Program Hamil

PROGRAM HAMIL
9 Maret 2020

Lakukan Ini, Cara Membantu Hamil di Usia 40-an!

Memaksimalkan kualitas dan kuantitas telur!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Peluang Moms untuk hamil di usia 40-an turun drastis dibandingkan saat usia 20-an atau 30-an. Namun hamil di usia tersebut bukanlah tidak mungkin.

Jika Moms mendambakan kehamilan di usia 40-an, ada beberapa cara membantu hamil di usia 40, baik untuk kehamilan pertama maupun hamil anak kedua, ketiga, dan seterusnya.

Cara Membantu Hamil di Usia 40

Berikut ini beberapa cara membantu hamil di usia 40:

1. Pemilihan Waktu Yang Tepat

1 Pemilihan Waktu Yang Tepat.jpg

Foto: Estée Janssens – Unsplash.com

Anjuran konvensional untuk dapat hamil adalah dengan melakukan hubungan seksual pada hari ke 12 sampai 14 pada siklus menstruasi normal 28 hari. Namun anjuran ini mungkin tidak berlaku untuk Moms yang berusia 40 tahun atau lebih.

“Ovulasi pada wanita yang mendekati usia 40 seringkali mundur dan terus mundur dalam siklus menstruasi mereka,” ungkap Direktur Division of Reproductive Endocrinology and Infertility di Mount Sinai Medical Center, New York City sekaligus Co-Director Reproductive Medicine Associates of New York, Alan Copperman, M.D., seperti dikutip dari parents.com.

Baca Juga: Berapa Usia yang Tepat untuk Hamil dan Melahirkan?

Memastikan waktu ovulasi Moms tepat merupakan salah satu cara membantu hamil di usia 40. Untuk itu, rutinlah mengecek siklus menstruasi setiap bulan.

Saat sudah mengetahui waktu ovulasi bulanan, Moms dapat menghitung 14 hari sebelum periode menstruasi Moms berikutnya akan dimulai, maka itulah hari ovulasi Moms.

Dianjurkan untuk berhubungan seksual menjelang dan setelah ovulasi, setidaknya dua hari sekali. Moms juga dapat mengecek waktu ovulasi dengan metode temperatur basal tubuh, lendir serviks, atau menggunakan alat pendeteksi waktu ovulasi.

2. Maksimalkan Gaya Hidup & Suplemen

2 Maksimalkan Gaya Hidup & Suplemen.jpg

Foto: Andrew Tanglao – Unsplash.com

Memperbaiki gaya hidup dan mengonsumsi suplemen dapat memaksimalkan kesempatan hamil di segala usia, namun akan menjadi lebih penting lagi sebagai cara membantu hamil di usia 40.

Berolahraga tingkat sedang, menjaga berat badan normal, berhenti merokok, batasi minuman beralkohol dan kurangi kopi tidak lebih dari dua cangkir per hari merupakan saran terbaik bagi Moms yang ingin hamil.

Wanita yang mendambakan kehamilan juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin prenatal, 600 mg coenzyme Q10, dan 2.000 IU vitamin D untuk meningkatkan kualitas telur.

Baca Juga: Gaya Hidup yang Perlu Diubah saat Ingin Hamil

“Kualitas dan kuantitas telur merupakan dua masalah utama pada wanita yang berusia di atas 40 tahun,” ungkap Dokter kandungan di Mount Sinai Fertility, Toronto, Heather Shapiro, seperti dikutip dari todaysparent.com.

Dikutip dari Mayo Clinic, vitamin prenatal bahkan dianjurkan dikonsumsi oleh wanita di usia reproduksi, meski tidak sedang merencanakan kehamilan.

Hal ini disebabkan karena tabung saraf bayi, yang akan menjadi otak dan sumsum tulang belakang, berkembang di bulan pertama kehamilan (seringkali sebelum Moms mengetahui bahwa sedang hamil).

Minta Bantuan Ahli

3 Minta Bantuan Ahli.jpg

Foto: Chokniti Khongchum – Pixabay.com

Jika Moms sudah berusaha untuk hamil selama tiga bulan atau lebih di usia 40, ada baiknya segera berkonsultasi dengan Dokter mengenai masalah kesuburan.

Beberapa masalah reproduksi dapat menghambat kehamilan, seperti tuba falopi tersumbat atau disfungsi ovulasi. Jika ini terjadi, maka Dokter perlu mengobati masalah reproduksi tersebut guna meningkatkan peluang kehamilan.

Dokter juga akan melihat tingkat hormon untuk menilai kuantitas dan kualitas telur (cadangan ovarium), terutama jika ada faktor menopause yang datang lebih cepat.

Baca Juga: 9 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Ke Dokter Kandungan Saat Program Hamil

Dokter juga dapat memberi saran cara membantu hamil di usia 40 dengan menjalani program kehamilan, seperti inseminasi buatan atau IVF.

Itulah beberapa cara membantu hamil di usia 40. Peluang kehamilan Moms masih tetap ada dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengatasi kondisi yang menghambat fertilitas.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar program hamil, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait