Home & Living

12 Agustus 2021

7 Jenis Kucing Kaki Pendek yang Imut Banget!

Beda jenis kucing kaki pendek, harganya juga berbeda ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Kucing kaki pendek menjadi jenis kucing yang banyak digemari untuk dipelihara karena memiliki bentuk yang imut dan lucu.

Seperti namanya, kucing kaki pendek memiliki ciri khas kakinya yang pendek dengan tubuh kecil dan leher yang juga pendek. Perpaduan tampilannya ini bisa membuat siapa saja merasa gemas.

Kucing kaki pendek umumnya memiliki umur antara 9 tahun hingga 15 tahun. Karakteristik dari kucing kaki pendek selain tampilan bentuknya yang unik, kucing ini juga sangat suka berlarian tapi memiliki sifat yang penurut dan lembut.

Baca Juga: Yuk, Kenali 8 Bahasa Tubuh Kucing dan Maksud di Baliknya!

Jenis Kucing Kaki Pendek yang Sangat Menggemaskan

Kucing jenis kaki pendek ternyata ada banyak jenisnya karena sebenarnya kucing ini kebanyakan tercipta karena hasil perkawinan silang.

Dari banyaknya jenis kucing kaki pendek, ada tujuh yang paling banyak dipelihara, yaitu:

1. Kucing Munchkin

Kucing Munchkin

Foto: redd.it

Jenis kucing kaki pendek yang pertama adalah kucing munchkin. Kucing ini adalah ras utama dari kucing kaki pendek. Bisa dibilang kalau ia adalah nenek moyang dari segala jenis ras kucing kaki pendek yang ada di dunia.

Kucing munchkin terbentuk karena mutasi genetik secara alami alias bukan karena persilangan seperti jenis kucing kaki pendek lainnya. Ras kucing munchkin sudah mulai ada sejak tahun 1980-an.

Berhubung kakinya sangat pendek, kucing ini mendapat predikat sebagai kucing terkecil di dunia. Kucing munchkin memiliki bulu yang pendek dan aslinya ini berwarna putih dengan bercak kuning dan hitam. Lalu setelahnya muncul beragam warna seperti adanya campuran warna abu-abu.

Kucing muchkin dijual dengan harga yang terbilang paling murah dibanding jenis kucing kaki pendek lainnya yakni berkisar antara Rp3.500.000 hingga Rp6.000.000.

Baca Juga: 8 Vitamin Kucing yang Bagus, Bantu Tingkatkan Nafsu Makan hingga Melebatkan Bulu

2. Kucing Napoleon

Kucing Napoleon

Foto: id.wikipedia.org

Kucing napoleon merupakan salah satu jenis kucing kaki pendek yang juga terlihat sangat lucu saat dipandang, apalagi dipelihara di rumah.

Kucing napoleon adalah jenis ras baru yang merupakan persilangan dari kucing persia dengan ras munchkin. Kucing ini asalnya dari Amerika Serikat dan mulai ada pada tahun 1995.

Awalnya, kucing kaki pendek ini dibuat untuk menyempurnakan kucing munchkin sehingga menyilangkannya dengan kucing ras persia supaya terlahir dengan wajah dan bulu seperti persia, tapi bentuk tubuhnya mirip munchkin.

Kepalanya bulat dengan mata yang bulat besar, hidungnya panjang dan tidak pesek seperti persia, pipinya dan moncongnya bulat, serta telinganya terbilang cukup kecil sehingga terlihat sangat menggemaskan.

Kucing napoleon punya sifat yang aktif, selalu ingin tahu, senang menjelajah, dan sifatnya cukup lembut dan ramah karena selalu senang dengan orang baru.

Kucing napoleon ini memiliki harga jual kira-kira Rp5.000.000 sampai Rp6.000.000.

3. Kucing Lambkin

Kucing Lampkin

Foto: catvills.com

Selanjutnya ada kucing lambkin yang termasuk kucing paling langka di dunia. Pasalnya kucing ini termasuk ras baru dan tidak banyak orang yang membiakkan mereka.

Kucing kaki pendek ini dihasilkan dari campuran ras munchkin dengan selkirk rex yang punya bulu keriting pendek. Bulunya ini terbilang tebal sehingga membutuhkan perawatan khusus supaya bulu-bulunya tidak menempel satu sama lain.

Kucing kaki pendek yang memiliki nama lain nanus rex ini memiliki sifat yang sangat kalem karena ia cenderung suka bermalas-malasan.

Kucing lambkin bisa didapat dengan harga mulai Rp7.000.000 hingga belasan juta rupiah, tergantung dari usia dan kualitas bulu-bulunya.

Baca Juga: 8 Fakta Kucing Oren yang Terkenal Galak seperti Preman

4. Kucing Skookum

Kucing Skookum

Foto: i.redd.it

Kucing skoom menjadi kucing kaki pendek selanjutnya yang juga sangat imut sehingga akan menarik hati Moms untuk memeliharanya di rumah.

Kucing skookum adalah jenis kucing hasil persilangan dari ras munchkin dengan laperm. Jadi ia memiliki kaki pendek dari ras munchkin dan bulu yang ikal dari laperm. Kucing ini memiliki dua jenis, yakni yang berbulu panjang dan pendek.

Kucing kaki pendek yang asalnya dari Amerika Serikat ini jarang mengeong tapi ia sangat lincah karena sangat suka memanjat dan melompat-lompat ke sana kemari.

Kucing skookum pertama kali muncul dari pada tahun 1990-an. Tujuan dari hasil persilangan ini adalah menghasilkan kucing dengan kaki pendek dan bulu yang keriting.

Jika Moms ingin memiliki kucing kaki pendek ini, Moms harus siap-siap kaget dengan harganya karena ternyata kucing skookum dihargai mulai dari Rp10.000.000 hingga ada yang harganya mencapai Rp20.000.000.

5. Kucing Kinkalow

Kucing Kinkalow

Foto: catvills.com

Kucing kaki pendek yang satu ini tak kalah imutnya. Kucing kinkalow merupakan perpaduan dari kucing ras munchkin dengan American curl.

Kucing ini memiliki ciri khas telinganya yang melengkung kecil hingga berbentuk seperti corong. Pada awalnya, telinga kucing kinkalow normal-normal saja alias seperti telinga kucing lainnya, tapi seiring pertambahan umurnya, telinganya akan berbentuk seperti corong.

Tubuhnya terbilang cukup kecil dengan kaki pendek dan bulu yang cukup lebat sehingga menggemaskan.

Harga kucing kaki pendek ini terbilang sangat mahal karena sangat sulit untuk didapat. Harga jualnya mulai dari Rp7.000.000, bahkan ada yang bisa mencapai Rp13.000.000.

Baca Juga: 6 Bahaya Bulu Kucing, Bisa Menyebabkan Toksoplasmosis!

6. Kucing Minskin

Kucing Minskin

Foto: catsplace.org

Kucing minskin menjadi jenis kucing kaki pendek berikutnya yang jika dilihat tampilannya agak sedikit berbeda dengan kelima kucing kaki pendek di atas.

Perbedaannya adalah dari segi bulunya. Kucing minskin ini tidak memiliki bulu. Kucing minskin merupakan hasil persilangan dari kucing ras munchkin dengan ras sfinks.

Kucing ini asalnya dari Amerika Serikat sehingga di Indonesia sendiri keberadaannya bisa dikatakan cukup langka. Kucing minskin baru mulai ada pada tahun 2000-an. Di tahun 2005, jenis kucing ini semakin populer dan banyak diminati. Meski demikian, jumlahnya baru 50 ekor di dunia pada waktu itu.

Inilah yang membuat kucing minskin memiliki harga jual yang sangat mahal. Harga kucing ini bisa mencapai Rp8.000.000 hingga Rp10.000.000.

Selain ciri khas kaki pendek dan tidak berbulu, kucing minskin ini tergolong kucing penurut dan aktif. Ia sangat senang meringkuk di pangkuan majikannya. Meski tak punya bulu, tubuhnya ini terasa hangat ketika Moms peluk.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk, Wajib Diketahui!

7. Kucing Bambino

Kucing Bambino

Foto: www.askideas.com

Jenis kucing kaki pendek yang terakhir adalah kucing bambino. Kucing bambino ini mirip dengan kucing minskin karena merupakan perpaduan dari ras munckin dan sphinx.

Perbedaan dari kucing bambino dengan minskin adalah bentuk matanya yang seperti lemon dengan kepala berbentuk baji. Kakinya juga lebih berotot karena sangat suka berlari-lari dan memanjat.

Telinganya juga berujung lancip dan tubuhnya agak lebih langsing jika dibandingkan dengan kucing minskin. Kucing kaki pendek ini juga punya kulit yang agak keriput tapi tidak sekeriput kucing minskin. Hal ini membuat kucing bambino tidak boleh sering terkena sinar matahari.

Kucing bambino muncul setelah ras kucing minskin terlahir, yakni pada tahun 2005. Kucing ini juga termasuk kucing yang sangat langka. Sama seperti kucing minskin, kucing kaki pendek ini juga punya harga jual yang mahal karena kisarannya di atas Rp7.000.000 sampai Rp8.000.000.

Terlihat lucu dan menggemaskan ya Moms jenis-jenis kucing kaki pendek di atas? Menurut Moms sendiri, jenis manakah yang paling ingin diadopsi di rumah?

  • https://excitedcats.com/cat-breeds-with-short-legs/
  • https://petkeen.com/cat-breeds-with-short-legs/
  • https://thediscerningcat.com/cat-breeds-with-short-legs/
  • https://www.petinsurance.com/healthzone/pet-breeds/cat-breeds/5-things-you-didnt-know-about-munchkin-cats/
  • https://www.fourpawsquare.com/2020/08/06/cat-breeds-with-short-legs/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_munchkin
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Kucing_napoleon
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait