Bayi

5 Januari 2020

Labu Oranye Untuk MPASI, Ini 6 Manfaatnya

Ternyata bisa membantu melawan serangan cacing
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Labu oranye adalah salah satu makanan yang sering kali direkomendasikan sebagai MPASI, bahkan boleh diberikan sejak bayi masih berusia 6 bulan.

Memangnya apa saja sih manfaat labu oranye untuk bayi? Kenapa banyak dokter dan ahli yang merekomendasikan labu oranye untuk MPASI?

5 Manfaat Labu Oranye untuk MPASI

1. Sumber Asupan Nutrisi Penting untuk Tubuh Bayi

labu oranye untuk mpasi

Foto: tennessean.com

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam labu sangat cocok untuk perkembangan bayi. Beberapa diantaranya termasuk kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin C, folat, riboflavin, vitamin E dan vitamin K.

Parenting Healthy Babies menyebut bahwa berbagai vitamin dan mineral tersebut memainkan peran penting dalam perkembangan bayi.

Kalsium dan magnesium misalnya, membantu dalam membangun tulang yang lebih kuat. Zat besi membantu untuk memproduksi hemoglobin. Sementara fosfor membantu fungsi otak, pembentukan protein, keseimbangan hormon dan lain-lain.

Baca Juga: Yuk Coba 3 Resep Camilan Berbahan Labu Untuk Balita 1 Tahun!

2. Melancarkan Pencernaan Bayi

labu oranye untuk mpasi

Foto: buonapappa.net

“Satu cangkir labu segar mengandung 2,7 gram serat sedangkan labu kaleng memiliki 7,1 gram serat,” kata Dr. Charles Passler, ahli gizi berbasis di New York City dan pendiri Pure Change, seperti dikutip dari Forbes.

Oleh karena itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, labu oranye untuk MPASI bermanfaat dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus bayi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

labu oranye untuk mpasi

Foto: realsimple.com

Dalam lamanBetter Health Channel disebutkan bahwa labu kaya akan beta-karoten, yang dapat dikonversi oleh tubuh bayi menjadi vitamin A dan vitamin C sehingga baik untuk kesehatan mata bayi.

Bahkan labu mengandung lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi permukaan mata dan membrannya, sehingga mengurangi segala macam risiko infeksi mata.

Baca Juga: Resep MPASI: Nasi Putih Daging Sapi Edamame Labu Siam Saus Tomat

4. Membantu Melawan Serangan Cacing

labu oranye untuk mpasi

Foto: ardo.com

Bayi tidak hanya berisiko terpapar infeksi, tetapi mereka juga rentan terhadap cacing. Mengutip Being the Parent, labu memiliki sifat antelmintik yang kuat sehingga mampu menghancurkan parasit dan cacing.

Oleh karena itu, memberikan labu untuk MPASI akan sangat membantu menjaga kesehatan bayi dengan melawan infeksi cacing dan parasit.

5. Sumber Anti-Oksidan untuk Melindungi Tubuh Bayi

labu oranye untuk mpasi

Foto: wired.com

Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye seperti labu kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan paru-paru. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Allergy, Asthma & Clinical Immunology bahkan telah membuktikan bahwa vitamin C dapat melawan infeksi dan peradangan, yang memainkan berperan dalam mengurangi frekuensi gejala asma yang disebabkan aktivitas berat hingga 52%.

“Tetapi pastikan untuk mengonsumsi berbagai buah dan sayuran,” kata Stephanie Schiff, RDN, ahli diet di Huntington Hospital di Huntington, New York, seperti dikutip dari healthy.com. “Para ahli diet sering mengatakan bahwa makanan harus bervariasi untuk mendapatkan asupan antioksidan yang baik.”

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Buah Labu untuk Balita

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

labu oranye untuk mpasi

Foto: sciencemag.org

Situs kesehatan Healthline menyebutkan bahwa labu mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Salah satunya karena labu oranye untuk MPASI kaya akan beta-karoten yang diubah tubuh bayi menjadi vitamin A.

Studi menunjukkan bahwa vitamin A dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Sementara vitamin C dalam labu telah terbukti mampu meningkatkan produksi sel darah putih, membantu sel-sel kekebalan bekerja lebih efektif dan membuat luka lebih cepat sembuh.

Selain dari dua vitamin yang telah disebutkan di atas, labu juga merupakan sumber vitamin E, zat besi dan folat, yang juga terbukti membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, itulah berbagai manfaat labu oranye untuk MPASI. Apakah Moms ingin mencoba memperkenalkan puree atau menu labu lainnya pada Si Kecil?

RGW

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait