Home & Living

12 Agustus 2021

4 Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman dengan Mudah

Ini dia cara membasmi kutu perusa tanaman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Karla Farhana

Membasmi kutu putih merupakan solusi terbaik untuk mencegah parasit yang membahayakan tanaman di rumah. Oleh sebab itu, penting bagi Moms untuk mencari cara membasmi kutu putih pada tanaman.

Ketika Moms mengoleksi dan merawat sebuah tanaman apapun, biasanya akan ada tantangan untuk membuatnya tumbuh dengan baik dan terhindar dari kerusakan, salah satunya serangan hama.

Salah satu hama yang biasa menyerang tanaman adalah kutu putih. Hama satu ini sulit dihilangkan karena tubuhnya licin dan seperti berminyak.

Selain itu, kutu putih juga akan mengeluarkan semacam madu lengket yang dapat membuat timbulnya jamur gelaga pada tumbuhan. Alhasil, tanaman tidak bisa menyerap asupan cahaya matahari yang dibutuhkan dan akhirnya mati

Tidak hanya berdampak pada tanaman, kutu putih juga dapat berdampak pada manusia, karena dapat menyebabkan kulit gatal-gatal.

Baca Juga: 9 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya dengan Cepat

Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman

kutu putih.jpg

Foto: benihkita.com

Selain perawatan, salah satu hal yang harus Moms lakukan saat merawat tanaman hias adalah memperhatikan hama yang mungkin hinggap dan merusak tanaman.

Hal ini sangat penting, sebab nutrisi tanaman hias bisa diserap oleh hama yang membuat tanaman dapat terganggu pertumbuhannya atau bahkan mati.

Ada yang mengatakan jika tanaman diserang hama menandakan tanaman tersebut subur. Tapi sebenarnya hama muncul karena beberapa kemungkinan, seperti salah menggunakan pestisida dan medium, atau perubahan cuaca.

Salah satu hama yang sering ditemui adalah kutu putih pada tanaman.

Kutu putih biasanya menyerang tanaman hias spesies tropis. Selain itu, hama ini juga akan muncul pada tanaman hias yang terlalu banyak terkena air (over watering) dan pupuk berlebihan.

Jika Moms hendak membasminya, terdapat beberapa cara yang bisa Moms ikuti.

1. Menggunakan Sabun Cuci Piring

sepatu putih sabun cuci piring

Foto: Orami Photo Stock

Membasmi kutu putih pada tanaman dapat dilakukan dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah, salah satunya adalah dengan sabun cuci piring.

Caranya cukup mudah, Moms hanya perlu mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring dan air hangat ke dalam botol semprot atau ke dalam mangkuk kecil. Aduk rata hingga berbusa.
  2. Jika menggunakan botol semprot, semprot pada bagian di mana kutu putih menumpuk. Tapi jika Moms menggunakan mangkuk atau wadah lain, basahi lapisan daun yang terdapat kutu putih dengan menyiramnya.
  3. Tunggu hingga 15 menit.
  4. Sabun cuci piring akan menghilangkan kandungan lilin pada kutu putih yang melindungi mereka dari sinar matahari. Ketika lilin sudah menghilang, sinar matahari akan secara perlahan membunuh dan menghilangkan hama putih pada tanaman.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Kunyit di Pakaian

2. Semprot dengan Minyak Nimba

semprot tanaman.jpg

Foto: grid.id

Minyak nimba adalah sebuah minyak esensial alami yang biasa digunakan untuk menghilangkan serta mencegah adanya kutu putih pada tanaman.

Bagi Moms yang belum familier, minyak nimba adalah minyak yang diproses dari biji pohon mimba atau Azadirachta indica. Ketika diaplikasikan ke tanaman, konon minyak ini bisa membunuh serangga

Selain itu, minyak ini mampu memberikan efek jangka panjang karena aroma yang dihasilkan minyak ini.

Moms dapat mencampur satu sendok teh minyak nimba dengan satu sendok makan sabun cuci piring. Tidak lupa juga tambahkan air sebanyak satu liter dalam botol semprot untuk memudahkannya.

Selain untuk mengobati, campuran ini dapat digunakan sesekali untuk mencegah datangnya kutu putih. Waktu penyemprotan juga perlu diperhatikan.

Moms tidak boleh menyemprotnya dibawah sinar matahari secara langsung karena minyak ini akan menangkap panas yang justru membuat tanaman kering.

3. Semprotan Bahan Alami

siram tanaman.jpg

Foto: parenting.com

Cara menghilangkan kutu putih pada tanaman satu ini hanya memerlukan bahan-bahan alami yang ada di dapur lho, Moms.

Moms hanya perlu blender 1 buah bawang putih, 1 buah bawang bombay, dan 1 sendok teh cabe rawit hingga teksturnya menjadi pasta.

Kemudian, campurkan pasta tersebut ke dalam 1 liter air dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, saring dengan kain tipis dan tambahkan 1 sendok makan sabun cuci piring cair. Kocok hingga tercampur dengan baik.

Moms bisa menyemprotkan larutan tersebut ke area tanaman hias yang terkena kutu putih. Ulangi penyemprotan jika Moms melihat aktivitas kutu putih kembali terjadi di tanaman hias.

Baca Juga: 4 Cara Alami Membasmi Serangga Di Rumah

4. Basmi Sarang Semut

semut.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara menghilangkan kutu putih pada tanaman berikutnya adalah dengan membasmi sarang semut yang ada di sekitar tanaman.

Ini dikarenakan jika semut hadir disekitar tanaman yang dihinggapi kutu, maka akan mencegah predator alami mendekati kutu putih secara efektif.

Tidak cuma itu, semut seringkali menarik kutu putih untuk datag dan membawanya ke tanaman lain, sehingga menyebarkan masalah hama.

Kendalikan semut akan membantu mengendalikan dan membasmi kutu putih, sekaligus menghentikan penyebaran kutu putih ke tanaman yang saat ini tidak terinfeksi.

da banyak cara untuk mengendalikan semut secara alami dan efektif.

Pertama, semprot tanaman yang terdampak dengan air. Ini akan membilas cairan lengket dan dapat membantu mencegah semut tertarik ke kutu putih.

Kemudian, tuang air mendidih ke sarang semut. Ini meruntuhkan sarang semut dan mematikan semut.

Jika aktivitas semut berlanjut, lakukan lagi proses ini, yang bisa dilakukan berulang kali.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Kecoa, Semut, dan Serangga Lain di Rumah!

Itu dia Moms informasi seputar membasmi kutu putih pada tanaman. Semoga bermanfaat, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait