Kesehatan

26 Juli 2021

9 Fakta Unik Kurma Ajwa, Aman untuk Penderita Diabetes

Cek fakta-fakta menarik dari kurma ajwa yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Merna
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms pernah mencoba kurma ajwa? Ini merupakan salah satu jenis kurma yang paling populer di dunia.

Kurma ini paling banyak diburu selain kurma barhi, sukari, khadrawy, dan safawi. Oleh karena itu, kurma ajwa selalu menjadi sorotan.

Kurma ajwa memiliki bentuk yang agak bulat jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Selain itu teksturnya kulit luarnya lebih halus tapi tetap mengerut. Sementara untuk warnanya, kurma ajwa memiliki warna yang agak kehitaman.

Meski ada jenis kurma lainnya yang juga memiliki warna kehitaman, tapi warna hitamnya tidak akan sepekat kurma ajwa. Jenis kurma lainnya biasanya memiliki warna cokelat agak kehitaman saja, bukan hitam secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Memberi Energi Lebih!

Fakta Kurma Ajwa

Menjadi kurma yang difavoritkan oleh masyarakat Indonesia, Moms harus tahu beberapa fakta dari kurma ajwa di bawah ini.

1. Ditanam Sendiri oleh Rasulullah SAW

Kurma Ajwa

Foto: markstor.com

Kurma ajwa mendapat julukan sebagai kurma nabi karena ditanam sendiri oleh Rasulullah SAW. Dinamakan kurma nabi juga karena kurma ini adalah kurma yang selalu disantap Rasulullah SAW untuk berbuka puasa.

Dalam sebuah buku yang dituliskan oleh Ibnu Minzie yang berjudul Lisan Al-Arab, diceritakan kalau Rasulullah SAW telah menanam sendiri kurma ajwa sebanyak 100 pohon di Madinah, Arab Saudi.

Uniknya, meski sudah ditanam dari 14 abad yang silam, pohon kurma ajwa yang ditanam oleh Rasulullah SAW masih ada hingga sekarang dan tumbuh dengan subur.

Dalam buku tersebut juga dijelaskan kalau sebenarnya kurma ajwa menjadi salah satu pohon tertua dan paling kuno di dunia hingga saat ini. Setiap tahunnya pohon ajwa ini bisa tumbuh hingga 30 cm setiap harinya.

Baca Juga: Lezat dan Manis, Ini 7 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

2. Asli dari Madinah

Dalam sebuah buku “Kurma dari Gurun ke Tropis” yang diterbitkan oleh Gramedia, kurma ajwa ini adalah jenis kurma premium yang asalnya dari Madinah. Tepatnya berada di dataran tinggi dekat Nejed, Saudi Arabi.

Tentunya selain di Madinah, kurma ajwa ini juga ditanam di beberapa daerah yang ada di Saudi Arabia. Tapi Moms lebih banyak menjumpainya di Madinah karena memang asalnya dari sana.

Kurma asal Madinah juga memiliki rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan kurma-kurma dari daerah lainnya dan orang-orang menilai kalau rasa kurma ajwa Madinah terasa lebih lezat.

Biasanya peziarah haji yang datang dari seluruh dunia membawa kurma ajwa sebagai oleh-oleh sepulang haji untuk diberikan kepada kerabat dan teman dekat.

Baca Juga: 7+ Makanan Penguat Kandungan di Awal Kehamilan, Salah Satunya Kurma!

3. Penangkal Sihir dan Racun

Kurma Ajwa

Foto: shopify.com

Fakta unik lainnya dari kurma nabi adalah konon katanya kurma ini bisa menangkal sihir dan racun yang masuk ke dalam tubuh.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan kalau Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengonsumsi tujuh butir kurma ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”

Dalam hadits lain, dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya dalam kurma ajwah dari daerah Aliyah adalah obat. Atau anti racun di pagi hari.”

Jadi sebenarnya, mengapa kurma ini dianggap bisa menangkal sihir dan racun adalah karena Rasulullah SAW selalu memanjatkan dia ketika mengonsumsi kurma nabi ini. Doa yang dipanjatkan adalah agar kaumnya selalu selamat dunia akhirat. Jadi bukan semata-mata karena kandungan yang ada di dalamnya saja.

Hal ini diperjelas oleh Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitab Fath al-Bari. Menurut al-Khatabi, kurma ajwa yang dikonsumsi juga haruslah ganjil tujuh buah, tak lebih dan tak kurang. Ini karenakan Rasulullah menyukai angka ganjil.

Menjadi kurma yang dianggap bisa menangkal sihir dan racun, kurma ajwa juga kerap kali disebut dengan nama kurma ajaib.

Baca Juga: 5+ Manfaat Sari Kurma, Si Manis Pengganti Gula yang Sehat!

4. Asal Usul Nama Kurma Ajwa

Penamaan kurma ajwa ternyata ada sejarahnya juga. Rasulullah SAW dikisahkan selalu menyantap kurma untuk berbuka puasa dan kurma yang disantap oleh Beliau adalah kurma ajwa.

Tapi awalnya kurma yang disantap oleh Rasulullah SAW belum bernama kurma ajwa. Lalu ada seorang anak dari Salman Alfarisi yang bernama Ajwah.

Salma Alfarisi merupakan salah satu sahabat Rasulullah SAW yang sangat ahli dalam berperang. Ajwah awalnya beragama nasrani lalu akhirnya memeluk agama Islam dan mewakafkan kebum kurma miliknya untuk perjuangan Islam.

Sebagai bentuk penghargaan dari jasa-jasa yang diberikan oleh Ajwah tersebut, maka Rasulullah akhirnya menamakan kurma yang sering disantapnya untuk berbuka puasa tersebut dengan nama kurma ajwa.

Baca Juga: 18 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Baik untuk Ibu Hamil

5. Kandungan Nutrisinya Lengkap

Kurma Ajwa

Foto: urbanplatter.in

Kurma ajwa dikenal sebagai salah satu jenis kurma yang memiliki kandungan nutrisi lengkap di dalamnya.

Menurut sebuah jurnal ‘Hubungan Pemberian Kurma (phoenix dactylifera L) Varietas Ajwa Terhadap Kadar HDL Darah’, dalam 100 gram kurma ajwa mengandung sukrosa 3,2 mg, glukosa 51,3 mg, fruktosa 48,5 mg, protein 2.91 mg, lipid 0,47 mg, moisture 22,8 mg, kalsium 187 mg, pottasium 476,3 mg, sodium 7,5 mg, dan magnesium sebanyak 150 mg.

Tak hanya itu saja, kandungan serat dan antioksidan dari kurma nabi bisa mencapai dua kali lipat dari jenis kurma lainnya.

Kandungan nutrisi yang sangat lengkap ini membuat kurma ajwa masuk dalam jajaran superfood yang bagus dikonsumsi setiap harinya. Tapi tentu saja Moms tak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Konsumsi kurma ajwa yang wajar per harinya adalah sebanyak 7-10 buah saja.

Baca Juga: 10 Manfaat Sari Kurma, Dapat Memperlancar Proses Melahirkan

6. Harganya Lebih Mahal

Tahukah Moms kalau kurma ajwa ini ternyata memiliki harga jual yang terbilang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya. Kurma nabi per kilogramnya bisa mencapai Rp300.000 sampai Rp350.000.

Berhubung harganya ini mahal, maka tak heran kalau ada banyak orang menjual kurma ajwa palsu. Tentu saja Moms tak perlu khawatir karena kita bisa mengenalinya dengan mudah.

Kurma nabi bisa dikenali dari tampilan luarnya dengan warna kehitaman dan bentuk yang bulat. Moms juga bisa mengenalinya dari teksturnya jika mencicipnya segigit karena kurma ini memiliki tekstur yang lebih tebal dan kenyal dibanding jenis kurma lainnya.

Baca Juga: 8 Pilihan Buah untuk Diabetes, Mulai dari Apel hingga Kurma

7. Punya Rasa yang Berbeda

Kurma Ajwa

Foto: tijaarat.co.in

Fakta unik berikutnya adalah kurma ajwa memiliki rasa yang berbeda jika dibandingkan kurma-kurma lainnya. Meski tampilannya terlihat kehitaman dan tidak terlalu berkilau, tapi saat Moms merasakan citarasanya pasti akan berbeda.

Kurma pada dasarnya memiliki rasa yang cukup manis. Tapi uniknya rasa manis pada kurma nabi ini tidak semanis kurma-kurma pada umumnya.

Meski harganya mahal, kurma nabi ini rasanya tidak terlalu manis sehingga banyak disukai oleh orang-orang yang tidak suka makanan manis.

Tapi jangan menganggap remeh kurma nabi ini loh Moms karena rasa manis yang bisa Moms rasakan dari kurma ajwa adalah rasa manis dari perpaduan karamel, madu, dan kayu manis.

Perpaduan rasa yang unik inilah yang membuatnya terasa istimewa dan juga banyak diburu.

8. Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Memiliki rasa yang kurang manis membuatnya aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Meski ada rasa manis di dalamnya, tapi kurma ajwa bisa menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, kurma ini memiliki serat pangan yang kaya akan manfaat di dalamnya.

Bagi penderita diabetes, konsumsi kurma hanya bisa diperbolehkan 3-5 butir saja per hari supaya kadar gula masih tetap bisa terkontrol dengan baik.

Baca Juga: 15 Manfaat Sari Kurma untuk Ibu Menyusui, Bisa Memulihkan Kondisi Rahim

9. Memiliki Banyak Khasiat

Kurma Ajwa

Foto: daraz.pk

Fakta unik yang terakhir adalah kurma ini memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Kurma ajwa sudah sangat dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa melancarkan pencernaan.

Kurma nabi mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam pembentukan feses.

Selain itu, menurut Journal for Agriculture and Food Chemistry, kurma ajwa juga bisa mencegah kita terkena berbagai macam penyakit kronis, mulai dari penyakit jantung, kanker, diabetes, dan alzheimer. Hal ini dikarenakan dalam kurma terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Manfaat lain dari kurma ajwa adalah bisa mengatasi infertilitas atau kemandulan, bisa menurunkan berat badan, memperlancar persalinan, melindungi tubuh dari peradangan, mencegah anemia, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa fakta unik kurma ajwa. Semoga bisa menambah informasi bagi Moms ya! Moms sendiri sering mengonsumsi kurma atau tidak?

  • https://muslimvillage.com/2017/09/08/125442/10-benefits-ajwa-dates/
  • https://bateel.com/blog/recent-articles-no-display/the-benefits-of-eating-ajwa-dates/
  • https://news.ksu.edu.sa/en/node/103234
  • https://food.detik.com/info-kuliner/d-5528563/9-fakta-kurma-ajwa-favorit-nabi-muhammad-saw-yang-kaya-khasiat/3
  • https://www.ahlanwasahlan.co.uk/the-benefits-of-eating-ajwa-dates/
  • http://abulyatama.ac.id/
  • https://bobo.grid.id/read/082650728/cara-membedakan-kurma-ajwa-asli-dan-kurma-ajwa-palsu-jangan-sampai-salah-beli-dan-kehilangan-manfaatnya
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait