Balita dan Anak

6 Maret 2020

Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Anak Mual Saat Naik Mobil

Jangan naik mobil dengan perut kosong, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Sebenarnya ada kok Moms, cara mencegah anak mual saat naik mobil supaya perjalanan mudik atau liburan ke luar kota jadi lebih nyaman.

Namun, apa sebenarnya penyebab anak mual saat naik mobil? Kalau menurut National Health Services, rasa mual saat naik mobil terjadi karena otak bingung dengan perbedaan sinyal yang diterima dari bagian dalam telinga, mata, serta otot dan persendian.

Mencegah Anak Mual Saat Naik Mobil

Yuk Moms, coba lakukan beberapa hal berikut supaya Si Kecil bebas dari mual selama dalam perjalanan naik mobil.

1. Isi Perut Dengan Makanan Ringan Sebelum Berangkat

mencegah anak mual saat naik mobil

Foto: wholegrainscouncil.org

Mencegah anak mual saat naik mobil sudah bisa dilakukan sebelum berangkat, yaitu dengan memastikan perut Si Kecil tidak kosong. Menurut Max Levine, PhD., asisten profesor psikologi di Siena College, perut kosong lebih sensitif lebih mudah merasa mual.

Sebelum berangkat sebaiknya Si Kecil mengisi perut dengan makanan ringan yang mudah dicerna dan tinggi protein, seperti roti isi selai kacang atau roti lapis isi telur. Hindari porsi besar serta makanan pedas, berlemak, dan berbau kuat.

Baca Juga: 5 Tips Saat Anak Pergi Karyawisata Tanpa Ditemani Orangtua Agar Mandiri

2. Sesuaikan Jam Berangkat

mencegah anak mual saat naik mobil

Foto: mirror.co.uk

Dalam situs parents.com, neurologis Richard F. Lewis, MD, menjelaskan kalau tubuh tidak mengirimkan sinyal visual saat sedang tidur.

Jadi untuk mencegah anak mual saat naik mobil, sebisa mungkin jadwalkan keberangkatan tepat dengan waktu tidur siang Si Kecil atau di malam hari saat pemandangan di luar jendela gelap dan meminimalisir stimulasi sensori.

Baca Juga: 5 Tips Membawa MPASI Saat Traveling Bersama Anak

3. Tidak Menonton Atau Bermain Gadget di Mobil

mencegah anak mual saat naik mobil

Foto: romper.com

Banyak orang tua yang membiarkan anak menonton video atau bermain gadget supaya tenang selama dalam perjalanan.

Pasalnya, mata yang fokus pada layar, buku, atau satu titik di dalam mobil akan mengirimkan sinyal pada otak kalau tubuh tidak bergerak, sementara bagian dalam telinga yang berfungsi mendeteksi gerakan mengirimkan sinyal kalau tubuh sedang bergerak.

Supaya sinyal yang dikirim ke otak sinkron, ajak Si Kecil melihat ke luar jendela dengan permainan interaktif, seperti bernyanyi, main tebak-tebakan, atau menyebutkan objek di luar mobil yang dimulai dengan huruf tertentu.

Baca Juga: Perjalanan Lebih Menyenangkan, Ini 4 Tips Traveling Bareng Anak Ala Traveler Moms

4. Jadwalkan Berhenti Setiap Beberapa Jam

mencegah anak mual saat naik mobil

Foto: upgradedpoints.com

Kalau perjalanan dengan naik mobil akan memakan waktu lebih dari 3 jam, sebaiknya Moms sisihkan waktu untuk berhenti setiap beberapa jam sekali. Biarkan Si Kecil keluar mobil dan sedikit berjalan-jalan sambil menghirup udara segar.

Jangan lupa berikan Si Kecil cukup air putih dan makanan ringan sebelum melanjutkan perjalanan, supaya perutnya tidak kosong sama sekali. Memberikan permen jahe atau mint juga dikatakan bisa mencegah mual lho, Moms.

Baca Juga: Pergi Berlibur? Ini Cara Mencegah Mabuk di Perjalanan

5. Minum Obat Anti Mabuk

mencegah anak mual saat naik mobil

Foto: travelandleisure.com

Cara terakhir mencegah anak mual saat naik mobil adalah dengan minum obat anti mabuk perjalanan. Moms bisa mendapatkannya di apotek atau swalayan terdekat.

Pastikan Moms memberikan obat sesuai dosis dan usia anak, serta jelaskan pada Si Kecil tentang efek samping yang mungkin muncul, seperti mulut dan hidung kering, mengantuk, atau penglihatan yang sedikit kabur.

Berita baiknya, kebanyakan anak tidak lagi merasa mual saat naik mobil atau berkendara setelah usia 12 tahun.

Apa Moms punya cara lain untuk mencegah anak mual saat naik mobil?

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait