Rupa-rupa

14 Juli 2021

Benarkah Bawa Sial? Ini 9 Fakta Kucing Hitam yang Unik!

Kucing hitam punya reputasinya sendiri, tingkahnya tidak kalah gemas, lho!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Karla Farhana

Sering dianggap pembawa sial dan banyak dihindari, rupanya ada berbagai serba-serbi menarik mengenai kucing hitam. Lalu, apa saja ya fakta unik dibalik kucing hitam? Cari tahu lewat pembahasannya berikut ini, yuk!

Kucing Hitam

Kucing hitam

Foto: pexels.com/@ruca-souza-32753

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia selain anjing dan ikan. Populasi kucing di Indonesia sendiri juga tidaklah sedikit.

Sebagai makhluk yang cukup cerdas, kucing juga punya tingkah yang lucu dan wajah yang menggemaskan, tak heran manusia mudah jatuh hati dan dengan sukarela merawatnya.

Dikutip dari Journal of Vascular and Interventional Neurology bahwa mereka yang memelihara kucing menurunkan risiko kematian lebih rendah 30% akibat serangan jantung atau stroke.

Selain itu, merawat kucing di rumah juga membawa beberapa manfaatnya. Contohnya, kucing bisa mengurangi risiko infeksi dan masalah pernapasan pada anak-anak karena dapat melatih sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit sejak kecil.

Baca Juga: Moms Pelihara Kucing? Simak Cara Menghilangkan Bau Kencing Kucing Berikut Ini!

Fakta Kucing Hitam yang Unik

Berbicara soal kucing hitam, kira-kira apa yang muncul di benak Moms dan Dads? Kemungkinan besar adalah berbagai mitos yang menyelimuti keberadaan kucing hitam ini.

Kucing hitam memang seringkali diasosiasikan dengan kematian, kesialan, dan ilmu sihir. Anggapan ini sebenarnya sudah muncul sejak abad pertengahan. Padahal, mereka sama saja seperti kucing pada umumnya.

Sebetulnya banyak fakta lainnya yang tak kalah menarik seputar kucing ini untuk dibahas.

Bisa jadi Moms dan Dads akan tertarik untuk mengadopsi kucing hitam setelah mengetahui beberapa fakta tentang mereka. Penasaran kan?

1. Dianggap Membawa Keberuntungan

Kucing hitam bawa hoki

Foto: Freepik.com

Berbeda dengan mitos yang umum beredar, di British Midlands, Inggris, kucing hitam malahan dipercaya bisa membawa kebahagiaan dan keberuntungan bagi pengantin wanita. Untuk itu, seringkali kucing hitam menjadi hadiah pernikahan.

Para pelaut di abad ke-19 bahkan percaya dengan membawa kucing hitam saat di perjalanan bisa membuat mereka selamat hingga kembali ke rumah.

Beberapa kucing maritim ini dikenang dalam sejarah angkatan laut, yang melakukan perjalanan lebih dari 30.000 mil di atas kapal Angkatan Laut Kerajaan.

Sedangkan di Jepang, memiliki seekor kucing hitam dipercaya membuat keberuntungan bagi wanita single. Kucing ini dianggap dapat meningkatkan jumlah datangnya laki-laki yang akan melamar.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk, Wajib Diketahui!

2. Kucing Hitam Bukanlah Ras

Saat ini ada 22 ras kucing yang juga memiliki bulu hitam pekat seperti Scottish Folds, Japanese Bobtails, Kucing hutan Norwegia, Persia, dan sebagainya. Namun, yang paling umum dikenal dengan Kucing Bombay.

Kucing ras domestik ini merupakan persilangan dari American Shorthairs hitam dengan Sable Burma. Kucing ramping berbulu pendek ini memang satu-satunya ras kucing yang selalu berwarna hitam pekat.

3. Hitam Merupakan Warna Bulu yang Dominan

Bulu kucing hitam

Foto: Freepik.com

Menurut Journal of Understanding the Basic Genetics of Cat Colors ada dua dasar warna kucing yaitu hitam dan merah, untuk itulah warna hitam masuk ke dalam warna gen yang dominan.

Bahkan apabila salah satu dari gen tersebut resesif dan kedua induknya memiliki gen warna hitam, besar kemungkinan warna bulu anakan mereka akan menjadi hitam.

4. Cenderung Hidup Lebih Lama

Kucing hitam juga cenderung hidup lebih lama. Para peneliti di National Institutes of Health menemukan bahwa mutasi genetik yang menyebabkan kucing memiliki bulu hitam juga dapat melindungi mereka dari penyakit, seperti HIV pada kucing.

Menurut Journal of Recurrent Evolution of Melanism in South American Felids menyebutkan tentang istilah genetik yang disebut melanisme.

Teori tersebut menyatakan bahwa warna gelap pada bulu dan kulit hewan bukan hanya diwariskan, tetapi sebenarnya merupakan perkembangan melanin yang membantu hewan tersebut beradaptasi dengan lingkungan alaminya.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Kucing yang Harus Diketahui Pecinta Kucing

5. Rata-rata Memiliki Mata Berwarna Kuning

Mata kucing hitam

Foto: pexels.com/@sabrini

Melanisme pada dasarnya merupakan kebalikan dari albinisme. Karena kandungan melanin di dalam tubuhnya yang berlebih, menyebabkan warna bulu menjadi sangat hitam. Selain itu, pigmen ini menyebabkan warna iris mata mereka menjadi kuning atau emas.

Baca Juga: Pencinta Kucing Wajib Follow 5 Akun Instagram Ini

6. Punya Hari Nasional Sendiri

Hanya beberapa hari sebelum Halloween, tepatnya setiap tanggal 27 Oktober, merupakan hari nasional bagi kucing hitam di Amerika. Sejarahnya muncul ketika di tahun-tahun sebelumnya, kucing hitam dianggap membawa sial.

Di beberapa bagian Eropa, kucing hitam dianggap sangat jahat sehingga dibakar hidup-hidup ke dalam api unggun oleh penduduk desa yang percaya akan takhayul. Mereka menganggap bahwa kucing hitam merupakan kucing penyihir yang akan membawa dampak buruk bagi kehidupan mereka.

Menurut beberapa kelompok advokasi hewan dan agen adopsi, kucing hitam mengalami tingkat adopsi yang lebih rendah. Bahkan, pada beberapa kasus yang terjadi menyebabkan banyak kucing hitam yang dibunuh.

Untuk menegakkan keadilan atas kucing lucu yang satu ini, dibuatlah hari nasional sebagai bentuk kesempatan hidup dan penghargaan bagi mereka.

7. Kepribadiannya Mengikuti Pemiliknya

Kepribadian kucing hitam

Foto: pexels.com/@cottonbro

Fakta unik selanjutnya tentang kucing hitam adalah bahwa mereka cenderung memiliki ciri kepribadian yang sama dengan pemiliknya.

Studi telah menemukan bahwa terdapat hubungan antara kepribadian pemilik kucing dan kucing itu sendiri, termasuk masalah seperti kecemasan, agresi, dan masalah perilaku lainnya.

Baca Juga: Bulu Kucing Rontok? Kenali Ciri, Penyebab dan Cara Mencegahnya

8. Bulunya Juga Bisa Berubah Warna

Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat mengubah warna bulu kucing hitam menjadi warna oranye. Hal ini disebabkan karena sinar matahari memecah pigmen melanin kucing, sehingga menunjukkan warna menjadi seperti “berkarat”.

Alasan lainnya adalah terkait dengan kekurangan tirosin, yang dapat terjadi sebagai akibat dari kekurangan protein dalam makanan sehari-hari mereka. Jenis asam amino ini sangat penting untuk diet harian kucing.

Tirosin memiliki banyak peran pada tubuh kucing termasuk komponen penting neurotransmitter di otak dan hormon tiroid. Selain itu, tirosin juga membantu menghasilkan melanin yang merupakan pigmen warna pada bulu kucing.

9. Jepang Punya Kafe Khusus Kucing Hitam

Kafe kucing hitam

Foto: pexels.com/@fotios-photos

Bagi Moms dan Dads yang ingin berkunjung ke Jepang, jangan lupa mampir ke kafe kucing hitam yang satu ini ya. Kafe ini bernama Nekobiyaka yang berlokasi di Himeji, Jepang. Ini merupakan kafe kucing hitam satu-satunya yang ada di dunia.

Sambil bermain dengan kucing-kucing hitam yang ada di sana, Moms dan Dads bisa menikmati berbagai makanan enak yang tersedia. Pemilik dari kafe ini, Ayako Yagi, bertujuan untuk membuat kafe ini sebagai rumah bagi para kucing-kucing tersebut.

Tercatat di April 2020, kafe kucing ini sudah mempertemukan 321 kucing dengan pemilik barunya. Jadi setiap ada 1 kucing yang berhasil diadopsi, Nona Yagi akan mengganti dan mengadopsi 1 untuk penggantinya.

Baca Juga: Benarkah Memelihara Kucing Bikin Susah Hamil?

Hal perlu diingat adalah bahwa kucing hitam sama saja dengan kucing lainnya. Mereka juga perlu dirawat dan diperlakukan dengan sewajarnya. Apakah Moms dan Dads jadi tertarik untuk merawat kucing hitam? Semoga fakta-fakta unik tadi bisa mengurangi perspektif negatif tentang kucing hitam, ya!

  • https://www.insider.com/studies-about-why-cats-make-good-pets-2019-12#cats-may-love-human-interaction-more-than-they-love-food-2
  • https://www.worldanimalprotection.us/blogs/black-cats-6-interesting-facts
  • https://wagwalking.com/daily/10-interesting-facts-about-black-cats
  • https://animalcafes.com/v/25546.html
  • http://catdnatest.org/pdf/understanding-cat-colors.pdf
  • https://journals.plos.org/plosgenetics/article?id=10.1371/journal.pgen.1004892#abstract
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3317329/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait