Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Keamanan Balita | Sep 10, 2018

Lakukan 5 Cara Mudah Ini Agar Anak Tidak Digigit Nyamuk

Bagikan



Jangan anggap sepele gigitan nyamuk ya, Moms. Saat balita digigit nyamuk, hasilnya bukan hanya bentol atau gatal di kulit saja, tapi ada juga berbagai penyakit berbahaya yang bisa ditularkan pada balita lewat gigitan nyamuk, seperti demam berdarah, malaria, chikungunya, bahkan Zika.

Berhubung kita tinggal di salah satu negara dengan populasi nyamuk terbanyak, tak ada salahnya kalau Moms terus waspada dan mencegah gigitan nyamuk dengan cara berikut ini:

Memakaikan Baju yang Tepat

cara mudah agar anak tidak digigit nyamuk, anak memakai baju panjang

overstock.com

Moms, cara sederhana tapi paling efektif untuk mencegah gigitan nyamuk adalah memakaikan baju tertutup agar tidak terlalu banyak area kulit balita yang terbuka.

Supaya tidak kepanasan dan berkeringat, pilih baju berbahan ringan dan dingin seperti katun dan linen ya, Moms.

Menggunakan Produk Anti Nyamuk

cara mudah agar anak tidak digigit nyamuk, menggunakan produk semprotan anti nyamuk

thistlefarms.org

Untuk menghindari balita digigit nyamuk, Moms bisa mengoleskan krim, lotion, atau spray anti nyamuk yang biasanya mengandung N,N-Diethyl-meta-toluamide atau DEET.

Yang harus diingat, oleskan anti nyamuk hanya di area kulit yang terbuka dan hindari bagian wajah, telapak tangan, atau area kulit yang terluka.

Moms juga bisa menggunakan berbagai produk anti nyamuk lain seperti berbagai bentuk obat nyamuk, mosquito patch, ataupun gelang anti nyamuk.

Baca Juga : 5 Cara Alami yang Cepat Menaikkan Trombosit Saat Terkena DBD

Memasang Kelambu

cara mudah agar anak tidak digigit nyamuk, memasang kelambu di kamar anak

gd-home.com

Nah, cara lain yang bisa Moms lakukan untuk mencegah gigitan nyamuk tanpa menggunakan bahan kimia adalah dengan memasang kelambu di atas tempat tidur atau area bermain si kecil. Pastikan kelambu sudah terpasang dengan kencang supaya tidak jatuh ya, Moms.

Supaya semakin aman, Moms juga bisa memasang kawat nyamuk pada jendela atau bukaan rumah lain untuk semakin mengurangi resiko balita digigit nyamuk.

Bermain di Dalam Ruangan Saat Pagi dan Sore Hari

cara mudah agar anak tidak digigit nyamuk, anak bermain

nypost.com

Nyamuk memang bisa menggigit kapan saja, tapi ternyata mereka lebih aktif di pagi hari dan di sore hari menjelang malam. Supaya balita terhindar dari gigitan nyamuk di waktu tersebut, Moms bisa mengajak mereka untuk beraktivitas di dalam ruangan.

Bila memang harus beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa kenakan baju tertutup dan gunakan produk anti nyamuk seperti yang sudah disebutkan di atas. Usahakan juga agar si kecil bermain di area kering yang terkena sinar matahari ya, Moms.

Membersihkan Sarang Nyamuk

cara mudah agar anak tidak digigit nyamuk, membersihkan sarang nyamuk

cleanmyspace.com

Yang satu ini juga tidak kalah penting, Moms. Semua bagian rumah yang berpotensi menjadi sarang dan tempat berkembang biak nyamuk harus secara rutin dibersihkan.

Selain menutup dan membersihkan genangan air, Moms juga perlu memotong rumput secara rutin serta membersihkan daun dari talang air secara rutin.

Supaya nyamuk tidak bersarang di dalam rumah, pastikan tidak terlalu banyak baju yang tergantung di balik pintu, tidak ada tumpukan barang diatas lemari, dan secara rutin bersihkan bagian bawah meja atau tempat tidur.

Yuk, mulai lakukan semua cara mudah diatas untuk memastikan buah hati terhindar dari penyakit berbahaya. Apa Moms punya tips lain agar balita tidak digigit nyamuk?

(WA)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.