Kehamilan

6 Mei 2019

Lakukan Hal Ini Agar Badan Tak Lemas Saat Hamil

Ibu hamil perlu melakukan ini agar tak lagi lemas!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kurangnya energi selama kehamilan adalah masalah umum yang dialami oleh banyak ibu hamil.

Sejauh mana Moms mengalami kekurangan energi akan bervariasi dari wanita ke wanita dan mungkin berbeda dari kehamilan ke kehamilan. Lantas bagaimana caranya agar ibu hamil tidak lemas?

Penyebab Lemas Saat Hamil

lelah saat hamil 01.jpg

Sumber Foto: Today’s Parent

Kekurangan energi selama kehamilan sering dipicu oleh perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Menurut Roger W Harm, MD, dalam bukunya Guide To Health Pregnancy, hormon utama yang mempengaruhi perubahan tingkat energi ini adalah progesteron.

Selain itu, peningkatan aliran darah selama kehamilan menurunkan tekanan darah dan ini juga dianggap sebagai faktor yang berkontribusi terhadap penurunan tingkat energi selama trimester pertama.

Kesehatan emosional juga dapat menyebabkan Moms mengalami kekurangan energi saat hamil.

Stres, perubahan suasana hati, atau kecemasan, yang semuanya cenderung meningkat dengan timbulnya kehamilan, dapat menyebabkan Moms merasa lelah secara mental.

Makanan Yang Meningkatkan Energi

lelah saat hamil 02.jpg

Sumber Foto: Healthfully

Memastikan terhidrasi adalah salah satu cara terbaik agar tidak lemas saat hamil.

Air adalah komponen utama darah dan membantu membawa nutrisi penting ke sel-sel tubuh dan kelelahan adalah salah satu tanda pertama tubuh Moms kekurangan cairan.

Sangat sedikit wanita yang benar-benar minum enam hingga delapan gelas air per hari.

Bahkan ketika hamil Moms seharusnya mengkonsumsi lebih banyak lagi karena tubuh memproduksi air ketuban bayi.

Dehidrasi juga dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan persalinan prematur.

Muak dengan air biasa?

Frances Largeman-Roth, ahli diet terdaftar, menyarankan untuk minum air kelapa, atau menambahkan irisan mint, lemon, jeruk nipis atau mentimun ke air minum untuk memberikan sedikit perasa.

Ngemil sepanjang hari dapat membantu menjaga energi Moms.

Kacang-kacangan adalah pilihan yang nyaman dan sehat untuk dibawa kemana-mana.

Jenis makanan ini mengandung protein dan serat untuk membuat Moms kenyang lebih lama, ditambah lemak sehat (termasuk omega-3 yang meningkatkan otak) dan magnesium.

Baca Juga : Mengenal Kacang-Kacangan, Makanan Sehat untuk Kehamilan

Sebagian besar wanita hamil mengalami anemia ringan, terutama selama tahap akhir kehamilan.

Untuk meningkatkan gula dalam darah, Moms bisa mengkonsumsi manga “Gula buah alami di mangga meningkatkan tingkat energi.

Selain itu, mangga segar adalah sumber folat yang sangat baik, yang dapat membantu mencegah cacat lahir.

Mangga juga memiliki vitamin C, yang membantu tubuh Anda menyerap efek penambah energi dari makanan kaya zat besi, seperti daging dan kacang merah tanpa lemak.

Makanan kaya zat besi membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh dan kekurangan zat besi dapat membuat Anda merasa lelah.

Moms bisa mengkonsumsi bayam dan sayuran hijau untuk menambah asupan zat besi.

Baca Juga : 9 Sayuran Ini Punya Banyak Manfaat Bagi Ibu Hamil dan Optimalkan Kesehatan Janin

Selain itu, Moms tetap harus mengkonsumsi vitamin jika dokter menyarankan karena energi Moms yang terus berkurang.

Ubi juga menjadi makanan lain untuk membantu Moms memenuhi asupan zat besi. Satu buah ubi mengandung 0,8 miligram zat besi.

Selain itu, vitamin C dan tembaga juga membantu tubuh Moms menyerap zat besi.

Apalagi beta-karoten dalam ubi dapat membantu perkembangan mata dan tulang bayi.

Apakah Moms pernah mengalami masalah energi saat hamil?

(GSA/CAR)

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait