Parenting Islami

PARENTING ISLAMI
17 Maret 2021

Kumpulan Doa Nabi Yusuf dan Manfaatnya untuk Kita, Yuk Amalkan!

Ternyata, doa nabi yusuf juga bisa mengobati rasa rindu pada pasangan LDR
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernahkah Moms mendengar tentang doa Nabi Yusuf? Ternyata ada beberapa doa Nabi Yusuf yang baik sekali untuk kita amalkan. Yuk simak ulasannya.

Saat hamil, tentunya banyak doa yang dipanjatkan terutama agar janin dalam kandungan senantiasa sehat dan selamat tak kurang suatu apapun hingga lahir ke bumi. Jika bayi sudah dipastikan berjenis kelamin laki-laki, banyak Moms yang juga berdoa agar anaknya memiliki fisik dan hati seperti Nabi Yusuf.

Dalam cerita Nabi Yusuf, banyak sekali kisah inspiratif yang menjadi pelajaran. Dikutip Research Islam, kisah Nabi Yusuf mengandung cerita tentang kelemahan manusia seperti kecemburuan, kebencian, kesombongan, nafsu, dan juga sifat yang mulia seperti kesabaran, kesetiaan, keberanian, keluhuran, dan kasih sayang.

Nabi yang dikaruniai wajah yang amat rupawan dengan tubuh tegap menawan, menginspirasi seluruh umat muslim di dunia untuk berdoa mendapatkan keturunan seperti Nabi Yusuf. Ternyata bukan hanya berkisar penampilan, ada juga doa Nabi Yusuf lainnya.

Baca Juga: 5+ Doa untuk Suami yang Bekerja Agar Selamat dan Terhindar dari Kesulitan, Yuk Amalkan!

Doa Nabi Yusuf

Doa Nabi Yusuf -1

Foto: Orami Photo Stock

Nabi Yusuf adalah salah satu manusia yang diberi kelebihan wajah rupawan. Banyak kisah sedih yang harus dilalui oleh beliau terkait dengan hal ini. Seperti mendapatkan rasa iri dan dengki dari saudara sejak kecil hingga cobaan dari istri bapak angkatnya.

Cobaan demi cobaan dilalui oleh Nabi Yusuf. Dengan doa-doanya ini, Nabi Yusuf dapat melewati berbagai cobaan dan macam fitnah. Diambil dari berbagai sumber, doa-doa tersebut antara lain:

1. Doa Nabi Yusuf saat Mendapatkan Ujian

“Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaidahunna ashbu ilaihinna wa akun minal jahilin.” artinya: “Ya Tuhanku, penjara lebih aku senangi daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

Doa ini dibaca ketika Nabi Yusuf menghadapi ujian saat digoda oleh istri orang yang mengasuhnya. Dengan doa tersebut, Nabi Yusuf diselamatkan oleh Allah dari godaan setan dan fitnah dari perempuan yang menggodanya. Doa Nabi Yusuf ini bisa digunakan agar selalu terhindar dari cobaan dan godaan hawa nafsu.

2. Doa Nabi Yusuf ketika Bercermin

“Allahumma kamaa hassanta khalqii fa hassin khuliqi.” artinya : “Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

Ini menjadi doa bercermin yang umum dan bisa diajarkan kepada anak. Doa Nabi Yusuf tersebut mengandung makna bahwa seseorang dapat meminta kebaikan akhlak dan kecantikan rupa saat melihat ciptaan Allah SWT yaitu wajah.

3. Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai

“Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.” artinya: “Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki rasa cinta kasih kepadaku.”

Banyak yang mempercayai bahwa doa Nabi Yusuf ini dilakukan agar seseorang mendapatkan wajah yang menawan, hingga mampu menghadirkan rasa cinta pada siapa pun yang memandangnya. Moms atau Dads juga bisa membaca doa ini agar memancarkan aura yang indah dan menambah rasa kasih sayang.

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Pengantin dan Maknanya, Hadiah Terindah untuk Mempelai

Manfaat Doa Nabi Yusuf

Doa Nabi Yusuf -2

Foto: Orami Photo Stock

Saat memanjatkan doa, seseorang harus berpasrah diri. Jika mendapatkan manfaat dari doa tersebut, maka semua itu atas ijin Allah SWT. Salah satunya saat berdoa seperti dicontohkan oleh Nabi Yusuf di depan cermin. Jika wajah terlihat bercahaya di depan orang lain, hal itu adalah atas keridloan Allah SWT.

Berikut beberapa manfaat doa Nabi Yusuf:

1. Terhindar dari Musibah

Banyak kisah mendebarkan yang berada di balik doa Nabi Yusuf, oleh karena itu, doa tersebut juga dapat menjadi senjata agar terhindar dari musibah. Salah satunya saat difitnah oleh seorang perempuan, beliau membaca doa ini.

Nabi Yusuf khawatir dirinya akan terjerumus dalam perbuatan dosa karena tidak bisa mengendalikan hawa nafsu. Musibah banyak datang dengan berbagai cara, maka alangkah lebih baiknya untuk sering membaca doa Nabi Yusuf ini.

2. Diberi Kekuatan Menghadapi Ujian

Ujian datang sebenarnya untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketakwaan seseorang. Bahkan para nabi pun juga akan mengalami ujian. Tapi tentunya ujian yang diberikan oleh Allah SWT akan disesuaikan dengan batas kemampuan setip orang.

Sebagai makhluk yang lemah, sudah sepantasnya manusia hanya bergantung pada Allah SWT, salah satunya lewat doa yang terus dipanjatkan. Diharapkan dengan membaca doa Nabi Yusuf ini, akan memberi kekuatan dan harapan agar doa tersebut segera terwujud.

Baca Juga: 3 Doa Agar Suami Tidak Selingkuh, Yuk Amalkan!

3. Membantu Mendekatkan Hubungan Suami Istri

Usia pernikahan yang sudah lama dan saling mengetahui sifat pasangan bisa saja menimbulkan kebosanan. Dengan membaca doa ini, Moms atau Dads akan terlihat menjadi lebih menarik di depan pasangan. Selanjutnya, rasa cinta dan kasih akan tumbuh kembali seperti sedia kala.

Doa Nabi Yusuf ini juga bisa dibacakan oleh para pasangan jarak jauh. Sebab, hal ini pernah dialami oleh Nabi Yusuf saat rindu dengan istrinya. Begitu besar kasih sayang suami atau istri, sehingga akan mendapatkan manfaat saat memanjatkan doa Nabi Yusuf ini.

Agar doa Nabi Yusuf ini segera terkabul, maka harus membaca dengan hati yang pasrah dan berserah diri, apalagi jika dipanjatkan saat mengerjakan shalat tahajud.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait