Rupa-rupa

3 Juli 2021

10 Lagu Melow Indonesia untuk Menemani Cuaca Hujan dan Galau

Walaupun sedang tidak merasa sedih, lagu melow memang paling membekas di hati!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Karla Farhana

Lagu melow Indonesia pastinya menjadi teman terbaik dikala perasaan sedang tidak karuan. Lagu melow yang mendayu-dayu dengan lirik sedih memang enak didengar, sehingga banyak sekali lagu melow Indonesia yang terkenal dan jadi favorit.

Lagu Melow Indonesia

Lagu melow

Foto: Freepik.com

Musik adalah bahasa universal. Musik seolah menggambarkan perasaan kita, baik dikala kita senang, marah, ataupun sedih. Genre musik pun sangat beragam seperti musik pop, rock, jazz, R&B, Hip Hop, musik klasik, musik tradisional, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis lagu yang paling disukai adalah musik yang menggambarkan kesedihan. Musik sedih memiliki alunan nada lembut dan lirik yang menggambarkan isi hati membuat banyak orang merasa tersentuh.

Apalagi jika didengarkan saat Moms dan Dads dalam keadaan sedih dan diliputi mood negatif.

Dalam studi The pleasures of sad music: a systematic review menyatakan bahwa mendengarkan lagu melow dapat membuat perasaan seseorang yang sedang sedih menjadi lebih lega.

Selain itu, lagu melow juga dapat membantu seseorang mengatasi emosi negatif dalam situasi tertentu, tergantung pada kepribadian, suasana hati, dan pengalaman sebelumnya dengan musik tersebut.

Baca Juga: Masih Ingat dengan Daftar Lagu Anak-Anak 90-an Ini? Yuk, Nostalgia!

Kumpulan Lagu Melow Indonesia Favorit

Lagu yang mendayu-dayu tidak sedikit penggemarnya di Indonesia. Tidak heran tangga lagu dan radio Indonesia didominasi oleh lagu-lagu cinta yang memiliki alunan musik melow. Lagu melow Indonesia sangat populer dikalangan anak muda, apalagi yang perasaannya sedang gundah.

Sebuah studi tahun 2019 dari University of South Florida mengeksplorasi selera musik orang-orang yang didiagnosis dengan gangguan depresi mayor. Telah didokumentasikan dengan baik bahwa orang-orang yang depresi sering tertarik pada "rangsangan sedih”, termasuk musik.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa ini adalah semacam daya tarik yang menopang atau meningkatkan perasaan sedih orang. Namun, para peneliti lain tidak setuju dengan teori ini. Mereka mengatakan musik sedih dapat memberikan efek menenangkan perasaan seseorang yang sedang depresi.

Nah, buat Moms dan Dads yang ingin mendengarkan lagu melow Indonesia populer dari penyanyi-penyanyi papan atas Indonesia. Berikut ini kumpulan rekomendasi lagu melow Indonesia yang wajib didengar!

Baca Juga: 3 Jenis Lagu yang Bisa Mama Ajarkan untuk Balita

1. Manusia Bodoh - Ada Band

Sampul album ada band

Foto: Genius.com

Kumpulan lagu melow Indonesia tidak akan lengkap tanpa lagu satu ini. Lagu berjudul “Manusia Bodoh” dari Ada Band dirilis pada tahun 2004 dalam album Heaven of Love.

Lagu ini sangat populer di Indonesia karena memiliki alunan musik yang sendu dengan lirik sarat akan kesedihan.

Lirik lagu Manusia Bodoh ditulis oleh Donnie Sibarani (sekarang eks vokalis Ada Band), yang terinspirasi dari pengalaman sahabatnya yang terlalu mencintai seseorang walaupun sering disakiti baik batin maupun fisiknya.

Ada Band merupakan band kenamaan Indonesia yang dibentuk pada tahun 1996. Dalam perjalanan karirnya, grup ini sudah mengalami beberapa kali perubahan personel.

Ada Band terkenal akan lagu-lagunya yang melow. Beberapa single Ada Band yang hits hingga sekarang di antaranya adalah “Masih”, “Manusia Bodoh”, “Setengah Hati”, “Haruskah Ku Mati” dan lain sebagainya.

2. Sadis - Afgan

Terlalu sadis caramu”, begitulah penggalan lirik lagu melow Indonesia yang melejit pada tahun 2008 ini.

Lagu ini terdapat dalam album debut Afgan yaitu Confession No.1 yang dirilis setelah single pertamanya “Terima Kasih Cinta”.

Lagu yang diciptakan oleh Bebi Romeo ini mengisahkan tentang seseorang yang dijadikan pelampiasan oleh orang yang dicintainya hanya untuk membuat sang mantan kekasih kembali kepelukannya. Cukup menusuk ya maknanya!

Lagu “Sadis” bisa dibilang sangat sukses mengisi tangga musik lagu melow Indonesia selama bertahun-tahun. Karakter suara penyanyi kelahiran Jakarta, 27 Mei 1989 ini membuat lagu “Sadis” semakin sadis rasanya ketika didengar dalam keadaan patah hati.

Baca Juga: 8 Lagu Paling Hits di Era 90-an, Mana yang Jadi Favorit Moms?

3. Pamungkas - I Love You but I'm Letting Go

Pamungkas lagu melow

Foto: Youtube.com (Pamungkas)

Kalau Moms dan Dads sedang dilanda kegalauan, lagu “I Love You but I’m Letting Go” dari Pamungkas ini cocok untuk didengar.

Meski menggunakan lirik dalam bahasa Inggris, lagu melow Indonesia ini cukup bisa membuat pendengarnya terpaku.

Lagu ini bercerita tentang kisah seorang laki-laki yang begitu mencintai wanita pujaannya, namun ia terpaksa merelakan cintanya tersebut karena hubungannya harus berakhir.

Pamungkas merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia yang lahir pada 14 April 1993, dan lagu I Love You but I’m Letting Go ini merupakan salah satu hit single debut Pamungkas yang dirilis tahun 2018. Bisa dibilang lagu melow ini menjadi tangga keberhasilan Pamungkas di dunia musik.

4. Hati yang Kau Sakiti - Rossa

Kumpulan lagu melow Indonesia selanjutnya berjudul “Hati yang Kau Sakiti” yang dinyanyikan oleh salah seorang diva Indonesia, Rossa.

Lagu “Hati yang Kau Sakiti” dirilis pada tahun 2009 dan menjadi salah satu lagu yang memiliki arti tersendiri bagi sang Diva.

Bahkan lagu ciptaan Endah Ungu ini, disebut-sebut sebagai lagu wajib Rossa saat konser di Malaysia dan Singapura. Saking booming-nya lagu ini juga dibuat versi Korea, dan berjudul “Sangcheo Badeun Maeum”.

Terlebih lagi saat ini penyanyi yang akrab dipanggil Ocha kini bergabung dengan agensi entertainment kenamaan Korea, SM Entertainment sehingga Rossa mulai melebarkan sayapnya di tanah hiburan Negeri Gingseng tersebut.

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Penyanyi Indonesia Ini Pernah Gagal Ikut Kontes Pencarian Bakat

5. Mencari Cinta - NOAH feat. Bunga Citra L.

Noah dan BCL

Foto: Youtube.com (NOAH Official)

Kolaborasi apik dari band Indonesia, NOAH, dengan penyanyi Bunga Citra Lestari melahirkan sebuah lagu melow Indonesia berjudul “Mencari Cinta”.

Lagu ini menceritakan tentang kasih tak sampai antara dua insan yang saling mencintai. Lagu “Mencari Cinta”, merupakan salah satu lagu dalam album NOAH yang bertajuk “Keterkaitan Keterikatan”.

NOAH merupakan band kenamaan Indonesia dengan personel Ariel, Loekman, dan David.

Sebelum bernama “NOAH”, band ini lebih dulu populer dan naik daun dengan nama Peterpan. Peterpan juga telah banyak merilis lagu-lagu yang bernada melow yang masih membekas hingga saat ini.

6. Bahaya - Arsy Widianto & Tiara Andini

Kumpulan lagu melow Indonesia selanjutnya adalah “Bahaya” yang dinyanyikan oleh Arsy Widianto dan Tiara Andini.

Lagu “Bahaya” merupakan single keempat sekaligus terakhir yang dirilis oleh Arsy dan Tiara dalam projek musik series bertajuk “ArTi untuk Cinta”. Lagu ini bercerita tentang kisah cinta remaja dalam susahnya menghadapi lika-liku sebuah hubungan.

Arsy Widianto merupakan penyanyi asal Indonesia dan juga merupakan anak dari musisi kenamaan Indonesia, Yovie Widianto. Nama Arsy Widianto, mulai terdengar ketika ia meluncurkan single dan berduet bersama Brisia Jodie dalam lagu “Rindu dalam Hati”.

Sedangkan nama Tiara Andini melejit setelah penampilannya pada program pencarian bakat, Indonesian Idol.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Karaoke Terbaik Wajib Coba untuk Moms yang Hobi Menyanyi

7. Waktuku Hampa - Ardhito Pramono & Detik Waktu Quarter

Ardhito Pramono

Foto: Youtube.com (Ardhito Pramono)

Kalau Moms dan Dads suka mendengarkan aliran musik jazz, lagu melow Indonesia satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk didengarkan dikala hati sedang gundah gulana.

Lagu “Waktuku Hampa” merupakan lagu hasil karya musisi jazz kenamaan Indonesia, Candra Darusman yang kemudian dibawakan oleh Ardhito Pramono.

Secara lirik, lagu ini bercerita tentang seseorang yang jauh dari belahan hatinya dan merasakan kehampaan tanpa kehadiran orang yang dicintai.

Ardhito Pramono merupakan penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia yang lahir pada tahun 1995. Ardhito dikenal dengan kejeniusannya dalam menulis dan menciptakan lagu.

Beberapa lagu Ardhito yang sempat hits adalah “Bitterlove”, “Fake Optics” dan lain sebagainya. Tidak hanya di Indonesia, lagu-lagu Ardhito yang mayoritas berbahasa inggris ini pun diterima baik di luar negeri, salah satunya adalah Korea Selatan.

8. Hilang Tapi Ada - Judika

Siapa yang tidak mengenal Judika?

Penyanyi kelahiran 31 Agustus 1978 ini merupakan salah satu penyanyi yang terkenal melahirkan lagu-lagu melow Indonesia dengan lirik yang sangat menyentuh kalbu.

Salah satu lagu melow terbaru Judika yang patut untuk didengarkan adalah “Hilang Tapi Ada”.

Lirik lagu “Hilang Tapi Ada” bercerita tentang kesedihan orang tua yang harus melepas anak perempuannya untuk menikah dengan kekasih hatinya, dan pergi meninggalkan orang tuanya. Secara fisik mungkin sudah tidak ada, namun keberadaan anak gadisnya tetap ada dalam hati orang tuanya.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Perempuan dari Lagu Rock

9. 12 Tahun Terindah - Bunga Citra Lestari

BCL 12 Tahun Terindah

Foto: Youtube.com (It's Me BCL)

Bunga Citra Lestari atau yang juga dikenal dengan BCL, merupakan penyanyi wanita asal Indonesia yang banyak merilis lagu-lagu hits. Salah satu lagu terbarunya yang wajib untuk didengarkan berjudul “12 Tahun Terindah”.

Lagu ini tentu mempunyai makna tersendiri bagi sang penyanyi, karena lagu ini diciptakan dan merupakan ungkapan perasaan BCL kepada mendiang suaminya, Ashraf Sinclair.

10. Bahasa Kalbu - Raisa

Kumpulan lagu melow Indonesia terakhir berjudul “Bahasa Kalbu” yang dinyanyikan Raisa.

Sebenarnya, Bahasa Kalbu merupakan lagu yang dipopulerkan oleh salah satu diva Indonesia, Titi DJ, pada tahun 1999. Lagu ini kemudian di aransemen ulang pada tahun 2021 dan dibawakan oleh Raisa.

Lagu ini bercerita tentang rangkaian kata dan ungkapan perasaan seseorang kepada kekasihnya. Dibandingkan dengan versi lamanya, kali ini Bahasa Kalbu dibawakan secara apik oleh Raisa dengan aransemen full orchestra, yang memberikan kesan lebih mewah, intim dan powerful.

Baca Juga: 7+ Ide Nama Bayi dari Judul Lagu Band Populer, Keren!

Musisi Indonesia tidak hanya bersuara indah, tapi juga mampu membawakan lagu-lagu melow ini dan menyampaikan maknanya yang menggetarkan hati para pendengarnya. Apa saja lagu melow kesukaan Moms dan Dads?

  • https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/144402/cerita-donnie-eks-ada-band-di-balik-penciptaan-lagu-manusia-bodoh
  • https://news.harvard.edu/gazette/story/2019/11/new-harvard-study-establishes-music-is-universal/
  • https://jalantikus.com/lagu/lagu-galau-indonesia/
  • https://www.interpretasilirik.com/2019/11/makna-i-love-you-but-im-letting-go.html
  • https://www.fimela.com/news-entertainment/read/3615773/kisah-sedih-rossa-dibalik-lagu-hati-yang-kau-sakiti
  • https://wartakota.tribunnews.com/2020/08/14/lagu-hati-yang-kau-sakiti-ciptaan-enda-ungu-adalah-lagu-kebangsaan-rossa-di-malaysia-dan-singapura
  • https://www.kompas.com/hype/read/2021/04/24/105052266/tentang-lagu-mencari-cinta-kolaborasi-antara-noah-dan-bcl
  • https://www.tribunnews.com/seleb/2021/03/23/arsy-widianto-dan-tiara-andini-bongkar-makna-single-bahaya
  • https://id.lirikterjemahan.id/2021/03/hilang-tapi-ada-judika.html
  • https://www.kompas.com/hype/read/2020/09/01/190548066/cerita-high-heels-raisa-rusak-karena-syuting-video-musik-bahasa-kalbu
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait