkan banyak situs bersejarah kepada pengunjung, seperti Benteng Gaziantep dan benteng Ravanda, yang keduanya dipugar pada abad ke-6 oleh Bizantium, dan reruntuhan Rumkale.

Museum Mosaik Zeugma, yang terbesar dari jenisnya di dunia juga terdapat di Gaziantep. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan baklava pistachio dan memiliki lebih dari 150 toko kue.

Baca Juga: Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? Ini 5 Negara yang Bisa Dikunjungi

Kota Tertua di Indonesia

Sebelum menjelajahi beberapa kota tertua di luar negeri, Moms juga bisa mengunjungi kota-kota tertua di Indonesia. Dengan melakukan wisata ke kota tua di Indonesia, Moms bisa menghemat biaya perjalanan tapi tetap bisa menikmati wisata sejarah.

Kota tertua di Indonesia juga tak kalah menariknya dengan wisata sejarah di luar negeri. Berikut adalah dua kota tertua di Indonesia yang menyimpan kekayaan sejarah, dan bisa masuk dalam daftar destinasi wisata Moms nanti.

11. Palembang

kota tertua

Foto: britannica.com

Melansir Ensiklopedia Dunia, dalam Prasasti Kedukan Bukit tertulis, Kota Palembang didirikan pada 16 Juni 682 masehi yang kemudian dinobatkan sebagai kota tertua di Indonesia. Pada masa Kerajaan Sriwijaya, Kota Palembang juga dijuluki ‘’Venesia dari Timur’’ karena dulunya merupakan pusat kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara.

Dinas Kebudayaan Kota Palembang, mencatat terdapat 463 objek sejarah yang diregistrasi yang terdiri dari benda, bangunan, situs, dan kawasan bersejarah. Objek-objek sejarah itu diyakini sudah ada sejak masa Kerajaan Sriwijaya abad ke-7, berlanjut Kesultanan Palembang Darussalam, hingga periode kolonialisme Belanda.

12. Magelang

kota tertua

Foto: speradventure.co.id

Prasasti Mantyasih, yang juga disebut sebagai Prasasti Balitung atau Prasasti Tembang Kedu, merupakan prasasti yang ditemukan di Kampung Mataseh, Magelang Utara, Jawa Tengah menjadi bukti sejarah bahwa, Magelang merupakan kota tertua kedua di Indonesia, yang sudah dihuni sejak 907 masehi.

Saat ini, Magelang berkembang menjadi kabutapen dengan populasi mencapai lebih dari satu juta penduduk. Salah satu bangunan bersejarah di Magelang yang sudah terkenal hingga ke berbagai dunia adalah Candi Borobudur, yang dibangun pada 824 masehi dan menjadi candi Budha terbesar di dunia.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Sering Jadi Lokasi Film

Itulah 10 kota tertua di dunia dan 2 kota tertua di Indonesia. Semuanya kota tua tentu saja menyimpan cerita bersejarah tersendiri dan layak untuk dijadikan wisata sejarah Moms dan keluarga. 

  • https://theculturetrip.com/middle-east/lebanon/articles/the-10-oldest-cities-in-the-world/
  • https://www.usnews.com/news/cities/slideshows/10-of-the-oldest-cities-in-the-world?slide=6
  • http://p2k.itbu.ac.id/id3/2-3053-2950/Prasasti-Kedukan-Bukit_107401_p2k-itbu.html
  • http://p2k.itbu.ac.id/id3/3068-2950/Prasasti-Mantyasih_110977_prasasti-mantyasih-itbu.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait