Balita dan Anak

30 Januari 2020

Lakukan 5 Hal Ini Bisa Bikin Otak Anak Jadi Lebih Cerdas

Anak cerdas pasti bikin Moms dan Dads bangga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Anak dengan otak yang cerdas tidak timbul dengan sendirinya. Moms dan Dads perlu memberikan stimulus secara aktif agar otaknya terus berkembang maksimal.

Pat Wolfe, seorang konsultan pendidikan dan co-author Building the Reading Brain, PreK-3, mengungkapkan bahwa orang tua terlalu sering menganggap otak anak sebagai wadah yang bisa diisi dengan pengetahuan. Tapi itu bukanlah cara kerja yang tepat, terutama untuk anak kecil.

"Pembelajaran terbaik terjadi melalui keterlibatan aktif. Seorang anak akan merasa senang saat menghitung kacang polong saat berkebun, mengukur bahan-bahan saat membuat kue, atau menyortir paku saat membangun kandang binatang," jelas Pat Wolfe.

Tips Melatih Otak Anak dan Membuat Anak Cerdas

melatih otak anak, otak balita cerdas, tips melatih otak anak

Foto: baby-chick.com

Martha Farah, direktur pusat ilmu saraf dan masyarakat diUniversity of Pennsylvania, mengambil data dari survei kehidupan sehari-hari dan scan otak dari 64 peserta yang dilakukan selama 20 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa stimulasi kognitif dari orang tua pada usia empat tahun adalah faktor kunci dalam memprediksi perkembangan beberapa bagian korteks 15 tahun kemudian.

Jadi, inilah yang bisa Moms dan Dads lakukan untuk melatih otak anak agar semakin pintar.

Baca Juga: Dukung Perkembangan Otak Anak Dengan 5 Nutrisi Ini

5 Hal yang Bisa Membuat Anak Cerdas

1. Permainan Besar atau Kecil

melatih otak anak, otak balita cerdas, tips melatih otak anak

Foto: activeforlife.com

Untuk anak yang berusia antara 2-3 tahun, ajak mereka melakukan aktivitas memilah berbagai barang di sekitarnya dalam kategori "besar" dan "kecil".

Kegiatan ini bisa membuat anak cerdas, lho! Ajak ia melakukannya saat Moms memisahkan pakaian atau bahan makanan di dapur.

Permainan ini mengajarkan anak akan kata dan konsep besar dan kecil serta mengerti tentang ukuran.

Anak juga dapat mengembangkan keterampilan matematika awal dalam pemahaman tentang ukuran.

2. Bernyanyi Bersama

melatih otak anak, otak balita cerdas, tips melatih otak anak

Foto: abc7news.com

Bernyanyilah bersama Si Kecil, ini akan membuat anak cerdas. Gunakan gerakan mulut dan perhatikan apakah anak dapat meniru dengan suara atau gerakan spontan. Variasikan lagu yang Moms nyanyikan.

"Pastikan untuk memainkan lagu bertempo cepat dan lambat, nyanyikan dengan keras dan pelan, serta gunakan juga nada tinggi dan rendah," jelas Brenda Berdugo Limaldi, seorang instruktur Music Together dari New Jersey.

Baca Juga: Zat Gizi yang Diperlukan untuk Perkembangan Otak Anak

3. Bermain Bersama

melatih otak anak, otak balita cerdas, tips melatih otak anak

Foto: sassymamahk.com

"Bermain bersama dapat membantu anak menunaikan tugas pertama mereka yaitu membangun hubungan yang kuat dengan orang tua. Ikatan yang kuat dan aman inilah yang diambil anak-anak sebagai model hubungan sepanjang hidup mereka. Ini akan membantu mereka dalam membangun persahabatan, bekerja sama dengan orang lain, bekerja dalam tim, dan membangun hubungan romantis yang kuat jauh di kemudian hari," kata Rebecca Parlakian, direktur senior program Zero to Three.

Walau sederhana, latihan ini dapat membuat anak cerdas. Seiring waktu, ia akan menguasai keterampilan kognitif, komunikasi, dan sosial-emosional yang mereka butuhkan untuk berhasil di sekolah dan kehidupan.

4. Merapikan Rumah

melatih otak anak, otak balita cerdas, tips melatih otak anak

Foto: childrensdayton.org

Ajak anak merapikan dan menyusun barang-barang di rumah.

Ajak anak untuk ikut menyimpan mainan, memasukkan pakaian, menyusun peralatan makannya, dan barang lainnya di tempat tertentu.

Walaupun kegiatan ini membuat pekerjaan Moms jadi lebih lama, tapi dapat melatih otak anak dan membuat anak semakin cerdas.

Baca Juga: 6 Permainan Asah Otak Kanan dan Kiri Untuk Balita

5. Bermain Puzzle

melatih otak anak, otak balita cerdas, tips melatih otak anak

Foto: tuzzles.com

Permainan yang melatih otak ini dapat membuat anak cerdas. Dengan permainan puzzle, Si Kecil dapat melatih menggunakan imajinasi, daya ingat, dan nalarnya.

Pilihlah puzzle sesuai dengan usia anak. Berikan variasi bentuk dan juga warna agar Si Kecil tidak bosan saat harus menyelesaikan gambar yang ia kerjakan.

Melatih otak anak dan membuat anak cerdas tentu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, tapi hasil yang maksimal dapat Moms dan Dads petik di kemudian hari.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait