Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
10 Desember 2020

Kulit Wajah Sehat, Ini 4 Tandanya!

Sudah lembapkan kulit Moms?
placeholder

Foto: allure.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Daftar isi artikel

Dengan tren internasional seperti "glass skin" dan wajah model yang tampak alami dan sempurna, seperti makhluk cantik dan tanpa cela, "ketidaksempurnaan" yang ada pada bagian wajah, lengan, atau kaki kita dapat membuat kita khawatir bahwa kulit kita tidaklah bagus.

Namun, tekstur, kemerahan, atau perubahan warna sedikit pun tidak berarti bahwa kulit kita berada dalam kondisi yang tepat. Dengan produk perawatan kulit yang mengklaim dapat mengatasi semua masalah ini, Moms harus melengkapi diri dengan pengetahuan bahwa mungkin kulit kita sudah sehat dan baik-baik saja.

Baca Juga: 17 Manfaat dan Jenis Masker Pisang untuk Berbagai Masalah Kulit

Tentu saja, perawatan kulit yang teratur adalah cara cerdas untuk menjaga kesehatan kulit kita, tetapi Moms tidak perlu membeli banyak produk skincare untuk masalah yang sebenarnya tidak kita miliki. Berikut beberapa tanda bahwa Moms sudah memiliki kulit yang sehat, meskipun kita sendiri tidak terlalu yakin.

Tanda Kulit Wajah Sehat

Sejumlah tanda berikut ini adalah tanda kulit wajah yang tergolong sehat. Simak dan coba cek dulu, siapa tahu ternyata Moms telah berhasil memilikinya!

1. Tekstur Kulit Halus dan Kenyal

kulit wajah sehat

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mendandakan kulit Moms sehat, tekstur kulit tentunya akan terasa lebih halus, lembut, dan kenyal. Jika Moms justru merasa kulit kasar atau mengendur, ini bisa jadi kulit sedang mengalami masalah.

Cobalah eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga Moms kembali mendapatkan tampilan kulit yang halus dan sehat. Atau gunakanlah rangkaian perawatan yang mengandung AHA di dalam produknya.

2. Kulit Terasa Lembap

tanda kulit wajah sehat

Foto: Orami Photo Stock

Dengan tingkat hidrasi atau kelembapan yang tinggi, ini menjadi salah satu tanda bahwa kita memiliki kulit yang tergolong sehat. Kulit yang terasa lembap bertanda asupan air untuk kulit telah terpenuhi sehingga kulit bebas rasa kering.

Baca Juga: Kulit Dehidrasi, Apakah Berbeda dengan Kulit Kering?

Sedangkan kulit yang kekurangan air atau kering biasa ditandai dengan permukaan kulit yang bersisik hingga mudah mengelupas. Bagi Moms yang masih memiliki masalah kulit kering, segera atasi dengan rutin merawatnya. Gunakan pelembap di pagi dan malam hari serta perbanyak minum air putih juga mengkonsumsi sayur dan buah.

3. Warna Kulit Merata

kulit wajah sehat

Foto: Orami Photo Stock

Ingat ya Moms, bahwa kulit putih bukanlah acuan untuk menyebut kulit seseorang dalam kondisi yang sehat. Yang benar seharusnya adalah apa pun warna kulit kita, baik sawo matang, putih, atau juga kuning langsat, pastikan rona warna kulitnya merata.

Kulit yang tidak sehat ditandai dengan adanya pigmentasi, seperti flek cokelat, noda hitam bekas jerawat, hingga warna kemerahan yang mengisyaratkan jika kulit sedang mengalami peradangan. Rona kusam juga menandakan kulit sedang ada di tahap lelah, dehidasi, dan tak prima.

Baca Juga: Pigmentasi Kulit Saat Hamil? Atasi dengan 8 Cara Mudah Ini!

4. Bebas Berbagai Masalah Kulit

kulit wajah sehat

Foto: Orami Photo Stock

Tanda lainnya adalah kulit terbebas dari segala permasalahan yang biasa dihadapi kebanyakan perempuan, seperti jerawat atau komedo. Faktor penyebabnya biasa dikarenakan polusi, sinar UV, juga faktor dari dalam tubuh kita seperti hormon yang tidak seimbang.

Itu dia Moms beberapa tanda bahwa kulit kita sehat dan tidak bermasalah. Apakah kulit Moms memenuhi tanda-tanda tersebut?


Sumber: glitzmedia.co

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari GLITZMEDIA.CO

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait