Home & Living

25 Agustus 2021

Tak Perlu Panik, Simak Ciri-ciri Kucing Hamil dan Cara Persiapan Kelahiran Bayi Kucing

Berapa lamakah kucing hamil? Simak penjelasannya berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tidak hanya menyediakan tempat tinggal dan memastikan kebutuhan nutrisinya dengan baik, Moms yang memelihara kucing juga perlu memahami tanda-tanda kucing hamil.

Hal ini karena kucing hamil perlu perawatan yang tepat agar anak-anak kucing yang ada dalam kandungan bisa sehat hingga dilahirkan.

Lalu, berapa lamakah waktu yang diperlukan kucing hamil sampai dilahirkan?

Simak ciri-ciri kucing hamil dan tips perawatannya berikut.

Baca Juga: Jangan Abai, 4 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Kucing Hamil

Tanda Kucing Hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms ketahui, kehamilan kucing biasanya berlangsung antara 63 hingga 67 hari, tetapi sulit untuk mengetahui secara pasti berapa lama kucing hamil karena bisa berbeda pada setiap jenis kucing.

Kucing hamil seringkali tidak menunjukkan gejala fisik kehamilan sampai memasuki beberapa minggu masa kehamilan.

Jika Moms ingin tahu cara mengetahui sendiri apakah kucing hamil, ada beberapa tanda fisik yang harus bisa diamati setelah kehamilan memasuki usia 2-3 minggu. Berikut di antaranya:

1. Perhatikan Bentuk dan Warna Puting

Setelah kira-kira 15-18 hari kehamilan kucing, Moms mungkin memperhatikan bahwa puting kucing menjadi lebih besar dan merah. Kondisi ini dikenal sebagai 'pinking-up'.

2. Kucing Juga Mungkin Mengalami Muntah

Kucing muntah.jpeg

Foto: Orami Photo Stock

Mirip dengan morning sickness pada manusia, kucing hamil mungkin mengalami tahap muntah juga.

Namun, bila muntah pada kucing hamil ini terjadi cukup parah, segera konsultasikan ke dokter karena mungkin bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit.

Baca Juga: 13 Penyebab Kucing Muntah dan Cara Mengatasinya, Jangan Panik Dulu ya Moms!

3. Perhatikan Perut Kucing

Kucing hamil juga ditandai dengan bagian perut yang membesar.

Hal ini mungkin membuatnya terlihat lebih menggemaskan, tetapi hindari menyentuhnya agar tidak berisiko melukai induk kucing atau anak-anaknya yang belum lahir.

Selain karena kehamilan, mungkin ada penyebab lain di balik membengkaknya perut, jadi pantau kucing Moms di rumah dengan cermat apakah ada tanda-tanda penyakit dan konsultasikan dengan dokter hewan jika merasa khawatir.

4. Kenaikan Berat Badan

kucing hamil

Foto: Orami Photo Stock

Layaknya manusia yang hamil pada umumnya, kucing hamil juga akan mengalami kenaikan berat badan secara bertahap antara 1-2 kg, tergantung pada jumlah anak kucing yang ada dalam kandungan.

Kenaikan berat badan ini menjadi salah satu tanda kuat bahwa kucing mengalami kehamilan.

Baca Juga: 8 Vitamin Kucing yang Bagus, Bantu Tingkatkan Nafsu Makan hingga Melebatkan Bulu

5. Nafsu Makan Meningkat

Kucing hamil cenderung memiliki nafsu makan yang meningkat selama masa kehamilan mereka, yang juga akan berkontribusi terhadap kenaikan berat badannya.

Dengan nafsu makan yang lebih tinggi, maka kucing mungkin membutuhkan makanan dan kalori ekstra saat mereka hamil.

Biasanya, kucing akan makan sekitar 1,5 kali lipat dari makanan normal mereka saat kehamilan. Jadi, Moms perlu memastikan bahwa stok makanan kucing telah cukup.

Dokter hewan mungkin akan merekomendasikan agar Moms memberi makanan yang diberi label untuk kucing hamil dan menyusui.

Namun, nafsu makan yang meningkat juga bisa menjadi tanda cacing atau penyakit, jadi periksakan kembali ke dokter hewan untuk memastikannya.

6. Mengalami Kelelahan

ciri kucing hamil

Foto: Orami Photo Stock

Adanya lonjakan hormon dan perubahan pada rahim kucing hamil, hewan peliharaan Moms mungkin menunjukkan tanda-tanda kelelahan.

Namun, fase ini akan memudar setelah beberapa minggu pertama berlalu.

Baca Juga: Benarkah Bawa Sial? Ini 9 Fakta Kucing Hitam yang Unik!

7. Perubahan Sikap

Kucing hamil juga bisa ditandai dengan adanya perubahan sikap karena mungkin saja mereka mungkin bertindak lebih keibuan.

Beberapa tanda perubahan perilaku yang dimaksud, yakni kucing lebih banyak mendengkur dan mencari perhatian dan keributan ekstra dari Moms.

Selain melihat ciri-ciri kucing hamil di atas, Moms juga sebaiknya langsung mengunjungi dokter hewan untuk memastikannya.

Beberapa praktik dokter hewan dapat mendiagnosis kehamilan kucing menggunakan ultrasound, bahkan 15 hari lebih dini setelah masa kehamilannya dimulai.

Dokter hewan mungkin juga dapat memberi Moms indikasi tentang seberapa banyak anak kucing yang diharapkan kucing peliharaan Moms pada hari ke-40 kehamilannya.

Namun ingatlah bahwa dalam kehamilan kucing, anak kucing yang lebih besar bisa mengaburkan anak kucing lain yang lebih kecil di dalam rahim sehingga Moms mungkin dapat memiliki lebih banyak anak kucing dari yang diharapkan.

Jika hewan peliharaan Moms telah dipastikan hamil, pastikan bahwa kucing divaksinasi secara teratur dan berikan pengobatan cacing/kutu bila dibutuhkan.

Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus ke anak kucing sebelum dilahirkan. Jadi, perhatikan jadwal vaksinasi kucing dengan baik.

Tanyakan kepada dokter hewan terlebih dahulu untuk memastikan perawatan tersebut aman untuk kucing hamil.

Cara terbaik adalah memvaksinasi kucing sebelum mereka berkembang biak karena sebagian besar vaksin tidak aman diberikan selama kehamilan.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Kucing yang Harus Diketahui Pecinta Kucing

Tips Mempersiapkan Kelahiran Anak Kucing

tips mempersiapkan kelahiran anak kucing

Foto: Orami Photo Stock

Setelah memahami ciri-ciri kucing hamil, Moms juga perlu mengetahui cara mempersiapkan kelahiran anak kucing yang tepat dengan memerhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Jika kucing menolak makanan, bertindak gelisah, dan mencari tempat terpencil untuk menetap, bisa jadi karena persalinannya akan segera dimulai.
  • Suhu tubuh kucing akan turun menjadi sekitar 37,8°C dalam 12-24 jam sebelum persalinannya dimulai.
  • Tepat sebelum melahirkan, ibu kucing mungkin menjadi lebih vokal, tampak gelisah, dan ingin mandi (menjilati bagian tubuhnya) terus-menerus.

Jadi sebelum kucing melahirkan, sebaiknya Moms memberikan mereka tempat atau kotak berukuran sedang dengan bukaan rendah, yang tutupi dengan koran, handuk bekas, dan selimut lembut sehingga menciptakan area santai bagi ibu dan anak kucing.

Baca Juga: Terlihat Menggemaskan, Ternyata Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Bukan Perihal Gampang!

Persalinan kucing biasanya akan dimulai dengan kontraksi perut yang kuat, diikuti dengan keluarnya cairan dari vagina.

Jika kotorannya berat dan hitam, atau berwarna darah, hubungi dokter hewan segera. Selain itu, apabila kucing mengeluarkan cairan yang berubah warna dan mereka mengejan tanpa melahirkan anak kucing hubungi dokter hewan karena bisa saja merupakan tanda komplikasi.

Nah, itu dia ciri-ciri kucing hamil beserta tips merawatnya hingga melahirkan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://www.purina.co.uk/articles/cats/health/pregnancy/spotting-the-signs-of-cat-pregnancy
  • https://pets.webmd.com/cats/cat-pregnancy-gestation#1
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait